Fish Spa Dalam Dunia Kesehatan dan Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Fish spa atau yang disebut juga dengan terapi ikan merupakan salah satu jenis perawatan kaki. Seperti yang kita tau, kaki termasuk elemen kecantikan yang tidak boleh ditinggalkan begitu saja. Setiap orang, terutama wanita mendambakan kaki yang cantik dan cerah, karena itulah fish spa mulai digandrungi banyak wanita.

Sebenarnya tidak hanya kaki, tapi banyak juga orang yang melakukan fish spa untuk tangan atau bahkan seluruh tubuh. Lalu, bagaimana sebenarnya teknik fish spa ini?

Teknik Fish Spa

Terapi ikan ini dilakukan dengan cara memasukkan kaki dalam kolam yang berisi ribuan garra rufa. Garra rufa merupakan jenis ikan yang disebut juga dengan ikan dokter karena ia memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Setelah kaki dimasukkan ke dalam kolam tersebut, maka ribuan ikan garra rufa akan langsung menyerbu dan mengelupasi sel-sel kulit mati di permukaan kulit.

Meski begitu, cara ini tidak menimbulkan rasa sakit tapi bisa menimbulkan sedikit rasa geli saja. Hal ini disebabkan karena ikan garra rufa tidak menggigit dengan gigi, tetapi hanya menyedot, karena ikannya itu sendiri tidak memiliki gigi.

Teknik fish spa ini berasal dari negara Jepang dimana wanita Jepang suka melakukan terapi ikan untuk membersihkan kaki bahkan tubuh mereka.

Pada saat ini, terapi ikan tidak hanya ditemukan di Jepang tetapi juga sudah menyebar di beberapa negara seperti Turki, Korea, China, Belanda, Amerika, Thailand, termasuk juga Indonesia.

Manfaat Dan Khasiat

Jika terapi ikan ini begitu cepat menyebar dan digandrungi banyak orang, lalu apa saja sih manfaat dan khasiat terapi ini untuk kecantikan dan kesehatan?

Ada beberapa khasiat utama dari teknik terapi ikan ini yaitu menstimulasi sel kulit baru, mengatasi masalah kulit, melancarkan peredaran darah, serta menghilangkan stres dan beban pikiran.

Ikan yang menyerbu kaki akan langusung menghisap atau memakan sel kulit mati yang ada di permukaan kulit. Hal inilah yang membuat kulit lebih cerah dan bersih.

Saat menghisap kulit mati, ikan garra rufa ini mengeluarkan air liur sejenis enzim dithranol atau anthralin yang menstimulasi dan merangsang kulit baru sehingga kulit kasar dan kusam bisa berganti menjadi lembut dan cerah.

Teknik fish spa ini juga bisa mengobati beberapa masalah kulit seperti bersisik, psoriasis, gatal, bekas lukas, hingga iritasi dengan cara mengusir bakteri yang menimbulkan masalah pada kulit.

Khasiat lain dari terapi ikan ini yaitu melancarkan peredaran darah yang bersumber dari sentruman-sentruman kecil ikan dan merangsang titik akupuntur kaki.

Selain itu, khasiat terakhir terapi ikan yaitu mengurangi stres dan beban pikiran. Hal ini disebabkan karena proses terapi ini juga bisa bersifat relaksasi.

Jika pikiran tenang dan rileks, maka dalam jangka panjang Anda akan tampil awet muda dan ceria. Untuk hasil maksimal, fish spa biasanya dilakukan 2 hingga 3 kali seminggu.

Apakah Teknik Ini Berbahaya?

Ada argumen yang mengatakan bahwa fish spa bisa menjadi tempat menularnya berbagai jenis virus dan bakteri berbahaya. Yah, argumen tersebut tidak sepenuhnya salah.

Hanya saja, persentase terjadinya resiko tersebut sangat kecil dan hanya terjadi pada fish spa yang tidak memperhatikan kebersihan kolam dan ikan nya itu sendiri.

Dengan kata lain, jika fish spa tersebut bisa menjaga kebersihan kolam baik itu air dan ikannya, maka menularnya virus dan bakteri berbahaya tidak akan terjadi.

Karena itu, kebanyakan fish spa selalu memperhatikan elemen ini. Tempat fish spa terbaik yaitu mereka yang selalu melakukan sterilisasi air kolam dari kotoran, kuman dan bakteri, selalu mengganti air secara berkala, mewajibkan penggunanya cuci kaki terlebih dahulu sebelum masuk kolam, tidak menganjurkan terapi terlalu lama karena bisa membuat kulit lunak dan gampang luka, dan menggunakan jenis ikan garra rufa terbaik.

Selain itu, sebelum melakukan fish spa, penting untuk memperhatikan apakah ada luka yang belum kering. Jika ada luka, maka sebaiknya ditutup menggunakan plester sebelum terapi untuk menghindari resiko masuknya kuman dan bakteri.

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, maka teknik fish spa sama sekali tidak membahayakan kesehatan ataupun menularkan penyakit berbahaya.

Nah, apakah Anda tertarik mencoba?

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *