Cream Pemutih Wajah Yashodara

Penyebab Gatal Di Muka

kulit muka wanita gatalRasa gatal pada bagian muka adalah gejala yang umum terjadi pada setiap orang. Rasa gatal tersebut bisa saja terjadi dalam waktu-waktu tertentu.

Dalam banyak kasus, rasa gatal tersebut bisa sangat ringan sehingga dapat segera dihilangkan hanya dengan menggosok atau menggaruknya sebentar. Sebagaimana diketahui, wajah adalah bagian tubuh yang paling sering terekspos benda-benda asing seperti debu, kotoran, mikroba, angin, panas, dingin dan banyak hal lainnya yang dapat memebuat kulit wajah kita iritasi.

Beberapa kulit wajah bahkan sangat sensitif hingga mudah sekali timbul rasa gatal. Pada banyak kasus, rasa gatal tersebut sebenarnya tidak terlalu berhaya dan untuk menyembuhkannya tidak memerlukan perawatan yang spesifik. Tetapi bila rasa gatal tersebut mengakibatkan iritasi yang berlebihan, maka harus segera ditindak lanjuti secara cepat.

Penyebab Munculnya Rasa Gatal Di Muka

Beberapa penyebab munculnya rasa gatal di muka adalah:

Keadaan Psikis

Rasa gatal di bagian wajah sering kali timbul jetika kita merasa gugup. Rasa gatal yang ditimbulkan hanyalah sebagai bentuk dari mekanisme pertahanan psikologi kita untuk memendam kegugupan yang kita alami. Bila hal tersebut terjadi, anda dapat mengkonsultasikannya ke seorang psikolog atau meminum obat anti depresi.

Wajah yang Jarang Dicuci

Debu, tanahdan mikroba adalah hal-hal yang pasti ada di wajah kita setiap harinya sebagai akibat dari kita yang tidak pernah menutupnya. Jika benda-benda berbahaya tersebut tidak disingkirkan, maka lama-kelamaan akan menyebabkan iritasi pada wajah dan rasa gatal yang teramat hebat.

Pada laki-laki, rasa gatal yang ditimbulkan lebih dikarenakan jenggot atau kumis  yang menyimpan benda-benda tersebut secara tidak sengaja. Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan sering-sering mencuci muka anda.

Kulit yang Kering

Kulit kering adalah salah satu penyebab utama rasa gatal pada wajah anda. Rasa gatal yang disebabkan kulit kering ini dapat timbul kapan saja tetapi paling sering adalah ketika musim dingin. Selain itu, berlama-lama di tempat tertutup yang menggunakan AC, seperti di kantor, dapat membuat kulit kita menjadi cepat kering pula.

Untuk menanggulanginya, anda perlu mengoleskan pelembab pada bagian kulit yang kering atau menghindari produk beralkohol yang dapat mengakibatkan kulit anda menjadi kering.

Alergi

Alergi atau kulit yang terlalu sensitif dapat menyebabkan rasa gatal dengan tingkatan yang sama walaupun wajah orang tersebut tidak kering ataupun tidak kotor. Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan menuju ke dokter spesialis dan meminta obat anti alergi yang sesuai. BIla rasa gatal tersebut sudah berkurang, anda juga perlu menjauh dari penyebab alergi itu.

Infeksi

Infeksi pada kulit sering kali terjadi dikarenakan hamparan mikroba yang dapat menyebabkan rasa gatal yang menular ke daerah lain dari sekitar wajah anda. Bila rasa gatal tersebut diakibatkan oleh infeksi, anda jangan menggaruknya karena hal tersebut akan membuat kulit anda menjadi semakin iritasi serta menyebarkan infeksi itu sendiri.

Gigitan Serangga

Rasa gatal pada bagian wajah dapat disebabkan gigitan serangga terutama nyamuk karena wajah adalah bagian yang paling mudah diserang oleh nyamuk ataupun serangga terbang lainnya.

Melanoma
Melanoma adalah tumor kulit yang sangat berbahaya yang memiliki warna hitam di bagian wajah anda. Tumor ini dapat secara cepat berkembang dari ukuran milimeter ke centimeter hanya dalam waktu hitungan minggu. Tumor ini seringkali muncul pada daerah wajah, kelopak mata, kuping, bibir atau pada kulit kepala. Satu-satunya cara untuk menyembuhkannya adalah dengan jalan operasi pengangkatan tumor.

Anda juga bisa membaca artikel lain kami tentang 4 cara sederhana untuk mengatasi serangan rasa gatal di wajah. Selamat membaca.

Salam sehat!





  • http://profdocab.com/ Diana

    saya mengalami iritasi di dekat mata, apa mungkin gara2 berenang di air yang mengandung garam?

  • Siti Kurmala

    terima kasih artikelnya sangat bermanfaat

  • http://www.facebook.com/astreilla.sanjaya.12 Astreilla Sanjaya

    thanks artikelnya sangat bagus dan menbantu,,
    tp gatal pada wajah saya di karenakan pada saat panas sungguh rasa gatal itu sangat menggangu,, penah saya menggaruknya hingga bercak hitam dan itu membuat wajah saya agak kusam. dan bercak hitam,, trimakasih dan solusinya