Pentingnya Memasyarakatkan Hidup Sehat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Ada ungkapan yang menyebutkan bahwa “kesehatan bukanlah segalanya, namun segalanya tanpa kesehatan tidaklah berarti”. Mungkin ungkapan tersebut bisa dibenarkan, karena memang kenyataannya adalah setiap orang tidak bisa atau mustahil melakukan segala hal berupa aktivitas fisik maupun pikiran jika sedang mengalami atau menderita suatu penyakit, baik itu ringan ataupun berat.

Penyakit sekecil apapun selalu mengganggu. Seseorang yang mengeluh karena merasakan sesuatu yang tidak enak pada tubuhnya pasti akan berdampak pada berkurangnya tenaga, produktivitas serta percaya diri.

Seringkali kita menyadari betapa kesehatan itu penting, setelah mengalami suatu penyakit yang membuat diri sangat menderita. Padatnya aktivitas serta permasalahan hidup yang pelik selalu mengakibatkan Anda lupa untuk menjaga kesehatan.

Cara Memasyarakatkan Hidup Sehat

Memasyarakatkan hidup sehat sebenarnya sangat mudah, asalkan Anda mau dan bisa berpartisipasi di dalamnya, misalnya dengan beberapa metode berikut:

  • Mulai dari diri sendiri. Sayangi diri Anda. Perhatikan kesehatan dari ujung rambut hingga ujung kaki Anda. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kesehatan, baik dari televisi, radio, majalah, surat kabar, internet, atau diskusi dengan orang-orang yang berkompeten.
  • Sebarkan ilmu Anda. Sampaikan pada keluarga dan orang-orang terdekat mengenai berbagai informasi seputar kesehatan dan penyakit, baik cara pencegahan maupun cara mengatasinya. Utamakan cara-cara yang santun dalam menyampaikan.
  • Terapkan pola hidup sehat. Jangan sekedar tahu, tapi Anda perlu segera melakukan apa yang sudah Anda ketahui agar Anda bisa merasakan hasilnya dan bisa membuktikan pada lingkungan Anda bahwa apa yang Anda katakan adalah benar.
  • Lakukan kerja sama. Di manapun Anda bekerja, buatlah kerja sama dengan instansi yang terkait dengan kesehatan, bisa dengan meminta pengarahan rutin atau kemudahan dalam penanganan saat terjadi kecelakaan atau penyakit serius yang menimpa Anda, rekan atau kerabat Anda.

Menyebarkan Pengetahuan Tentang Kesehatan

Ilmu yang bermanfaat tentu akan menguntungkan diri kita sendiri dan orang lain, jika disampaikan dengan benar dan dengan cara yang baik. Ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyebarkan pengetahuan kesehatan dalam rangka memasyarakatkan hidup sehat:

  1. Menggunakan sosial media. Tuliskan informasi yang Anda ketahui atau yang Anda dapatkan dari orang lain melalui media sosial seperti facebook, twitter, BBM, whatsapp, dan lain sebagainya. Pengguna gadget dan internet akan sangat menyukai cara seperti ini.
  2. Menulis artikel. Buat artikel tentang apapun yang berkaitan dengan kesehatan, baik itu diterbitkan melalui media internet, majalah, surat kabar, atau yang paling sederhana yaitu majalah dinding, yang bisa Anda pasang di rumah atau tempat kerja.

**

Semakin banyak orang yang mendapatkan informasi seputar kesehatan dan penyakit, maka semakin banyak pula orang yang akan menyadari betapa pentingnya kesehatan bagi diri sendiri dan keluarga mereka.

Sebelum Anda tergiur dengan banyaknya fasilitas yang menjanjikan kesehatan secara instan, seperti obat diet, pembersih wajah dan sebagainya, sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu agar Anda tidak menyesal. Bisa jadi, bukan kesehatan yang Anda dapatkan, melainkan sebaliknya.

Jadi, jangan abaikan kesehatan dan pengetahuan tentangnya ya. Semoga Anda selalu sehat dan memasyarakatkan hidup sehat!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *