7 Tips Merawat Mata Agar Tidak Cepat Rusak

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bukan hanya tubuh saja yang perlu perawatan, namun mata juga perlu lho. Perawatan mata sangat dibutuhkan demi menjaga kesehatan mata. Selama kalian belum memiliki masalah dalam penglihatan dan belum mengenakan kaca mata, sebaiknya jangan deh. Lebih baik di cegah sebelum mengobati kan.

Nah, di bawah ini ada beberapa tips merawat mata yang sangat perlu kita perhatikan demi menjaga mata agar tetap normal.

Beri waktu istirahat

Ingat-ingatlah untuk selalu memberikan istirahat pada mata. Meskipun kalian sedang asyik di depan laptop, jangan sampe lupa untuk mengedipkan mata agar kelenjar air mata dapat memproduksi air mata. Hal ini berguna demi menjaga kelembapan mata.

Atau cobalah sesekali palingkan wajah kesekeliling dan jauhkan mata dari radiasi computer untuk sesaat. Seperti melihat pepohonan atau tanaman. Karena menurut penelitian, warna hijau dapat membuat mata menjadi kembali segar.

Perhatikan kebiasaan membaca

Jara membaca normal adalah 25 cm. Sedangkan jarak idea ketika sedang menggunakan computer, yaitu 30-50 cm. Membaca juga harus dilakukan di tempat dengan pencahayaan yang cukup. Hal ini juga berlaku ketika kalian sedang membuka laptop ataupun gadget. Karena radiasi yang dihasilkan dari layar dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Hindari pula kebiasaan membaca sambil tiduran karena akan mengakibatkan rabun jauh.

Bersihkan dari make up

Kalau terbiasa menggunakan make up mata, seperti eyes shadow, eye liner dan mascara, maka sebisa mungkin bersihkan lah make up tersebut secara menyeluruh. Kalian dapat membersihkan nya dengan menggunakan make up remover untuk mata agar lebih maksimal. Membersihkan mata dengan menggunkan sabun muka saja tidak cukup. Karena ada bagian mata yang sensitif sehingga akan menimbulkan rasa perih.

Gunakan bahan tradisional

Jika sedang memiliki waktu luang, kalian bisa mencoba untuk menempelkan mentimun pada kelopak mata. Mentimun dapat memberikan efek segar pada mata.

Oleskan krim mata

Krim mata berfungsi dalam mengurangi kerut halus dan mata sembap. Pilihlah krim mata yang mengandung bahan Haloxyl atau homeoage di dalamnya. Homeoage adalah zat yang berasal dari ganggang coklat yang kaya akan vitamin dan mineral sehingga aman untuk mata.

Perbanyak konsumsi vitamin A

Sama halnya dengan tubuh. Perawatan mata pun juga dapat dilakukan dari dalam. Seperti dengan mengkonsumsi vitamin A. Vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan pada syaraf mata. Kita juga dapat memperoleh Vitamin A ini dari makanan seperti wortel, papaya, pisang, minyak ikan dan telur. Selain dapat menjaga kesehatan syaraf mata, Vitamin A juga berguna untuk membuat bola mata menjadi bersih.

Lakukan senam mata

Caraya cukup mudah kok. Kalian hanya perlu menggerakan bola mata ke kiri dan ke kanan secara bergantian. Kemudian gerakan pula bola mata ke atas dan ke bawah. Lalu putarlah bolah mata searah dan berlawanan dari arah jarum jam. Masih-masing gerakan dapat dilakukan sebanyak 5-10 kali.

**

Nah, di atas adalah beberapa tips merawat dan menjaga kesehatan mata. Cobalah terapkan ini secara rutin agar mata kalian tidak akan cepat rusak.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *