5 Manfaat Masker Madu untuk Wajah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Madu, tidak diragukan lagi khasiatnya. Cairan kental yang dihasilkan oleh lebah ini mempunyai beragam kandungan zat yang memberi banyak manfaat. Selain rasanya yang manis menyerupai gula, sehingga mudah dikonsumsi serta disukai oleh bayi hingga lansia, madu juga sangat baik untuk menutrisi kulit. Oleh sebab itu, madu sering pula digunakan sebagai masker pada wajah, rambut maupun tubuh.

Kandungan Nutrisi pada Madu

Secara umum, madu mengandung beberapa zat berikut ini:

  • 38,2% fruktosa
  • 31,3% glukosa
  • 17,2% air
  • 7,1% maltosa
  • 1,5% gula
  • 1,3% sukrosa
  • 0,2% abu
  • 3,2% zinc dan bahan lainnya

Dengan zat-zat tersebut, madu memiliki fungsi:

  • Antibiotik, antibakterial, dan antiseptic, ampuh menyembuhkan luka, mengatasi radang dan membunuh kuman atau bakteri yang menempel pada wajah dan menyebabkan timbulnya jerawat.
  • Antiinflamasi, dapat menghilangkan nyeri pada wajah akibat jerawat dan mengatasi infeksi.
  • Antioksidan, mampu mengatasi efek radikal bebas akibat polusi dan pencemaran lingkungan, merangsang pertumbuhan jaringan baru pada bekas luka serta membuat warna kulit menjadi lebih cerah dan sehat.

Manfaat Masker Madu

Dengan sederet nutrisi yang dimilikinya, madu sangat berkhasiat untuk membersihkan wajah, menghaluskan wajah dan membuat wajah berseri-seri. Madu sangat cocok digunakan pada kulit sensitif.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai cara memanfaatkan madu sebagai masker beserta manfaatnya, silakan Anda simak uraian berikut ini:

  1. Untuk melembutkan dan melembabkan kulit wajah normal. Oleskan madu murni pada wajah dan diamkan 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.
  2. Untuk melembutkan dan melembabkan kulit kering. Campurkan madu dengan pisang matang menggunakan blender, oleskan pada wajah hingga merata selama 30 menit dan bilas dengan air dingin.
  3. Untuk membersihkan kulit wajah. Madu mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran. Campurkan satu sendok madu, satu sendok serbuk biji almond, satu sendok teh jus lemon atau jus jeruk, dan beberapa tetes minyak aroma terapi, atau cukup dengan dua sendok sereal oatmeal, aduk hingga rata, oleskan pada wajah sebelum mandi.
  4. Untuk menyegarkan kulit normal. Campurkan madu dengan cuka apel (vinegar)dengan perbandingan 5: 1 lalu oleskan pada wajah.
  5. Untuk mengobati jerawat dan bekas jerawat. Campurkan satu sendok madu dengan sedikit bubuk kayu manis, oleskan pada wajah yang berjerawat atau noda bekas jerawat, diamkan selama satu malam dan bersihkan di pagi hari. Bisa dilakukan setiap hari.

Anda juga bisa menggunakan masker madu yang dicampurkan dengan air perasan mentimun parut dan putih telur. Setelah dioleskan pada wajah secara tipis-tipis dan merata, diamkan sekitar 30 menit hingga madu sudah terasa mengering lalu bilas dengan air bersih atau air hangat.

Untuk hasil yang maksimal, jangan lupa untuk membersihkan wajah Anda dengan baik sebelum menggunakan masker madu. Anda bisa mengenakan masker madu secara rutin sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu.

**

Namun, Anda harus tetap hati-hati, karena sekarang ini banyak beredar madu palsu atau buatan, yang bukan berasal dari alam. Efeknya justru bisa berbahaya bagi kulit, karena mengandung zat-zat kimia yang tidak aman. Sebaiknya Anda mengetahui dengan benar, ciri-ciri madu yang asli dan berkualitas. Misalnya dengan menguji kekentalan madu yang benar yaitu sekitar 1,36 kilogram per liter.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *