Khasiat Epsom Salt Bagi Kecantikan Wanita

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Epsom salt atau disebut juga dengan garam epsom merupakan jenis garam mineral yang mengandung magnesium sulfat, sehingga ia juga dikenal sebagai magnesium sulfat. Garam ini banyak terdapat di sebuah daerah di Inggris dimana di sana terdapat sebuah air terjun yang kaya akan mineral magnesium sulfat. Meski begitu, garam epsom ini juga banyak tersebar di daerah-daerah lain, termasuk di Indonesia sendiri.

Bentuk garam ini hampir sama dengan garam dapur biasa, yaitu berbentuk butiran halus berwarna putih dan mudah larut dalam air. Hanya saja, dibandingkan garam dapur, garam epsom lebih putih bersih dan halus.

Garam ini juga mengandung 99,6 % mineral magnesium sulfat, sementara garam biasa mengandung mineral natrium klorida. Garam ini tidak digunakan untuk bumbu dapur, namun sering digunakan dalam bidang industri, kedokteran, dan dalam bidang pertanian.

Garam epsom ternyata memiliki peran penting dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Dalam bidang kesehatan, garam epsom ini sering digunakan untuk detoksifikasi yaitu mengurangi kadar racun dalam tubuh. Selain itu, ia juga berfungsi sebagai pereda rasa nyeri, meredam otot-otot yang lelah, dan memperlancar pencernaan.

Lalu, bagaimana khasiat garam epsom untuk kecantikan ya?

Meratakan Perut

Perut menjadi elemen yang tidak kalah penting menentukan tampil cantik atau tidaknya seseorang. Perut buncit dan kembung cendrung membuat wanita tidak percaya diri tampil di depan umum. Karena itu, ada baiknya Anda mencoba garam epsom untuk meratakan perut. Garam epsom dipercaya bias mengurangi retensi air dan perut kembung.

Magnesium dan sulfat yang terkandung dalam epsom salt ini diserap oleh kulit, kemudian racun dan kelebihan cairan dalam perut akan ditarik keluar dari kulit. Inilah yang membuat perut menjadi lebih rata dan langsing.

Lalu, bagaimana cara penggunaanya? Caranya cukup mudah, yaitu mandi dengan garam epsom. Tuangkan setidaknya dua cangkir garam epsom ke dalam bak mandi atau bathtub, dan lakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Memperindah Rambut

Garam epsom juga bisa dimanfaatkan untuk memperindah rambut. Pasalnya, nutrisi pada garam epsom mampu menyerap minyak rambut, menambah volume rambut, membuatnya lembut, kuat, serta menyehatkan kulit kepala. Cara memanfaatnya cukup mudah, yaitu dengan menambahkan 1-2 sendok garam epsom kedalam botol kondisioner atau sampo.

Saat keramas, biarkan selama lebih kurang 15 atau 20 menit kemudian baru dibilas dengan air seperti biasa. Hal ini dilakukan agar garam epsom menyerap dengan sempurna ke dalam rambut. Lakukan teknik ini setidaknya dua kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil memuaskan.

Mengatasi Masalah Kulit

Beberapa masalah kulit wajah seperti berkomedo dan hingga berjerawat bisa dikurangi dengan menggunakan garam epsom. Hal ini disebabkan garam epsom mampu mengangkat sel-sel mati di kulit wajah. Sehingga kulit bisa beregenerasi dengan sempurna.

Caranya cukup mudah yaitu dijadikan scrup. Campurkan satu sendok epsom halus ke dalam krim pembersih wajah. Gunakan pembersih wajah yang sudah diberi epsom tersebut seperti biasa.

Tidak hanya masalah kulit wajah, masalah kulit tubuh lainnya seperti kering, bersisik, dan kasar, juga bisa diatasi dengan menggunakan garam epsom.

Cara mengaplikasikannya hampir sama dengan cara yang dilakukan untuk meratakan perut. Yaitu dengan mencampurkan 2-3 cangkir garam epsom ke dalam bak mandi, lalu gunakan untuk mandi. Agar hasil lebih maksimal, Anda juga bisa menambahkan minyak kelapa murni atau minyak zaitum ke dalam bak mandi atau bathtub.

***

Nah, itulah beberapa manfaat garam epsom untuk kecantikan wanita. Jika Anda ingin mencoba, Anda bisa menemukan garam epsom dengan mudah di toko-toko kosmetik dan apotek dengan harga terjangkau.

Selamat mencoba ya ladies!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *