8 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Mata adalah salah satu indera utama. Tidak banyak yang bisa anda lakukan jika indera penglihatan anda terganggu. Ragam penyakit bisa menjangkiti, oleh karena itu rawatlah mata anda dengan baik. Dari uraian National Eye Institute, salah satu badan dari departemen kesehatan Amerika Serikat, berikut beberapa langkah yang bisa kita ikuti untuk menjaga kesehatan mata :

Pemeriksaan Pembesaran Mata (dilated eye exam)

Banyak orang merasa matanya baik-baik saja dan tidak ada gangguan pada daya lihatnya. Rutin periksa ke dokter mata sangat disarankan, karena terkadang anda tidak sadari sebenarnya anda sudah membutuhkan kacamata dan dengan kacamata daya pandang anda jauh lebih baik. Lakukanlah pemeriksaan pembesaran mata karena banyak penyakit yang bisa dideteksi melalui pemeriksaan tersebut, salah satunya glaukoma.

Mengetahui Riwayat Kesehatan Mata dalam Keluarga

Tidak ada salahnya memeriksa kembali riwayat kesehatan mata keluarga anda karena sebagian penyakit pada mata berupa penyakit turunan. Lebih cepat anda ketahui, lebih cepat upaya pencegahan bisa dilakukan

Asupan makanan yang bermanfaat untuk kesehatan mata

Kesehatan mata dapat didukung dengan makanan yang anda konsumsi sehari-hari. Makanlah buah dan sayuran yang mendukung kesehatan mata. Wortel sudah pasti ada pada urutan pertama dalam hal ini, selain wortel anda juga disarankan konsumsi sayuran hijau seperti bayam dan kubis. Selain itu, berdasarkan penelitian konsumsi ikan yang merupakan sumber omega-3 seperti salmon dan tuna sangat baik untuk mata.

Perhatikan berat badan anda

Obesitas menjadi salah satu pemicu berkurangnya daya pandang dan penyakit seperti glaukoma. Jika anda ada dalam kategori obesitas, amat disarankan untuk menjalani program penurunan berat badan yang sesuai dengan anda. Untuk mengetahui program yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan anda konsultasilah ke dokter atau ahli gizi, karena bagi masing-masing orang akan berbeda kebutuhannya.

No smoking!

Kebiasaan merokok amat buruk bagi kesehatan anda secara keseluruhan termasuk kesehatan mata. Ini bukan sembarang bicara saja, penelitian ilmiah telah menguji kebenarannya.

Penelitian yang dilakukan oleh Age-Related Eye Disease Study Research Group (2001) dan U.S. Department of Health and Human Services (2004) telah menguraikan bahwa merokok dapat menyebabkan degenerasi makula terkait usia (gangguan pada area retina), katarak dan kerusakan saraf mata. Ketiga hal tersebut dapat menggiring anda pada kebutaan.

Gunakan kacamata (sunglasses)

Ketika anda diharuskan beraktivitas langsung di bawah sinar matahari, gunakanlah sunglasses. Bisa anda sesuaikan dengan penampilan, sehingga akan tetap terlihat trendy namun sehat. Sunglasses dapat melindungi mata anda dari paparan radiasi matahari secara langsung.

JIka anda berniat membelinya, disarankan beli yang bisa melindungi mata dari dua radiasi sinar matahari yaitu UV-A dan UV-B. Mungkin mengharuskan anda mengeluarkan uang lebih banyak, namun demi sehat hal itu tak mengapa.

Istirahatkan mata

Bagi anda yang menghabiskan banyak waktu di depan komputer. Terapkanlah 20-20-20 rule yaitu :setiap 20 menit menolehlah pada area 20 feet (1 feet = 0,3048 meter) di depan anda selama 20 menit. Langkah ini bisa mengurangi rasa lelah pada mata.

Gunakan contact lens (lensa kontak) secara tepat

Bagi pengguna lensa kontak, cucilah tangan anda dengan bersih sebelum menggunakannya dan simpanlah lensa kontak pada tempat yang dianjurkan dan gunakan cairan khusus lensa kontak untuk keperluan sehari-hari.

Semoga Bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *