5 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Beragam khasiat terdapat dalam buah yang satu ini.  Selain lezat untuk dikonsumsi langsung, ternyata alpukat memiliki segudang manfaat untuk kesehatan anda. Dikutip dari Hass Avocado, sebuah institusi yang mengkhususkan diri pada segala manfaat alpukat, berikut uraian beberapa manfaat alpukat untuk kesehatan anda :

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Alpukat memang mengandung lemak yang tinggi yang termasuk dalam kategori unsaturated fats. Jenis lemak ini tidak perlu anda hindarkan karena tergolong dalam lemak baik yang justru dapat membantu membuang kolesterol jahat di pembuluh darah. Jangan khawatir menjadi gemuk karena alpukat!

Semua program diet dan penurunan berat badan selalu disertai dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Oleh karena itu, alpukat adalah teman sejati anda.

2. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, jangan lupa untuk masukkan alpukat ke dalam daftar makanan yang  akan anda konsumsi.

Konsumsi alpukat menunjukkan perubahan lebih nyata pada berat badan dan indeks BMI dibandingkan dengan program diet tanpa melibatkan alpukat di dalamnya. Singkatnya, alpukat adalah makanan wajib bagi orang yang diet/menurunkan berat badan.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan potasium dalam alpukat membantu mengontrol tekanan darah.  Tidak hanya itu, potasium juga berperan dalam menguragi resiko batu ginjal dan mencegah tulang keropos.

4. Kandungan Phytosterols (fitosterol)

Buah yang paling banyak mengandung fitosterol, zat (yang berasal dari tumbuhan) yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dengan cara mencegah penyerapan kolesterol jahat tersebut. Dalam satu kali penyajian alpukat (30g) terdapat 26 mg fitosterol di dalamnya.

Zat ini pulalah yang mendukung sistem kekebalan tubuh berlangsung dengan baik terutama dalam melindungi tubuh dari infeksi. Sebagai bagian dari lemak baik, fitosterol turut berperan menurunkan resiko penyakit jantung. Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, alpukat memang mengandung lemak yang tinggi tepatnya lemak baik.

5. Melawan kanker

Penelitian berjudul Chemopreventive characterisitics of avocado fruit (2007) menunjukkan bahwa kandungan phytochemicals dalam alpukat mampu membantu untuk melawan beberapa jenis kanker. Kandungan dalam alpukat mampu menonaktifkan dan menurunkan jumlah sel kanker dalam tubuh. Kombinasi dari phytochemicals tersebut bahkan bisa dimanfaatkan untuk mencegah kanker.

**

Cara penyajiannya bisa anda sesuaikan dengan selera. Boleh mengikuti gaya western seperti pancake, salad dan lainnya, atau cara tradisional seperti yang selama ini familiar di masyarakat Indonesia yaitu dengan cara dilumatkan.

Nah, kabar gembira bagi anda karena Hass Avocado (avocadocentral.com) menguraikan data yang sangat lengkap tentang alpukat termasuk berbagai macam menu dan pengolahan alpukat, termasuk menu diet dengan alpukat, yang resepnya bisa anda dapatkan dengan mudah dan gratis.

Selain segudang manfaat yang dimilikinya, anda tetap perlu berhati-hati dalam kaitannya dengan alergi. Walaupun jumlahnya sangat sedikit, namun tetap ditemukan beberapa orang yang alergi terhadap buah ini. Alergi tersebut di antaranya ditandai dengan batuk dan gangguan pernafasan. Ada baiknya anda periksa riwayat alergi terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *