Tips Memilih Bedak Sesuai Jenis Kulit

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Tiada hari tanpa dandan. Itulah motto yang dapat di \gambarkan untuk wanita. Bahkan ada lho sebagian dari kita yang malah tidak PD untuk keluar rumah kalau tidak dandan. Nah, jangan salah, hobi dandan itu boleh, tetapi jangan lupa juga untuk rajin merawat dan membersihkan kulit agar tidak timbul jerawat.

Bedak adalah base paling utama dalam berdandan. Dimana-mana pasti bedak duluan yang digunakan jika kita berdandan. Benar kan? Tetapi apa kalian tahu ternyata tipe bedak itu berbeda-beda.

Ada beberapa bedak yang memang dibuat untuk disesuaikan dengan jenis kulit kita. Dan jika bedak gak cocok, wuih jerawat langsung meradang di mana-mana. Maka dari itu kita juga harus berhati-hati dalam memilih bedak. Karena tidak semua jenis bedak cocok dengan jenis kulit kita.

Jangan pernah memilih bedak dengan hanya mencocokan pada warna kulit saja, tetapi cocokan pula pada jenis kulit yang kalian miliki. Berikut adalah tips memilih bedak sesuai jenis kulit.

Test jenis kulit terlebih dahulu

Untuk mengetahui secara pasti jenis kulit apa yang kita miliki, maka lakukanlah tes di dokter kecantikan. Apakah kamu memiliki jenis kulit kering, normal, berminyak, sensitif, atau kombinasi. Karena dengan test inilah kita lebih mendapatkan kemudahan dalam memilih bedak yang cocok untuk jenis kulit wajah.

Jenis bedak

Tentu jenis bedak yang dijual di pasaran itu sangat beraneka ragam dan bervariasi. Hal ini sering membuat kita merasa bingung. Sebenarnya bedak apa sih yang cocok? Nah, bedak itu sebanarnya terdiri dari beberapa kategori, yaitu bedak mousse atau crème, padat atau compact serta tabur atau loose powder.

Tips Memilih Bedak sesuai Jenis Kulit

  • Kulit Berminyak

Untuk kulit berminyak, sebaiknya gunakanlah bedak dengan jenis tabur atau loose powder. Karena bedak dengan tipe ini akan dapat menyerap minyak berlebih pada kulit wajah.

Cara penggunaanya pun juga tidak terlalu sulit layaknya denga menggunakan bedak-bedak lainnya, yaitu dengan cara menggunakan spons lembut. Di setiap kemasan bedak pasti selalu tersedia spons yang dapat membantu kita untuk mengaplikasikan bedak di wajah.

Untuk kulit berminyak hindarilah menggunakan bedak crème atau compact karena jenis bedak ini sendiri terbuat dari bahan dasar minyak atau oil base yang nantinya malah akan membuat kulit kalian menjadi terlihat semakin berminyak.

  • Kulit kering

Untuk tipe kulit kering, bedak yang cocok malah justru bedak yang menggunakan bahan dasar minyak atau oil base. Menurut beberapa sumber, bedak dengan bahan dasar minyak dapat menjaga dan mempertahankan kelembapan alami kulit kering, sehingga kulit wajah tidak akan mudah pecah-pecah dan kusam serta keriput. Gunakanlah jenis beda mousse atau crème agar dapat memberikan ekstra kelembapan kulit wajah.

  • Kulit normal

Kulit normal adalah kulit yang paling mudah untuk mencocokan segalanya. Kalian dapat memilih bedak dalam bentuk apapun yang kalian sukai. Hanya saja yang perlu diperhatikan yaitu untuk penggunaan bedak tabur atau loose powder hanya dilakukan untuk finishing tata riasa saja setelah penggunaan foundation.

  • Kulit kombinasi

Untuk jenis kulit kombinasi memilih jenis bedak compat dapat kamu pertimbangkan. Hanya saja cara penggunaannya sesuaikanlah dengan area wajah. Jangan menggunakan bedak yang terlalu tebal pada area hidung dan kening, sedangkan untuk area pipi dan dagu, kamu bisa mentaburkannya sedikit tebal. Hal ini bertujuan agar pemakaian bedak dapat terlihat lebih merata.

Loading...

2 Komentar Pembaca untuk “Tips Memilih Bedak Sesuai Jenis Kulit

  1. Saya sudah memilih bedak tabur yang sangat cocok untuk muka saya yang berminyak, tetapi jika saya memakainya di area dekat hidung dan pipi saya sangat banyak muncul komedo. Apakah bedak yang paling pas untuk muka yang berminyak dan berkomedo?. Terimakasih

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *