Cara Merawat Kaki Agar Mulus dan Tetap Sehat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bukan hanya rambut dan tubuh saja yang memerlukan perawatan, ternyata kaki juga perlu dirawat lho. Menjaga kecantikan kaki itu penting dalam menyempurnakan penampilan kalian sehari-hari.

Kami berbagi informasi mengenai tips dan cara merawat kaki agar kaki senantiasa mulus dan sehat dalam fungsinya sebagai bagian dari anggota tubuh. Simak ulasannya.

Hindari berjalan kaki tanpa alas

Berjalan kaki tanpa alas sangat tidak dianjurkan untuk kesehatan kaki. Apalagi bila tempat itu panas, wah bisa menimbulan rasa terbakar dan melepuh pada telapak kaki. Dan kalau lantainya basah dan lembap, siap-siap saja kaki terinfeksi oleh jamur. Jadi serba salah kan. Makanya berjalan kaki tanpa alas sangat tidak dianjurkan. Penyakit kulit, seperti kulit bersisik dan gatal-gatal pun dapat muncul kapan saja. Jadi gunakanlah sepatu atau sandal kemanapun kalian pergi.

Cuci kaki secara teratur

Setelah berpergian seharian, ada baiknya jika kita langsung mencuci kaki. Siapkan air hangat dan sabun untuk membersihkan kotoran-kotoran yang terdapat pada kaki. Gosokkan sabun mulai dari telapak kaki hingga ke sela-sela jari. Lalu keringkan dengan handuk atau tissue. Pastikan kaki kita kering agar tidak dapat menimbulkan jamur atau bakteri yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

Pilihlah sepatu sesuai ukuran

Kenali bentuk kaki kalian terlebih dahulu. Ternyata bentuk kaki itu berbeda-beda lho setiap orangnya. Ada yang memiliki bentuk kaki high arch atau telapak kaki yang melengkung terlalu tinggi, lalu ada pula bentuk kaki flat arch atau bagi pemiliki kaki datar, dan normal feet yang tentu saja memiliki bentuk kaki normal. Jadi sesuaikan lah jenis sepatu dengan bentuk kaki yang kalian miliki.

Seperti contoh, bagi yang memiliki bentuk kaki high arch, pilihlah tipe sepatu yang memiliki bantalan di bagian depan sepatu. Sedangkan yang memiliki bentuk flat arch, kalian harus mencari sepatu yang memiliki fitur stability agar dapat mengurangi dampak lelah pada telapak kaki.

Pakai pelembab untuk kaki

Kita sering mengalami yang namanya kulit pecah-pecah pada bagian telapak kaki. Terutama tumit. Hal ini dikarenakan tumit memiliki kulit yang lebih tebal dibandingkan bagian telapak kaki lainnya. Maka dari itu untuk mencegah timbulnya kaki pecah-pecah, jagalah selalu kelembaban pada kaki yaitu dengan menggunakan pelembab kaki, seperti foot balsam atau foot cream. Oleskan pada bagian tumit setiap hari setelah membersihkan kaki.

Pedicure

  1. Pijatkan kaki dengan cara menekan-nekankan jari secara lembut mulai dari ujung hingga pangkal punggung kaki. Lakukanlah hal ini selama kurang lebih 5 menit.
  2. Siapkan wadah berisi air hangat. Kemudian tambahkan garam agar kaki lebih terasa rileks. Rendam kedua kaki selama 15-20 menit.
  3. Sikat bagian punggu kaki dengan menggunakan sikat halus khusus kaki. Sikatkan pada kaki denan mengarah dari atas ke bawah hingga ke pangkal punggung kaki. Lakukan hal itu berulang kali hingga seluruh kotoran terangkat dengan sempurna.
  4. Gosokkan bagian tumit dengan sikat yang lebih kasar. Biasanya dapat menggunakan batu apung atau semacam alat pengikir. Sikat kaki dari atas ke bawah. Lakukanlah beberapa kali.
  5. Siapkan bantalan jari. Kali ini gunakan sikat berbulu lembut yang memiliki ukuran lebih kecil. Sikatlah mulai dari bagian pangkal bulu hingga ke ujung kaki dan lakukanlah hingga kotoran terangkat dengan sempurna.
  6. Gunting kuku. Usahakan agar tidak memotongnya terlalu banyak agar tidak menimbulkan cantengan.
  7. Gunakan alat kikir untuk menggosok bagian atas kuku. Gosokkan dari atas ke bawah.
  8. Dan yang terakhir, tentu tidak boleh ketinggalan dengan mengaplikasikan lotion pada bagian seluruh bagian kaki. Dimulai dari daerah tumit. Lakukan dengan sesekali memijatnya dengan menggunakan jari tangan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *