Mengenal Profesi Ahli Gizi (Nutrisionis)

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bagaimana kabar diet anda? Semoga berhasil. Diet selalu dibarengi dengan daftar makanan yang harus anda konsumsi, lazim disebut dengan menu diet. Dalam merancang menu diet dan program diet ada satu pihak yang amat berperan di dalamnya: Ahli Gizi.

Sang ahli yang menentukan dan mengevaluasi jumlah vitamin, karbohidrat, lemak, kalori yang harus dibakar dan sebagainya. Ahli gizi pula yang mengevaluasi sebuah program diet, apakah benar-benar membantu atau justru malah menyiksa dan membuat orang sakit. Karena berkaitan dengan nutrisi, program diet akan memiliki dampak berbeda pada tiap orang, maka para ahli gizi sering mengingatkan, diet itu bersifat individual, berhasil pada orang tertentu belum tentu berhasil pada orang lain.

Untuk dikatakan ahli gizi, seseorang disyaratkan untuk menempuh pendidikannya terlebih dahulu. Jadi, tidak bisa dengan asal memberi gelar ahli gizi/nutrisi pada seseorang,  sekalipun orang tersebut banyak tahu perihal gizi. Ada baiknya kita kupas profesi yang satu ini sekaligus memberikan informasi tambahan bagi anda yang saat ini hendak menentukan masa depan (profesi) apa yang akan dijalani kelak.

Apa itu ahli gizi?

Ahli gizi adalah profesional medis terlatih yang telah menempuh pendidikan yang disyaratkan untuknya.  Di Indonesia, lembaga tempat berkumpulnya para ahli gizi disebut dengan Persatuan Ahli Gizi Indonesia. Lembaga ini rutin mengadakan workshop, seminar bagi para ahli gizi dan masyarakat umum. Sering pula mengadakan penelitian yang dipublikasikan melalui jurnal-jurnal yang bisa diakses siapa saja.

Apa yang mereka kerjakan?

Ahli gizi berkutat dengan perihal gizi dan nutrisi dalam banyak sektor seperti mendesain rencana diet atau menu makanan setiap hari, menghitung jumlah nutrisi (vitamin, karbohidrat, mineral) yang diperlukan juga mengenai jumlah kalori yang harus dibakar.

Berikutnya, mengevaluasi diet apakah membantu, sehat dan sesuai individu tertentu kemudian menyampaikan informasi tentang makanan yang sehat dan tidak sehat. Termasuk meneliti tentang makanan untuk mencegah atau mengobati penyakit tertentu. Ahli gizi dapat pula bekerja sebagai konsultan pribadi. Para selebriti dunia umumnya memiliki konsultan nutrisinya sendiri.

Bagaimana untuk mempelajarinya?

Karena ahli gizi adalah sebuah profesi, maka dituntut untuk menempuh pendidikan yang telah disyaratkan. Pendidikan ahli gizi adalah tingkat pendidikan tinggi yang diperoleh setelah menempuh pendidikan menengah (SMA). Dalam beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta jurusannya kerap disebut : Ilmu Gizi.

Ilmu yang dipelajari pun lintas bidang meliputi sosial masyarakat, klinis seperti : anatomi, fisiologi dan kini dilengkapi pula dengan ilmu kewirausahaan. Oleh karena itu dalam beberapa perguruan tinggi fakultas induk dari jurusan ini berbeda-beda, ada yang menempatkannya sebagai bagian dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, atau bagian dari Fakultas Kedokteran ataupun lainnya.

Prospek karir

Universitas Airlangga Surabaya adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang memiliki jurusan Ilmu Gizi, dalam situs mereka diungkapkan prospek karir ahli gizi adalah rumah sakit sebagai dietesien, industri makanan dan minuman, lembaga pendidikan dan penelitian, lembaga pemerintahan, perhotelan dan pariwisata, konsultan bidang gizi (termasuk perihal diet, kecantikan, olahraga), LSM bidang gizi dan kesehatan dan wirausaha di bidang pangan dan gizi.

Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *