4 Tips Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Siapa tak kenal bawang putih? Salah satu jenis rempah yang selalu dijadikan bumbu masakan ini memang sangat tidak asing, khususnya bagi para ibu ataupun juru masak baik itu laki-laki maupun perempuan.

Rasa dan aroma bawang putih sangat khas, kadang cukup menentukan lezatnya suatu masakan. Dan selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, bawang putih juga memiliki khasiat bagi wajah, yaitu untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Anda penasaran?

Kandungan Nutrisi Bawang Putih

Penggunaan bawang putih sangat baik dalam pengobatan wajah berjerawat, mengangkat minyak berlebih di wajah dan mampu mendinginkan kulit yang meradang karena bawang putih memiliki kandungan beberapa nutrisi berikut ini, yaitu:

  • Kalsium, sifatnya menenangkan sehingga cocok digunakan untuk mencegah hipertensi
  • Saltivine, dapat mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan sel saraf.
  • Anti-bakteri dan anti-viral, dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit
  • Minyak atsiri, memiliki kemampuan antibakterial dan antiseptic
  • Allicin, komponen zat organosulfur yang memiliki kemampuan menghaluskan dan melembutkan tekstur kulit, serta menghilangkan stretch-marks.

Bawang putih dengan kandungan antibiotik yang paling tinggi adalah bawang putih jenis baby, bawang putih dengan ukuran kecil. Komponen yang terkandung di dalam bawang putih juga dapat membantu menghilangkan kerutan wajah.

Memilih Bawang Putih yang Baik

Bawang putih yang baik adalah bawang putih dengan umbi mulus dan kulit yang kering.  Pilihlah umbi bawang putih dengan siung kecil karena aromanya lebih kuat dan tajam. Penyimpanan bawang putih agar tahan selama berbulan-bulan sebaiknya ditaruh di tempat yang kering dan sejuk. Jangan menyimpan bawang putih dalam kulkas, kelembaban akan menyebabkan tumbuhnya daun dan lebih cepat busuk. Sedangkan udara yang terlalu panas akan menyebabkan bawang putih jadi lebih cepat mengkerut.

Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

Untuk menghilangkan jerawat pada wajah dengan bawang putih, ada empat cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  1. Menggunakan bawang putih sebagai masker wajah. Tumbuk 2 siung bawang putihatau lebih yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Setelah halus, oleskan pada wajah sambil sedikit dipijat dengan gerakan memutar. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan sekurang-kurangnya dua kali dalam seminggu untuk memperoleh kulit wajah yang lebih segar, cerah, dan bebas jerawat. Tumbukan bawang putih yang dijadikan scrub wajah ini juga berkhasiat menghilangkan komedo yang membandel.
  2. Mengoleskan pasta bawang putih di tempat yang berjerawat. Cukup haluskan satu siung bawang putih kemudian  oleskan di atas jerawat. Diamkan sekitar 10 menit atau lebih saat malam hari. Cara ini dapat membantu menghilangkan ruam merah serta mengobati radang akibat jerawat. Jika jerawat tidak terlalu parah, maka pada keesokan paginya jerawat tersebut akan mengempis.
  3. Mengkonsumsi bawang putih. Memakan satu atau lebih bawang putih setiap hari juga dianggap cukup efektif menghilangkan jerawat, asalkan Anda bisa tahan dengan aroma bawang putih yang cukup menyengat.
  4. Menggunakan air bawang putih. Campurkan beberapa tetes air bawang putih ke dalam krim wajah yang biasa Anda gunakan. Lakukan hal ini setiap satu minggu sekali, agar perawatan memberi hasil maksimal.

**

Nah, sekarang Anda tahu bukan, bahwa bawang putih tidak hanya bisa dijadikan bumbu dapur, melainkan juga untuk perawatan wajah Anda, yang lebih aman dan hemat dibandingkan dengan obat-obatan berbahan kimia.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *