3 Pantangan Pasca Veneer Gigi

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Veneer gigi merupakan salah satu teknik untuk mempercantik dan memperindah gigi. Veneer bisa memutihkan gigi, memperbaiki cacat atau rusaknya email gigi, mengatasi karies agar gigi tidak mudah pecah, serta membentuk gigi baru dan memperbaiki bentuk dan susunan gigi yang kurang bagus.

Hanya saja, mereka yang ingin melakukan veneer tapi memiliki bentuk dan susunan gigi yang sangat berantakan atau tidak rapi akan kesulitan melakukan veneer. Sehingga, mereka biasanya dianjurkan untuk memakai behel atau kawat gigi terlebih dahulu. Jika gigi mereka sudah lumayan rapi, maka veneer pun semakin mudah dilakukan.

Selain itu, veneer juga bisa membuat tampilan seseorang menjadi lebih muda dan tirus. Hal ini disebabkan karena ada beberapa teknik veneer yang membentuk gigi kelinci atau gigi susu dibagian depan. Sehingga tidak heran jika penampilan seseorang setelah di vaneer terlihat lebih cantik.

Meskipun veneer begitu bermanfaat dalam memperindah dan mempercantik senyuman seseorang, namun Anda sebaiknya harus berhati-hati dalam pasca memakai veneer. Pasalnya, veneer juga bisa cepat rusak dan membuat warna atau bentuk gigi kembali ke seperti semula, bahkan bisa saja lebih buruk.

Lalu, apa pantangan yang bisa membuat veneer menjadi rusak?

Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Tertentu

Pasca memakai veneer ada baiknya tidak mengkonsumsi minuman wine, kopi, ataupun alkohol. Semua minuman ini bisa merusak vaneer, baik dalam segi ketahanan warna atau efek glowingnya. Veneer yang terus menerus dihadapkan pada minuman ini lama kelamaan akan berubah warna sehingga efek putihnya bisa hilang.

Selain itu, hindari juga makanan keras dan susah digigit karena makanan tersebut bisa membuat veneer pecah bahkan terlepas. Jika begini keadaannya, maka gigi Anda akan terlihat buruk seperti semula bukan?

Tidak Menjaga Kebersihan Mulut

Kebersihan mulut, baik gusi ataupun gigi pada saat memakai veneer gigi memang harus menjadi perhatian khusus. Pasalnya, mulut yang tidak bersih tidak hanya membuat warna veneer berubah, namun juga bisa membuatnya pecah dan rusak. Pecah dan rusaknya lapisan veneer bisa disebabkan karena sisa makanan yang mengganjal dan menumpuk diantara sela-sela gigi.

Tidak Melakukan Perawatan

Pasca veneer memang dianjurkan untuk melakukan perawatan dan kontrol rutin ke dokter tempat dimana Anda melakukan veneer gigi. Kontrol dan perawatan ini berguna mencegah rusak dan pecahnya veneer gigi, karena saat perawatan, dokter akan membersihkan gigi dari sisa makanan ataupun karang gigi yang menempel di gigi.

Jika Anda tidak melakukan perawatan, maka veneer bisa rusak dan pecah. Perawatan ini setidaknya dilakukan dua kali dalam satu bulan atau sesuai dengan anjuran sang dokter yang memasang veneer.

***

Nah, dengan menjauhi makanan dan minuman yang menjadi pantangan veneer menjaga kebersihan gigi, serta rutin kontrol dan perawatan, maka resiko pecah dan rusaknya veneer gigi akan bisa dihindari. Jika kita bisa menjaga veneer dengan baik, maka efek positif veneer dalam mempercantik dan memperindah gigi bisa bertahan lama bahkan bisa selama-lamanya.

Sebaliknya, jika gigi yang sudah dikasih veneer tidak dirawat dengan baik, maka veneer hanya bisa bertahan beberapa bulan saja. Sehingga gigi yang sudah cantik dan putih tersebut bisa berubah kembali ke bentuk dan warna semula, bahkan bisa lebih buruk.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *