5 Tanaman Obat untuk Asam Urat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Pada saat ini, obat untuk menyembuhkan asam urat itu memang sudah banyak di jual di pasaran. Bahkan jika anda ke dokter, anda pasti akan mendapatkan resep untuk menyembuhkannya. Namun harus anda ketahui bahwa mengkonsumsi obat terlalu berlebihan akan dapat menimbulkan dampak negatif bagi tubuh anda. Jadi tidak ada salahnya kan jika sekali-sekali mencoba pengobatan tradisional.

Pengobatan tradisional bukan hanya lebih aman bagi tubuh anda, namun juga biayanya yang tidak semahal membeli obat di dokter atau di toko-toko obat lainnya.

Di bawah ini telah saya lampirkan beberapa informasi mengenai tanaman obat yang ampuh dalam menyembuhkan penyakit asam urat. Semoga bermanfaat.

1. Kumis Kucing

Tanaman yang satu ini sudah cukup dikenal sebagai tanaman obat yang sangat ampuh dalam menyembuhkan penyakit. Salah satu kandungan yang terdapat di dalam tanaman ini yaitu Garam Kalium yang dapat bermanfaat dalam menghancurkan batu saluran kencing. Namun selain itu, sifat deuretik yang terdapat di dalam tanaman ini juga dikenal sebagai obat mujarab dalam membuang kelebihan asam urat melalui urine.

2. Daun Salam

Bagi ibu-ibu rumah tangga yang senang memasak, pasti sudah tidak asing lagi dengan daun salam yang biasanya sering digunakan sebagai bumbu masakan di dapur. Namun tahukah anda, ternyata salah satu tanaman yang paling sering anda temukan di kulkas anda ternyata juga dapat bermanfaat sebagai obat penyakit asam urat. Daun salam ini menyimpan senyawa minyak atsiri, flavonoid dan tannin yang tentunya sangat ampuh dalam menyembuhkan asam urat dan kolesterol.

3. Sambiloto

Tanaman ini berasa dari India yang dalam bahasa Indonesia lebih di kenal dengan sebutan kayu mas. Tanaman ini juga memiliki kandungan yang sama dengan daun salam, yaitu flavonoid beserta kandungan-kandungan lainnya seperti alkane, aldehid, keton, dan juga beberapa kandungan mineral yang dapat dimanfaatkan sebagai obat ampuh dalam menyembuhkan asam urat.

4. Meniran

Sebenarnya tanaman ini dipercaya sebagai tanaman yang dapat menambah daya tahan tubuh anda. Namun, karakteri deureti yang terkandung di dalamnya juga dapat digunakan sebagai obat penyakit asam urat.

5. Tanaman anting-anting

Tanaman ini biasanya lebih dikenala dengan sebutan Akar Kucingan atau juga Rumput Kokosan. Tanaman ini memiliki beberapa manfaat seperti anti radang, pembersih hati, penambah nafsu makan, dan masih banyak lagi. Namun sama halnya dengan tanaman Meniran, Tanaman anting-anting juga memiliki karakter deuretik yang dapat dimanfaatkan untuk obat dalam melakukan penyembuhan asam urat.

Ini adalah beberapa tanaman obat yang dapat anda gunakan sebagai bahan untuk menyembuhkan asam urat. Menggunakan obat-obatan tradisional memang cara yang paling aman dan ampuh dalam menyembuhkan beberapa penyakit.

**

Selain informasi di atas, kami akan memberikan beberapa tips kesehatan bagi penderita asam urat yang mungkin dapat mengurangi kadar asam urat di tubuh anda.

  • Memperbanyak konsumsi makanan yang memiliki kandungan potassium yang tinggi seperti yogurt, kentang dan pisang
  • Memperbanyak pula mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin c tinggi, seperti jeruk, papaya dan strawberry
  • Kurangi mengkonsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa atau makanan yang mengandung gula atau rasa manis seperti permen dan gulali
  • Dan yang terakhir, seimbangkan asupan energy dengan kebutuhan tubuh, tingga berserta berat badan.

Semoga informasi-informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda, dan selamat mencoba.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *