Manfaat Tempe untuk Kesehatan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Tempe, makanan yang amat akrab dengan rakyat Indonesia. Semua daerah mengenalnya dan bisa diolah dengan cara yang bermacam-macam sesuai selera. Makanan yang berasal dari kacang kedelai ini murah dan mudah didapat.

Tak hanya tenar di dalam negeri, tempe sudah go internasional ke negeri sakura, Belanda dan New Zealand. Perlahan namun pasti tempe sudah masuk ke dalam menu makanan dunia barat.

Potensi akan manfaat baik tempe telah mendorong diadakan Konferensi Internasional tentang Tempe bulan Februari lalu di Yogyakarta. Para ahli berkumpul untuk memaparkan dan terus mengkampanyekan konsumsi tempe. Konferensi tersebut menghasilkan deklarasi yaitu tempe baik dan aman untuk dikonsumsi dan akan berdampak positif bagi gizi dan kesehatan manusia. Luar biasa!

Berikut informasi mengenai beberapa manfaat tempe untuk kesehatan anda :

1. Makanan Pendamping ASI

Rekomendasi dari Komisi Ilmu Rekayasa Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia, Pakar Gizi dan Pangan, Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia dalam Konferensi Internasional Tempe dan Produk Terkait menyatakan tempe dianjurkan menjadi makanan pendamping ASI (kompas, 2015).

Aman untuk dikonsumsi bayi usia 6-24 bulan dan usia sesudahnya. Dalam tempe terdapat nutrisi yang sangat baik bagi perkembangan otak dan kandungan lemak yang rendah dapat menghindarkan bayi dari bahaya obesitas.

2. Masker untuk Kecantikan Kulit Wajah

Kabar terbaru mengenai khasiat tempe datang dari para peneliti Universitas Atmajaya Jakarta yang juga merupakan Ketua Komisi Ilmu Rekayasa Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia, Florentinus Gregorius Winarno yang memiliki gagasan tersebut. Bahan pangan yang murah dan bergizi tersebut ternyata sedang dikembangkan menjadi produk masker wajah.

Dikutip dari antara.news. com, beliau mengungkapkan bahwa tempe mengandung antioksidan dan antiaging yang sangat baik untuk kulit. Tempe berkhasiat untuk mencerahkan kulit dan membunuh bakteri di wajah.

Cara penggunaannya dengan membuat tempe menjadi tepung kemudian dimasukkan ke dalam masker yang akan anda usapkan di wajah. Jika digunakan secara teratur akan membantu mengurangi keriput dan membuat kulit muka menjadi lebih muda. Masker tempe juga bisa menjadi whitening aging agar kulit wajah tidak terlalu cepat menua.

Namun anda harus bersabar karena masyarakat baru bisa menggunakan masker tempe ini dalam 10 tahun mendatang, karena kajian tentang masker tempe masih didiskusikan secara intensif dengan pakar pangan dan pakar bioteknikal.

3. Sumber Protein

Tempe merupakan sumber protein yang amat baik karena mengandung vitamin B12 yang sangat tinggi berkisar antara 3,9-5 gram/100 gram. Mengandung kalsium serta zat besi. Baik bagi kesehatan tulang seperti halnya susu sapi.

Tempe merupakan sumber B12 yang termurah dan termudah didapatkan di Indonesia. Untuk diketahui, sumber B12 lainnya adalah daging. Dari segi harga, tentulah daging lebih menguras kantong

4. Mencegah penuaan

Dalam buku Terapi Kedelai karya Earl Mindell (2006) diungkapkan bahwa tempe mengandung isoflavon. Isoflavon adalah nutrisi yang banyak ditemukan dalam kacang kedelai, dan tempe sebagai salah satu olahannya mengandung nutrisi tersebut. Manfaatnya bagi kulit anda yaitu meningkatkan elasititas kulit dan mencegah penuaan.

Saat ini para ahli terus merekomendasikan agar pemerintah mengembangkan pusat riset tempe yang terintegrasi. Kini, tempe telah dikukuhkan pula, dalam konferensi internasional tempe, sebagai pangan fermentasi asli Indonesia. Senada dengan saran para ahli, mari konsumsi tempe.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *