Beragam Manfaat Mengunyah Permen Karet

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Permen karet, siapa yang tak mengenal permen yang satu ini? Permen karet termasuk ke dalam golongan junk food atau golongan makanan yang tidak sehat. Namun tahu kah anda bahwa ternyata permen karet menyimpan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan bukan hanya tubuh, permen karet juga dapat meningkatkan daya kerja otak kita.

Menurut saran para ahli, anak-anak sebaiknya tidak mengunyah permen karet lebih dari 3-4 kali dalam sehari dan jangan lebih dari 10-15 menit. Karena hal tersebut dapat merusak gigi yang dapat menyebabkan karies gigi.

Selain itu, mengkonsumsi permen karet yang baik yaitu permen karet yang mengandung perasa xylitol bukan permen karet yang mengandung perasa manis lainnya. Karena perasa manis pada xylitol tidak dapat difermentasi menjadi asam sehingga tetap aman untuk kesehatan gigi, walaupun xylitol memiliki rasa manis yang sama dengan rasa manis pada gula.

Manfaat Permen Karet untuk Kesehatan

Manfaat mengkonsumsi permen karet bagi kesehatan tubuh antara lain :

1. Dapat menurunkan berat badan

Dengan mengunyah permen karet maka dapat membakar kalori yang tersimpan dalam tubuh, sehingga baik untuk orang yang ingin melakukan diet atau seseorang dengan berat badan berlebihan (obesitas). Selain itu permen karet juga dapat mengurangi rasa lapar dalam tubuh jadi sangat baik untuk menahan rasa lapar pada orang yang sedang melakukan diet.

2. Mengurangi rasa kantuk

Menurut penelitian dari Conventry University, mengunyah permen karet dapat mengurangi rasa kantuk. Karena dengan mengunyah permen karet, otot-otot yang ada pada muka kita akan bekerja sehingga rasa kantuk yang membuat kita malas beraktivitas akan hilang.

3. Mengurangi stress

Saat mengunyah permen karet, ketegangan otot yang ada dalam diri akan menghilang sehingga membuat tubuh kembali rileks. Hal ini telah dibuktikan menurut penelitian dari Serge Onyper, Asisten Profesor Psikologi di St Lawrence University yang menyatakan bahwa siswa yang mengunyah permen karet lima menit sebelum mengerjakan soal ujian mendapat nilai lebih bagus dibandingkan dengan siswa yang tidak mengunyah permen karet lima menit sebelum ujian.

4. Baik untuk pencernaan

Saat mengunyah permen karet pasti produksi air liur akan meningkat sehingga anda akan sering menelan air liur. Hal ini dapat meningkatkan motilitas usus karena air liur yang turun ke dalam perut dapat mencegah terjadinya asam lambung.

Manfaat Permen Karet untuk Kinerja Otak

Manfaat mengkonsumsi permen karet untuk daya kinerja otak, diantaranya :

1. Meningkatkan daya konsentrasi

Gerakan saat mengunyah permen karet yaitu dengan menggigit dan mengunyah berkali-kali dapat membuat peredaran darah menjadi lancar. Sehingga otot-otot dalam tubuh menjadi tidak tegang. Hal inilah yang menyebabkan otak dapat lebih berkonsentrasi.

2. Meningkatkan daya ingat

Menurut penelitian yang pernah dilakukan oleh University of Northumbria dan Cognitive Research Unit di Inggris, dengan mengunyah permen karet dapat meningkatkan daya ingat. Karena dengan mengunyah permen karet dapat meningkatkan detak jantung serta membuat oksigen dan nutria yang terpompa menuju otak akan lebih banyak. Selain itu, mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan produksi insulin yang akan merangsang bagian otak yang berhubungan dengan daya ingat.

Manfaat Permen Karet untuk Kecantikan

Manfaat lain dalam mengkonsumsi permen karet yaitu untuk kecantikan, yaitu dapat mencegah pengeriputan kulit wajah. Karena dengan mengunyah permen karet dapat melatih elastisitas kinerja otot-otot yang ada pada wajah kita sehingga memperlambat pengeriputan pada area wajah.

Penyataan ini telah dibuktikan berdasarkan penelitian para ahli dari Amerika yang menyebutkan bahwa mengunyah permen karet sekitar 15 menit dapat melatih elastisitas otot wajah yang berguna untuk mencegah terjadinya keriputan pada wajah.

**

Jadi jangan khawatir untuk makan permen karet karena ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Namun terlalu banyak memakan permen karet juga tidak baik, jadi intinya mengkonsumsi sesuatu itu baik asal tidak terlalu berlebihan. Selamat mengunyah permen karet!

“Lakukanlah Hal Yang Baik Selama Itu Bermanfaat, Asal Jangan Melakukannya Secara Berlebihan”

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *