4 Cara Mengurangi Pemakaian Make Up

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Sebagian besar wanita apalagi yang berprofesi sebagai artis atau model selalu membalut wajahnya dengan make up tanpa jeda meski hanya sehari saja. Hal ini disebabkan karena make up mampu membuat seseorang tampil cantik dan mempesona.

Meskipun make up sangat banyak manfaatnya dalam menunjang kecantikan wanita, namun ada sisi negatif yang ditimbulkan jika menggunakan make up secara terus-menerus. Secara tidak sadar, penggunaan riasan atau make up secara berlebih dan tanpa ada jeda bisa memicu terjadinya penuaan kulit wajah.

Jika produk make up yang digunakan tidak begitu berkualitas atau mengandung bahan kimia, maka dalam jangka panjang ia tidak hanya bisa mempercepat penuaan, namun juga menimbulkan masalah kulit lain seperti iritasi, alergi, pori-pori membesar, jerawat, kusam, munculnya garis-garis, komedo, kulit wajah berminyak, dan banyak masalah lainnya. Hal ini disebabkan karena residu make up yang mengendap pada wajah dan bisa juga karena bahan-bahan kimia dalam make up yang meresap kedalam kulit wajah.

Bagi kamu yang selama ini terlalu sering menggunakan make up tanpa jeda, maka ada baiknya kamu mulai mengurangi pemakaian make up agar segala resiko tersebut tidak kamu dapatkan dikemudian hari. Bagi sebagian wanita ini tergolong sangat menyulitkan, tapi tenang saja, cara mengurangi make up ini tidak akan begitu.

Penasaran? Yuk intip bagaimana cara mengurangi pemakaian make up ini.

Hari bebas Make up

Kamu bisa membuat jadwal hari tanpa make up apakah satu atau dua kali dalam seminggu. Hal inilah yang banyak dilakukan oleh wanita di Inggris dan Eropa. Cara ini akan membuat kulit melakukan perbaikan sel-sel yang rusak. Selain itu, membersihkan make up dirasa masih meninggalkan residu dalam pori-pori, nah jika dalam satu hari tersebut kamu tidak menggunakan make up, maka residu yang masih menempel tersebut akan hilang.

Bersihkan Wajah Sebelum Tidur

Penggunaan make up sebaiknya tidak diteruskan hingga tidur. Pasalnya, saat tidur kulit melakukan pergantian sel kulit mati. Jika kamu tetap memakai make up pada saat tidur, maka proses regenerasi kulit akan terganggu. Karena itulah, ada baiknya kamu membersihkan wajah dari make up sebelum tidur.

Bersihkan dengan pembersih hingga residu make up benar-benar hilang. Karena, sisa residu make up yang menumpuk itulah yang pada akhirnya menimbulkan banyak masalah pada kulit wajah.

Manfaatkan Waktu di Rumah

Saya rasa aktivitas dirumah seperti mencuci baju, memasak, ataupun mengasuh anak tidak perlu menggunakan make up. Untuk itu, setelah pulang kerja, maka segeralah membersihkan wajah dari make up dan jangan biarkan make up terus menempel di wajah hingga malam hari. Selain itu, Anda tentu juga bisa memanfaatkan sebagian besar hari minggu untuk program diet make up.

Cobalah menghentikan penggunaan make up pada hari libur agar kulit wajah bisa bernapas dengan sempurna tanpa dihambat riasan tebal. Hal ini memberikan kesempatan bagi kulit untuk melakukan regenerasi sel kulit sehingga membuat wajah terlihat lebih muda. Tampil tanpa riasan pada hari libur juga akan membuat Anda terlihat lebih segar dan cantik alami.

Minimalkan Penggunaan Make Up

Jika kamu belum percaya diri tampil tanpa make up meskipun hanya di rumah dan pada hari libur, maka cobalah untuk meminimalkan penggunaan make up. Maksudnya yaitu tidak terlalu tebal menggunakannya.

Make up yang terlalu tebal membuat kulit wajah sulit untuk bernapas dan pori-porinyapun terhambat oleh residu riasan sehingga ujung-ujungnya bisa menimbulkan jerawat, pori-pori membesar, atau kulit berminyak. Make up natural dan tipis saya rasa juga cocok Anda gunakan untuk bekerja.

***

Nah, bagaimana ladies? Program pengurangan pemakaian make up ini tidak begitu menyiksa bukan? Jika kamu bisa melakukan beberapa poin tersebut, maka kamu tidak perlu lagi khawatir dengan masalah kulit yang ditimbulkan make up. Kamu masih bisa tampil sempurna dengan riasan make up di tempat kerja tanpa menimbulkan masalah pada kulit wajah dalam jangka panjang.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *