Penyebab Gatal Di Muka

kulit muka wanita gatalRasa gatal pada bagian muka adalah gejala yang umum terjadi pada setiap orang. Rasa gatal tersebut bisa saja terjadi dalam waktu-waktu tertentu.

Dalam banyak kasus, rasa gatal tersebut bisa sangat ringan sehingga dapat segera dihilangkan hanya dengan menggosok atau menggaruknya sebentar. Sebagaimana diketahui, wajah adalah bagian tubuh yang paling sering terekspos benda-benda asing seperti debu, kotoran, mikroba, angin, panas, dingin dan banyak hal lainnya yang dapat memebuat kulit wajah kita iritasi.

Beberapa kulit wajah bahkan sangat sensitif hingga mudah sekali timbul rasa gatal. Pada banyak kasus, rasa gatal tersebut sebenarnya tidak terlalu berhaya dan untuk menyembuhkannya tidak memerlukan perawatan yang spesifik. Tetapi bila rasa gatal tersebut mengakibatkan iritasi yang berlebihan, maka harus segera ditindak lanjuti secara cepat.

Penyebab Munculnya Rasa Gatal Di Muka

Beberapa penyebab munculnya rasa gatal di muka adalah:

Keadaan Psikis

Rasa gatal di bagian wajah sering kali timbul jetika kita merasa gugup. Rasa gatal yang ditimbulkan hanyalah sebagai bentuk dari mekanisme pertahanan psikologi kita untuk memendam kegugupan yang kita alami. Bila hal tersebut terjadi, anda dapat mengkonsultasikannya ke seorang psikolog atau meminum obat anti depresi.

READ:  5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Wajah yang Jarang Dicuci

Debu, tanahdan mikroba adalah hal-hal yang pasti ada di wajah kita setiap harinya sebagai akibat dari kita yang tidak pernah menutupnya. Jika benda-benda berbahaya tersebut tidak disingkirkan, maka lama-kelamaan akan menyebabkan iritasi pada wajah dan rasa gatal yang teramat hebat.

Pada laki-laki, rasa gatal yang ditimbulkan lebih dikarenakan jenggot atau kumis  yang menyimpan benda-benda tersebut secara tidak sengaja. Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan sering-sering mencuci muka anda.

Kulit yang Kering

Kulit kering adalah salah satu penyebab utama rasa gatal pada wajah anda. Rasa gatal yang disebabkan kulit kering ini dapat timbul kapan saja tetapi paling sering adalah ketika musim dingin. Selain itu, berlama-lama di tempat tertutup yang menggunakan AC, seperti di kantor, dapat membuat kulit kita menjadi cepat kering pula.

Untuk menanggulanginya, anda perlu mengoleskan pelembab pada bagian kulit yang kering atau menghindari produk beralkohol yang dapat mengakibatkan kulit anda menjadi kering.

Alergi

Alergi atau kulit yang terlalu sensitif dapat menyebabkan rasa gatal dengan tingkatan yang sama walaupun wajah orang tersebut tidak kering ataupun tidak kotor. Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan menuju ke dokter spesialis dan meminta obat anti alergi yang sesuai. BIla rasa gatal tersebut sudah berkurang, anda juga perlu menjauh dari penyebab alergi itu.

READ:  7 Manfaat Lemon untuk Kesehatan Kulit

Infeksi

Infeksi pada kulit sering kali terjadi dikarenakan hamparan mikroba yang dapat menyebabkan rasa gatal yang menular ke daerah lain dari sekitar wajah anda. Bila rasa gatal tersebut diakibatkan oleh infeksi, anda jangan menggaruknya karena hal tersebut akan membuat kulit anda menjadi semakin iritasi serta menyebarkan infeksi itu sendiri.

Gigitan Serangga

Rasa gatal pada bagian wajah dapat disebabkan gigitan serangga terutama nyamuk karena wajah adalah bagian yang paling mudah diserang oleh nyamuk ataupun serangga terbang lainnya.

Melanoma
Melanoma adalah tumor kulit yang sangat berbahaya yang memiliki warna hitam di bagian wajah anda. Tumor ini dapat secara cepat berkembang dari ukuran milimeter ke centimeter hanya dalam waktu hitungan minggu. Tumor ini seringkali muncul pada daerah wajah, kelopak mata, kuping, bibir atau pada kulit kepala. Satu-satunya cara untuk menyembuhkannya adalah dengan jalan operasi pengangkatan tumor.

Anda juga bisa membaca artikel lain kami tentang 4 cara sederhana untuk mengatasi serangan rasa gatal di wajah. Selamat membaca.

READ:  Hubungan Darah dan Jantung

Salam sehat!

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

19 Komentar Pembaca untuk “Penyebab Gatal Di Muka

    1. Dlu muka ku bersih, setiap ktemu kerabat lama pasti tanya nya, adduhh cinn kamu pakai bedak apa sih wajahmu puber sekali,, alias putih bersih,, malah gak puas akunya..
      Tp, stelah kenal produk kcntikan dri teman yg di pasaran coba”ikutan beli,, hasil pemakaiannya sih waahh cantiik sekalii putiihh dan terasaa PD keluar rmh tanpa mike up,,
      Wktu it tiba”ku ku mq d operasii singkat crita d rmh skitkan akunya tdk rutin pakai bedak ituu,,
      Skrg malah tumbuh jerawaat super duper banyak
      Yg parahnya lg dia membekas,,
      Jd rinduu pujian kerabat,, rasanyaa akuh tidak usah deh pakai bedak abal abal itu,, biarlah gak putih asalkan bersih…
      Akhir akhir in wajah ku sering gatal..

      View Comment
  1. Doter kulit muka sy knp ya tiba2 terasa galat banget,padahal sy tdk memakai kosmetik.yg sy pakai hanya bedak bayi saja dri dulu.tiba2 skrng terasa gatal.tpi tdk ada bintik2 atau apapun
    Mohon sy diberikan solusinya
    Trima kasih.

    View Comment
  2. Dok kulit wajah saya timbul bintik2 ,, gjalanya d alami stelah saya nyoba make up pnya ibu saya ,, setelah saya pake make yg suka saya pake lgg ,, jd malah ga cocok ,, bintik2 telur nya ga ilang ,, gmna tuh..

    View Comment
  3. gk tahu akibat apa kulitku mengalami gatal yg hebat.
    gatalnya sampai keleher,disebut kotor wajahku tidak kotor ataupun dr kecantikan jg bukan penggunaan satu hari
    atau allergy aku gk Punya penyakit itu.
    terus efek dr apa gk ngerti .
    apa bisa dr iklim yg sedang bergganti?

    View Comment
  4. Saya mengalami gatal2 pada kulit wajah dan kepala. Sy udah mencoba berbagai obat dan atibiotik,tetapi masih saja gatal dan semakin gatal. Bahkan sy sudah coba tips tradisional dari teman sy,seperti menggunakan daun jambu biji,daun sirih,pepaya dll. Tetapi gatalnya tak kunjung sembuh.

    View Comment
  5. thanks artikelnya sangat bagus dan menbantu,,
    tp gatal pada wajah saya di karenakan pada saat panas sungguh rasa gatal itu sangat menggangu,, penah saya menggaruknya hingga bercak hitam dan itu membuat wajah saya agak kusam. dan bercak hitam,, trimakasih dan solusinya

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *