5 Cara Mengurangi Minyak Berlebih Pada Rambut

Loading...

DOKTERCANTIK.COMRambut berminyak memberi kesan lepek dan kotor. Memang secara alami ada kadar minyak tertentu yang dihasilkan oleh kelenjar pada rambut yang berfungsi menjaga kelembaban. Namun jumlah yang berlebihan akan mempengaruhi penampilan anda secara keseluruhan.

Pemicunya bisa bermacam-macam seperti faktor genetik ataupun pengaruh hormon (terutama saat pubertas) dan faktor lingkungan seperti asap dan panas matahari. Cara mengatasinya bermacam-macam, selain memilih shampo yang tepat anda dapat menggunakan teh dan buah-buahan.

Berikut ini tips mengurangi minyak berlebih pada rambut untuk anda terapkan :

Bedak

Taburkan bedak ke rambut anda. Diamkan beberapa menit, kemudian bersihkan bedak dari rambut sambil disisir. Cara yang sederhana ini turut membantu mengurangi minyak di rambut. Disarankan langkah ini anda terapkan jika anda berencana hanya akan berdiam diri di rumah.

Keramas tanpa kondisioner

Minyak pada rambut dapat dihilangkan dengan mencuci rambut (keramas) secara teratur. Minimal dua hari sekali. Hindarkan penggunaan kondisioner, karena akan menambah kadar minyak pada rambut anda. Kemudian pastikan anda membilas rambut dengan bersih sempurna, karena jika sisa sampo tertinggal pada rambut akan menimbulkan rasa gatal dan justru menyebabkan kulit kepala anda berminyak

Shampo yang tepat

Shampo yang diproduksi dan dijual saat ini memiliki fungsinya sendiri. Ada yang untuk rambut rontok, rambut berketombe, rambut yang diwarnai dan lainnya. Pilihlah shampo yang untuk kulit kepala berminyak (lebih). Shampo anti ketombe juga bisa dijadikan pilihan karena ketombe pun disebabkan minyak berlebih, namun lebih baik langsung mengatasi penyebab masalahnya yaitu minyak berlebih, jadi pilih saja yang untuk rambut berminyak.

Pilih shampoo yang mengandung : salicylic acid, selenium sulfide or ketocanozale. Zat-zat tersebut bermanfaat untuk mengurangi minyak berlebih. Luangkan waktu untuk membaca kandungan dalam shampo yang anda beli. Biasanya informasi tersebut diterakan di bagian belakang kemasan shampo.

Lemon dan strawbery

Minyak berlebih pada rambut anda bisa pula dikurangi dengan menggunakan buah-buahan yaitu lemon dan strawberi. Dalam Newhealthguide.org (2013) dijelaskan bahwa lemon mengurangi produksi minyak dengan cara menutup pori-pori yang ada di kulit kepala sekaligus membuat rambut lebih berkilau.

Caranya : Bisa menggosokkan langsung lemon yang telah dibelah atau mencampur air perasannya ke dalam segelas air. Jika anda sedang menggunakan masker rambut, tambahkan perasan lemon tersebut ke dalamnya.

Sedangkan strawberi bekerja dengan mengatur sirkulasi produksi minyak di kulit kepala sekaligus menguranginya. Kandungan vitamin C di dalamnya pun bermanfaat untuk kesehatan rambut anda.

Caranya : lumatkan strawberi dan usapkan pada rambut. Anda bisa mencampurkannya dengan mayonnaise dan aplikasikan ke rambut seperti menggunakan krim masker rambut. Campuran tersebut bisa anda gunakan untuk mencegah rambut menjadi terlalu kering. Diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih.

Teh

Kandungan tannic acid pada teh berkhasiat untuk memperkecil pori-pori sekaligus membuat rambut berkilau. Produksi minyak berlebih itu dikurangi seiring dengan diperkecilnya pori-pori. Caranya seduh teh dengan air hangat dengan air yang tidak terlalu banyak, setelah itu gunakan teh itu pada kulit kepala anda, biarkan beberapa menit kemudian keramas dengan shampoo.

Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *