Khasiat Buah Tin Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Buah tin (Ficus carica) merupakan salah satu buah-buahan yang terkenal dengan manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan. Bahkan, dalam islam, buah ini menjadi salah satu nama surat pada kitab suci al-Qur’an.

Pada mulanya, buah ini sangat jarang ditemukan di Indonesia. Ia banyak tumbuh di Balkan hingga Afganistan. Hanya saja, pada saat ini, buah tin sudah mulai banyak dibudidayakan di Indonesia sehingga tidak begitu sulit untuk mendapatkannya, terutama untuk varietas tin Yordan.

Buah ini memiliki rasa manis begitu matang yang ditandai dengan berubahnya warna kulit buah menjadi hitam keunguan. Biasanya, semakin hitam warnanya, maka buahnya semakin manis karena semakin matang.

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, buah tin memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan manusia. Lalu, apa saja manfaat buah tin untuk kesehatan dan kecantikan tersebut?

Buah Tin untuk Kesehatan

Ada beragam masalah kesehatan yang bisa dicegah dan diatasi dengan buah tin ini. Di antara penyakit tersebut seperti tekanan darah tinggi, kanker, osteoporosis, insomnia, hingga kencing manis.

Buah tin bisa mencegah serta mengatasi tekanan darah tinggi karena ia mengandung omega-3, fenol, magnesium, serta omega-6 yang dipercaya bisa menstabilkan tekanan darah. Dengan begitu, penyakit yang terkait erat dengan tekanan darah tinggi seperti jantung koroner dan stroke juga bisa dihindari karena buah tin juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kandungan coumarin dan polifenol (antioksidan) dalam buah tin berfungsi menangkal serangan kanker, terutama kanker prostat, payudara, kolon, hingga kanker saluran pencernaan. Hal ini disebabkan karena polifenol dalam buah tin bisa mengatasi efek buruk radikal bebas atau racun yang bisa menyebabkan kanker.

Osteoporosis atau penyakit rapuhnya tulang juga bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi buah tin. Pasalnya, tim kaya akan kalsium yang sangat dibutuhkan tulang agar tetap kuat dan tidak mudah rapuh. Selain tulang, kalsium yang terkandung dalam buah tin juga bisa merawat kekuatan dan kesehatan gigi.

Sebaiknya Anda juga tau bahwa buah tin juga mengandung tryptophan yang berkhasiat menaikkan kualitas tidur dan menghindari terjadinya insomnia.

Terakhir, buah tin juga bisa mengatasi kencing manis karena kandungan seratnya memperlambat proses penyerapan glukosa pada organ pencernaan. Meski rasanya manis, buah tin ternyata aman dikonsumsi oleh penderita diabetes jika dikonsumsi secara benar dan tidak berlebihan.

Buah Tin untuk Kecantikan

Manfaat buah tin untuk kesehatan memang tidak bisa diragukan lagi. Lalu, bagaimana manfaat buah tin untuk kecantikan? Seperti yang diketahui sebelumnya, buah tin mengandung omega-3 yang ternyata tidak hanya mencegah terjadinya penyakit jantung koroner atau stroke, namun juga berkhasiat dalam kecantikan kulit. Omega-3 dan omega-6 ini dipercaya bisa membuat kulit kencang, lembut, cerah, dan awet muda.

Kandungan lain dari buah tin yaitu serat, sangat baik bagi Anda yang ingin tampil langsing dan jauh dari obesitas. Selain membuat kulit tetap cantik dan tubuh langsing, buah tin juga sering digunakan sebagai penghilang jerawat dengan cara merebus isi tin kering kemudian di balurkan ke bagian wajah yang berjerawat. Hasilnya memang tidak langsung terlihat, tapi cara ini tergolong aman tidak tidak beresiko buruk.

***

Selain beberapa khasiat di atas, buah tin juga dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan phenol dan benzaldehid, menyembuhkan wasir dan ambeien karena kandungan flavonoid dan ficin. Sifat laksatif buah tin juga membantu melancarkan sistem pencernaan.

Nah, apakah Anda tertarik mencoba khasiat buah tin ini?

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *