Cara Membersihkan Boneka dan Karpet Bulu yang Benar

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Tungau, berbahaya namun banyak terdapat di sekitar Anda. Tungau merupakan binatang sangat kecil yang mengganggu, karena hidup terperangkap pada bulu-bulu karpet maupun boneka yang sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari. Terutama anak perempuan, mudah sekali terkena alergi apabila bonekanya kotor, berdebu dan menjadi tempat hidup tungau tanpa disadari oleh pemiliknya.

Penyakit asma biasanya disebabkan salah satunya oleh alergi terhadap debu yang terdapat pada bulu-bulu boneka maupun karpet. Oleh sebab itu, penting untuk Anda simak artikel berikut ini, bagaimana cara membersihkan karpet dan boneka bulu dengan benar, untuk menghindarkan keluarga Anda dari penyakit berbahaya.

Tips Membersihkan Boneka Bulu

  • Sebelum mencuci boneka kesayangan anak Anda, periksa lebih dulu labelnya untuk mengetahui informasi seputar cara mencuci boneka Anda dengan benar.
  • Pisahkan boneka dengan pakaian untuk menghindari kelunturan warna ataupun rontokan bulu boneka. Bisa juga dengan memasukkan boneka ke dalam kantong kain putih, misalnya sarung bantal, untuk melindungi bulu-bulu boneka agar tidak mudah rontok saat dikucek dengan tangan atau mesin cuci.
  • Untuk boneka yang tidak terlalu kotor, gunakan kain basah agar tidak terjadi penumpukan debu atau kotoran di permukaan boneka. Basahi kain, peras dan usapkan perlahan ke permukaan boneka. Lakukan secara bertahap.
  • Jika menggunakan mesin cuci, pastikan apakah boneka aman terhadap kontak langsung pada bagian mesin cuci, untuk menghindari ada bagian yang terlepas. Atur mesin cuci pada kecepatan pelan (slow). Gunakan sedikit detergen dan lebih banyak pewangi.
  • Untuk pencucian manual, rendam boneka di dalam wadah dengan air dan detergen atau sitrun secukupnya. Diamkan 30 menit agar kotoran bisa terlepas dari permukaan boneka. Sikat boneka dengan sikat halus. Lalu bilas dengan air mengalir.
  • Anda juga bisa menggunakan baking soda. Masukkan boneka ke dalam kantung, masukkan baking soda secukupnya, kocok-kocok agar baking soda merata ke seluruh bagian boneka. Diamkan 15 menit. Bersihkan baking soda dengan cara menepuk-nepuknya. Lalu ambil kain basah dan seka seluruh bagian boneka agar baking soda benar-benar hilang.
  • Lakukan pengeringan dengan sinar matahari langsung tapi jangan terlalu lama agar warnanya tidak memudar. Bisa juga dengan mengangin-anginkannya di tempat terbuka dan minim debu.
  • Jika menggunakan steamer (dry clean), semprotkan pada seluruh permukaan boneka secara merata lalu diamkan kurang lebih 2-3 menit, kemudian semprotkan parfum khusus boneka.
  • Pastikan boneka benar-benar kering, sebelum menyimpan kembali dalam lemari, untuk mencegah boneka menjadi lembab dan tumbuh jamur.

Tips Membersihkan Karpet Bulu

  • Pastikan apakah karpet bulu Anda boleh dicuci.
  • Saat mencuci, masukkan karpet bulu pada kain katun, atau sarung bantal, agar bulu dan serat karpet tidak bersentuhan langsung dengan mesin cuci.
  • Keringkan karpet di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering, karena jika masih basah maka karpet rentan ditumbuhi jamur.
  • Jika menggunakan mesin penyedot debu, Anda tetap perlu sesekali menggunakan sikat lembut apabila kotoran atau noda membandel.
  • Hati-hati menggunakan pembersih karpet anti noda yang dijumpai di pasaran.
  • Untuk karpet yang sering digunakan, bisa dibersihkan seminggu sekali. Jika jarang digunakan, Anda dapat membersihkannya dua minggu sekali.

**

Selanjutnya, agar karpet dan boneka bulu Anda terhindar dari debu, sebaiknya letakkan karpet pada posisi yang jauh dari pintu dan jendela, sehingga tidak mudah terkena debu dari luar. Begitu pula boneka, simpan pada lemari kaca agar tetap bisa terlihat, atau segera letakkan pada lemari setelah dimainkan oleh anak-anak.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *