6 Cara Terbebas Dari Penyakit Maag Secara Alami

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Apakah Anda telah lama menderita penyakit maag atau asam lambung dan selalu membawa obat kemana-mana tapi tak kunjung sembuh? Harus diketahui bahwa banyak faktor yang menyebabkan kenapa seseorang selalu menderita penyakit maag. Jadi, jangan berpikir dengan menyediakan obat setiap saat, penyakit akan segera hilang. Bagaimanapun ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Jika Anda tidak ingin ketergantungan dengan obat dalam jangka panjang, tak ada salahnya mencoba cara alami agar terbebas dari penyakit maag di bawah ini :

Tidak semua hal harus dipikirkan

Keadaan psikologis sangat mempengaruhi penyakit maag. Orang yang terlalu memikirkan segala hal, dikhawatirkan akan terjangkit maag secara terus menerus. Kenapa demikian? Apa yang dipikirkannya itu secara tidak langsung bisa menjadi sebuah beban sehingga mempengaruhi kondisi tubuh.

So, pikirkan yang penting-penting saja. Begitu juga, hal-hal yang belum terjadi, sebaiknya jangan terlalu dipikirkan karena kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi di masa depan. Lakukan apa yang bisa kita lakukan sebaik mungkin dan berdoa, itu sudah cukup.

Kendalikan emosi

Mungkin kita jarang menyadari bahwa emosi juga berperan penting terhadap kesehatan. Jika emosi kita tidak terkendali akan terasa nyata pengaruhnya kepada tubuh. Semua bagian dalam tubuh akan saling berhubungan dan ujung-ujungnya asam lambung bisa saja naik. Terlebih pada saat emosi meledak-ledak, dada terasa sesak dan kepala pusing. Kita selalu terpikirkan masalah yang membuat kita emosi.

Hindari stress dan depresi

Jika ingin terbebas dari penyakit maag, jauhilah pola hidup yang bisa menimbulkan stress dan depresi. Bertindaklah yang benar dan sesuai dengan norma yang berlaku dalam masyarakat serta agama. Kerjakan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan waktunya sehingga semua jadwal tidak kacau. Selain itu, jangan suka membuat masalah dan membesar-besarkan masalah yang sebenarnya kecil. Hal ini bisa menguras waktu, pikiran, energi dan membuat hati menjadi lelah.

Refreshing secara berkala

Suasana hati, pikiran dan keadaan tubuh yang stabil sangat diperlukan oleh mereka penderita maag. Jadi, jangan memforsir hati, pikiran dan tubuh. Aturlah waktu secara berkala untuk pergi refreshing. Jika maag terus bertambah sakit, tak ada salahnya pergi berlibur ke desa. Suasana desa yang hijau, asri, tenang jauh dari hiruk pikuk dan segar secara tidak langsung bisa mengurangi sakit maag.

Sering mengistirahatkan jiwa

Mengistirahatkan jiwa yang dimaksud disini adalah melakukan kegiatan spiritual dan mendekatkan hubungan dengan Sang Pencipta. Sekarang banyak hasil penelitian yang menemukan fakta terdapat hubungan yang erat antara ibadah dengan kesehatan jiwa serta raga pelakunya. Sesibuk apapun kita setiap harinya, luangkan waktu untuk beribadah karena sebenarnya ibadah adalah untuk kebutuhan jiwa dan raga kita. Bukan sekedar tanggungjawab kepada Tuhan.

Jaga makanan dan waktu makan

Secara umum, hampir semua orang sepakat bahwa salah satu cara untuk terhindar dari penyakit maag adalah dengan menjaga makanan yang dikonsumsi serta mengatur pola makan. Hindarilah makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung.

Lebih disiplin dan jangan biasakan bangun di siang hari. Kalau bangun kesiangan otomatis perut kita sudah sangat lapar dan keroncongan. Biasanya perut sudah sakit. Isilah perut sebelum lapar karena kalau sudah lapar baru diisi perut akan terasa perih.

***

Sebagian besar penyebab terjadinya kenaikan asam lambung adalah kebiasaan dan tindakan yang kurang ramah dengan tubuh, pikiran dan jiwa. Jadi, perhatikanlah tubuh, pikiran dan jiwa sehingga bukan hanya penyakit maag yang minggat tapi juga penyakit lainnya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *