Alasan Mengapa Anda Disarankan untuk Medical Check Up

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Berbagai alasan menyebabkan orang tidak melakukan medical check up. Mulai dari alasan yang paling umum yaitu mahalnya biaya sampai dengan alasan tidak sempat karena terlalu sibuk. Selain itu masih banyak yang berpikir bahwa medical check up bukanlah kebutuhan primer.

Tahukah anda betapa besarnya manfaat yang bisa anda dapatkan dari medical check up untuk kesehatan anda? Kesehatan yang bisa anda nikmati sepanjang usia.

Alasan Mengapa Disarankan Medical Check Up

Mari simak uraian berikut ini tentang alasna mengapa medical check up sangat dianjurkan.

1. Rangkaian upaya pencegahan

Tentunya anda familiar dengan ungkapan Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati. Nah, tepat sekali. Check up adalah salah satu item dari rangkaian pencegahan penyakit bersama dengan olahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Dengan medical check up anda bisa memonitor kesehatan anda secara langsung. Keterangan yang anda peroleh setelah check up bisa menjadi pertimbangan berikutnya mengenai hal-hal yang harus dikurangi atau ditambahi.

2. Mencegah gangguan kesehatan mendadak

Anda mungkin masih ingat artis Yani Libels yang belum lama ini berpulang. Yani terkena serangan jantung mendadak. Banyaknya silent killer seperti penyakit jantung, Diabetes, hipertensi dan kanker bisa anda deteksi dengan medical check up.

3. Deteksi awal adanya penyakit dalam tubuh

Sekiranya ada penyakit atau kelainan yang sudah menjangkiti tubuh bisa anda deteksi lebih awal. Hal tersebut bisa membantu anda untuk mengambil tindakan untuk menghentikan penyakit berkembang lebih lanjut. Tentunya segala tindakan lanjutan dilakukan oleh tenaga medis yang kompeten. Bagi penyakit sejenis kanker dan tumor, langkah ini amatlah perlu.

Layanan medical check up sudah tersedia di banyak rumah sakit atau laboratium klinik di Indonesia. Anda silahkan kunjungi rumah sakit atau dokter langganan yang sudah anda rasa cocok selama ini. Para dokter nantinya akan menyarankan jenis-jenis pemeriksaan apa saja yang sangat disarankan untuk anda berkaitan dengan kondisi masing-masing. Kondisi yang dimaksud bisa berupa kondisi kesehatan dan kondisi keuangan.

Tips Mengatasi Kesulitan Biaya Medical Check Up

Dalam kaitannya dengan biaya yang mungkin dirasakan terlalu mahal untuk sebagian orang, ada beberapa saran yang kiranya bisa membantu anda :

Manfaatkan Fasilitas Kantor

Bagi para pekerja coba cermati fasilitas kesehatan yang disediakan kantor tempat anda bekerja karena biasanya kantor bekerja sama dengan beberapa rumah sakit dalam hal penyediaan layanan kesehatan termasuk layanan check-up. Dalam kaitannya dengan check-up, biasanya akan ada potongan harga bagi karyawan dari perusahaan yang telah bekerjasama dengan rumah sakit tersebut. Potongan harganya pun menarik dan cukup membantu anda.

Ikuti layanan pemeriksaan kesehatan gratis

Tidak jarang dalam masa tertentu, lembaga-lembaga sosial mengadakan layanan pemeriksaan gratis yang terbuka untuk umum. Biasanya persyaratannya hanya ktp atau tanpa persyaratan sama sekali. Silahkan dikunjungi, walau umumnya yang diberikan hanya pemeriksaan dasar (standar) tetap merupakan hal yang membantu untuk anda. Program-program tersebut tetap melibatkan dokter yang kompeten, jadi anda tidak perlu khawatir.

Paket Check-Up

Beberapa rumah sakit menyediakan paket-paket yang bisa anda pilih. Isi pemeriksaannya bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Harganya tentu lebih murah karena dikemas dalam bentuk paket bagi pasien.

Manfaatkan Asuransi Anda

Coba cek dan ingat kembali asuransi yang anda ikuti. Ada layanan asuransi yang meliputi medical check-up. Manfaatkanlah dengan maksimal.

Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *