Mengenal Jenis-Jenis Jerawat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Sebagai wanita, tentu jerawat adalah salah satu penyebab kehilangan kepercayaan diri bagi kita. Jerawat selalu kita anggap sebagai sesuatu yang dapat mengganggu penampilan kita yang sempurna. Selain wajah, punggung pun juga menjadi wilayah yang dapat ditumbuhi oleh jerawat. Tetapi apakah kalian tahu, kira-kira jenis jerawat apa sih yang sedang menyerang?

Di bawah ini kami berbagi informasi tentang beberapa jenis-jenis jerawat yang harus kalian ketahui.

1. Non-Inflammatory

Ini adalah tipe jerawat yang cenderung tidak sakit dan tidak akan bertambah besar. Kemudian jenis jerawat ini juga terbagi lagi menjadi dua kategori, yaitu:

  • Whitehead (Komedo Putih)
  • Blackhead (Komedo Hitam)

Jadi jangan salah ya, ternyata komedo itu termasuk menjadi bagian dari jerawat lho. Kedua komedo ini dapat terjadi dikarenakan dari pori-pori yang tersumbat yang juga disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebih pada kulit. Jika komedo itu tertutup, maka dapat dikatakan sebagai whitehead dan jika komedo tersebut terbuka, maka dapat disebut sebagai blackhead.

Kedua kategori komedo ini masih dikategorikan sebagai jenis jerawat ringan dan dapat langsung dihilangkan dengan melakukan facial atau perawatan wajah lainnya baik itu di salon atau bahkan melakukannya sendiri di rumah.

2. Inflammatory

Nah jenis jerawat ini mungkin bagi sebagian orang pernah mengalaminya. Ini adalah jenis jerawat yang cenderung dapat menimbulkan rasa sakit dan kemungkinan pun akan bertambah besar. Biasanya jerawat ini berwarna merah.

Berbeda dengan komedo, jerawat ini di akibatkan bukan hanya karena pori-pori yang tersumbat, melainkan juga dapat di akibatkan dikarenakan infeksi oleh bakteri. Jenis jerawat ini pun juga terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu:

  • Papule. Jerawat yang sedang, berwarna merah dan masih berukuran kecil.
  • Pustule. Jerawat ini biasanya berwarna merah di pinggir dan putih di tengah-tengah.
  • Nodule. Ini sudah termasuk jerawat besar. Ukurannya juga lebih besar dari Pustule namun dapat menimbulkan rasa sakit jika disentuh.
  • Cyst. Ini adalah bentuk jerawat yang paling parah di antara jerawat-jerawat lainnya. Ukurannya sangat besar sehingga dapat dilihat bagaikan sesuatu yang membengkang. Jerawat ini pun juga biasanya dapat menyebar ke seluruh permukaan kulit wajah.

3. Milia

Milia ini merupakan bitnik-bintik putih yang nyaris menyerupai whitehead tetapi memiliki ukuran yang jauh lebih kecil sehingga baru dapat dirasakan jika diraba. Ini jenis jerawat yang dapat dialami oleh bayi yang baru lahir, anak-anak, maupun orang dewasa sekalipun.

4. Acne Rosacea

Nah barulah ini adalah jenis jerawat yang paling parah dan paling sulit untuk disembuhkan. Memiliki bentuk yang sangat mengerikan karena biasanya menyebar keseluruh permukaan wajah dan tubuh. Penyakit ini merupakan gabungan antara jerawat dan rosacea.

**

Ini adalah jenis-jenis jerawat yang dapat terjadi atau di alami oleh kita jika kita tidak merawat kecantikan wajah secara teratur. Apakah kalian pernah mengalami salah satu dari keempat jenis jerawat ini? Untuk mencegah timbulnya jerawat, kita harus secara teratur menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Baik itu dari dalam maupun dari luar.

Gak mau kan kalau penampilan kita menjadi terganggu dikarenakan timbulnya jerawat di wajah?

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *