Penyebab Jerawat Nasi dan Cara Mengatasinya

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Mungkin istilah jerawat nasi ini masih cukup asing di telinga anda. Pada dasarnya, jerawat nasi dapat juga dikatakan sebagai komedo. Jerawat ini terbentuk dikarenakan terkumpulnya sel kulit mati, bakteri dan minyak yang mengendap di bawah permukaan pori-pori kulit yang nantinya akan membentuk seperti sebuah benjolan. Dan apabila anda memencetnya dengan kedua jari, maka jerawat ini akan mengeluarkan suatu cairan berwarna putih bagaikan butiran nasi.

Penyebab Jerawat Nasi

Jerawat nasi dapat di sebabkan oleh 3 faktor, yaitu:

  • Hormon

Pada umumnya jerawat ini dapat tumbuh dikarenakan ketidakstabilan hormon sehingga dapat mempengaruhi kulit untuk memproduksi minyak yang berlebih. Akibatnya, minyak menutupi pori-pori kulit. Biasanya ketidakstabilan hormon ini dapat dialami oleh remaja yang sedang mengalami proses pubertas, menstruasi, kehamilan atau menopause.

  • Kulit Berminyak

Berhati-hatilah bagi yang memiliki kulit berminyak. Baru saja dijabarkan melalui penjelasan di atas bahwa jerawat nasi dapat muncul dikarenakan minyak yang menutupi pori-pori kulit. Jadi tentu saja bagi para pemilik kulit yang berminyak akan rentan untuk mengalami jerawat nasi ini. Sering-seringlah bersihkan minyak di wajah agar jangan sampai minyak tersebut menutupi pori-pori.

  • Wanita

Ternyata wanita lebih rentan untuk mengalami jerawat nasi ini. Karena memang wanitalah yang mengalami perubahan hormon paling signifikan dibandingkan laki-laki.

Cara Menghilangkan Jerawat Nasi

  • Masker dengan Tomat

Faktanya, tomat mengandung begitu banyak Vitamin C yang sangat bagus untuk kulit. Selain tomat ini dapat kalian temukan sendiri di dapur rumah, cara membuat maskernya pun tidak terlalu sulit dan dapat dipraktekkan secara langsung. Anda hanya perlu meletakkan irisan tomat pada permukaan wajah dan diamkan hingga 5 menit. Kemudian bilaslah dengan wajah hingga bersih. Cukup mudah kan?

  • Uapkan wajah dengan air panas

Uap dari air yang baru saja mendidih dapat membuka kembali pori-pori yang tertutup sehingga mulai dari bakteri serta sel kulit mati yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat akan terlepas dengan sendirinya. Caranya:

  1. Tuang air panas yang baru saja mendidih ke dalam baskom
  2. Dekatkan wajah mendekati air panas yang baru saja di tuang tadi
  3. Tutup kepala anda dengan handuk dan peganglah handuk itu agar wajah anda akan tetap hangat.
  4. Biarkan uap air panas itu mengenai wajah anda hingga wajah anda basah dikarenakan keringat
  5. Diamkan selama 5 menit
  6. Bersihkan wajah anda dengan air bersih sehingga pori-pori dapat tertutup kembali.
  • Perbanyak Minum Air putih

Biasakan meminum air putih 8-10 gelas per harinya. Telah terbukti bahwa memperbanyak minum air putih dapat membantu untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Air putih dapat mengurangi racun di dalam tumbuh sehingga jerawat pun akan enggan untuk kembali muncul.

Tips Mencegah Jerawat Nasi

  • Bersihkan wajah secara rutin
  • Hindari memencet atau memegang jerawat dengan tangan kotor
  • Konsumsi makanan-makanan sehat
  • Konsumsi sayur-sayuran atau buah-buahan yang mengandung vitamin C dan E

Semoga uraian di atas mengenai cara mengatasi jerawat nasi akan berguna bagi anda. Namun jika jerawat tersebut masih belum menghilang atau masih membandel, silahkan konsultasi kepada dokter kulit professional.

Loading...

2 Komentar Pembaca untuk “Penyebab Jerawat Nasi dan Cara Mengatasinya

  1. dok sebelumnya wajah saya ngg pernah jerawat nasi yg begitu banyak paling jerawatn kalo mau menstruasi aja.apa mungkin gara” facial wash yang mengandung scrub itu ya jdinya pori” saya jadi membesar dan rentan terkena jerawat dan bruntusan

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *