Cream Pemutih Wajah Yashodara

Cara Mengobati Gatal-Gatal Pada Kulit Bayi

bayi imutGatal-gatal merupakan salah satu penyakit yang seringkali diderita masyarakat terutama anda yang masih kecil. Meski seringkali dianggap remeh, namun bila dibiarkan begitu saja gatal-gatal dapat menyebabkan infeksi sekunder yang serius pada jaringan kulit.

Pada dasarnya penyakit gatal-gatal dapat dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan penyebab timbulnya penyakit tersebut, ada yang disebabkan karena bakteri, ada yang disebabkan karena alergi, virus, jamur atau bahkan parasit. Secara garis besar, penyebab gatal-gatal dapat dilihat secara langsung dari bentuknya.

Jika penyebab gatal-gatal tersebut adalah alergi, maka dapat segera dihentikan dengan menghindari bahan-bahan yang menyebabkan alergi tersebut. Terkecuali bila gatal tersebut terus menerus digaruk hingga menyebabkan infeksi sekuder. Jika sudah pada taraf ini, maka diperlukan pengobatan secara serius agar infeksi yang ditimbulkan tidak menyebar.

Di sisi lain, gatal-gatal yang disebabkan oleh bakteri biasanya pada awalnya berupa cairan yang bila kemudian digaruk akan menyebabkan infeksi karena bakteri yang masuk. Hal ini akan menyebabkan koreng pada kulit yang berisi nanah yang berwarna kehijauan.

Pada bayi, rasa gatal yang seringkali dialami biasanya disebabkan oleh biang keringat dengan ciri-ciri kulit yang banyak berbintik-bintik keringat dan berwarna merah. Rasa gatal tersebut seringkali membuat bayi menjadi lebih mudah rewel dan sering menangis.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati gatal-gatal pada kulit bayi:

Mandikan 2 sampai 3 kali sehari

Gatal akibat biang keringat biasanya timbul karena keringat yang dikeluarkan cukup banyak ketika bayi sedang tidur atau beraktifitas. Struktur kulit pada bayi masih sangat lembut sehingga sangat sensitif terhadap ruang udara panas yang diakibatkan oleh keringat, bila hal ini dibiarkan akan menyebabkan biang keringat dengan ditandai adanya ruam merah yang sangat gatal.

Jika anak atau bayi anda cenderung mengeluarkan keringat berlebih, ada baiknya bila anda memandikan mereka 3 kali sehari agar keringat yang ada tidak menempel terlalu lama dan segera terbilas oleh air dan sabun.

Baby cream

Usapakan baby cream atau baby lotion setelah memandikan bayi agar dapat menjaga kelembaban dan kelembutan kulit mereka serta mencegah kekeringan lebih lanjut. Penggunaan baby lotion juga dapat mengurangi pengelupasan atau gesekan pada kulit atau bahakan pecah-pecah yang terkadang timbul.

Baby lotion yang  memiliki kandungan air lebih banyak memiliki efek yang dapat mendinginkan kulit bayi. Sedangkan baby oil yang memiliki kandungan minyak lebih banyak dapat membantu menjaga kelembutan dan kelembaban kulit.

Menjaga kebersihan baju

Jika anak atau bayi anda mudah sekali berkeringat serta terkena biang keringat, maka anda perlu untuk sering mengganti baju mereka agar keringat yang menempel tidak segera menyebabkan iritasi pada kulit yang mana dapat menyebabkan luka yang cukup parah. Semakin sering anda mengganti pakaian mereka akan lebih baik karena kebersihan serta kenyamanan anak anda akan lebih terjaga.

Menggunakan tepung kanji

Salah satu cara tradisional yang sangat berkhasiat dan masih sering digunakan untuk mengatasi biang keringat adalah dengan menggunakan tepung kanji. Cara menggunakannya sama saja seperti anda mengoleskan bedak pada bayi anda setelah mandi. Anda dapat mengoleskanya kapan saja karena penggunaan tepung kanji ini tidak memiliki efek samping apapun.

Bila dengan menggunakan tepung kanji tidak dapat mengatasi atau mengurangi biang keringat pada anak anda, maka sebaiknya anda cepat-cepat membawanya ke dokter.





  • http://www.facebook.com/akhmad.nurhuda Akhmad Nurhuda

    masalahnya, kalau sudah dibawa ke dokter juga, tapi tetap saja masih seperti itu, bagaimana?

  • Nanik S. Nastiti

    Anak saya seluruh badannya gatal – gatal, awalnya saya bawa ke dokter, katanya alergi makanan, sudah di kasih obat dan di hindari makannya yg bikin alergi, tp malah timbul merah – merah seluruh badannya dan gatal2, seperti tampek, akhirnya saya stop minum obatnya, dan saya kasih obat cina mapoh, dan saya olesin seluruh tubuhnya dengan minyak zaitun, kemarin gatelnya udah agak mendingan, dan bekasnya tinggal hitam2, tp kok sekarang masih gatel dan merah – merah lagi ya dok, padahal mandi juga udah pake sabun khusus, saya sampe binggung ngatasinya mesti gimana ya, apa susu juga bisa menyebabkan alergi pada anak ya dok, mohon saranya. terima kasih – Nanik Bekasi

  • naily nafisah

    Ank sya gtalny kering g berair.kalau mlm gbs bo2 dok,gatal2 dgaruk2 trs.dah tak bwa kdokter bolak blik msh saja ln sembuh2.gmn solusiny dok?pdhl dah g mnum susu kaleng,syany dah gmkan telur ikan laut.tp tetp g hilang2.

  • arman

    dok….anak saya berumur 3 bln susah tidur klo malam krn biang keringat …gmna solusinya dok?

  • cumee tea

    Anak saya kayaknya gatal2 nya terkena bakeri cara mengobatinyabagaimana

  • meiko

    anak saya gatal2 didaerah selakangan smpi merah umurnya baru 23 bulan, bagaimana cara mengatasi dan apa jenis obatnya untuk balita saya

  • dhinda

    anak saya umurnya 13 bulan,dia mengalami gatal-gatal di seluruh kaki,badan dan wajahnya.gatal-gatalnya merah dan ada airnya.karena gatal bgt jd dia ga tahan dan digaruk sampai luka.kira-kira apa obatnya ya dok?

  • arif

    Anak saya umur 4 bulan mngalami gatal2 dan sdah dbwa k dokter sudah dkasih krim jga tp ttp masih gatal gimana solusinya dok mohon dbalas

  • sumarni

    ponakan sy alergi makanan dan banyak bintik bintik merah di punggung, ketiak. dan lehernya. sdh di bawa kedokter dan di kasih salep tpi blm sembuh juga..gimana solusinya dok mohon dibals