Kandungan dan Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan

Buah TomatBuah tomat dikenal dengan nama ilmiah Solanum lycopersicum L. Tanaman tomat awalnya berasal dari Amerika latin. Tomat mengandung banyak nutrisi  yang di butuhkan oleh tubuh seperti lycopene, yang dapat mencegah kanker.

Lycopene adalah antioksidan yang kuat. Antioksidan ini dapat memperlambat atau memperbaiki kerusakan yang disebabkan radikal bebas.

Radikal bebas segera mencoba untuk menstabilkan diri dengan menempel  pada molekul terdekat proses pengikatan senyawa ini dapat merusak sel yang sehat.

Terlalu banyak radikal bebas atau jika antioksidan yang kurang, dapat menyebabkan kanker.  Antioksidan juga dapat membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan dan manfaat buah tomat lainnya termasuk beta karoten dan lutein, serta vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Tomat juga kaya kalium.

Selain itu, nutrisi dalam tomat menjadi lebih kuat atau lebih efisien ketika dikombinasikan dengan makanan tertentu.

Manfaat Buah Tomat

Karena kandungannya yang sangat kaya akan berbagai vitamin dan antioksidan, buah tomat jelas memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kita, diantaranya adalah:

Obat Diabetes

Buah tomat juga mengandung  banyak mineral kromium, yang membantu penderita diabetes untuk menjaga tingkat gula darah mereka di bawah kontrol.

Melindungi Perokok

Manfaat tomat bagi seorang perokok karena tomat mengandung asam chlorogenic dan asam coumaric, yang membantu untuk melawan beberapa karsinogen yang disebabkan oleh asap rokok.

Meskipun tomat dapat melindungi perokok, bukan berarti bahwa kita bisa dengan seenaknya merokok dan menyerahkan perlindungan kesehatan Anda kepada buah tomat. Bagaimana pun, merokok pasti merugikan kesehatan!

Kesehatan Mata

Fungsi utama Vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, sementara tomat sendiri sangat kaya akan vitamin A.

Mencegah Stroke dan Serangan Jantung

Tomat banyak mengandung kalium dan Vitamin B yang  berfungsi  menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol  tinggi. Kandungan ini, pada gilirannya, dapat membantu mencegah stroke dan serangan jantung.

Perawatan Kulit

Kandungan lycopene  dalam tomat sangat tinggi  sehingga  sangat baik untuk kesehatan dan perawatan kulit. Cara terbaik menggunakan tomat untuk perawatan kulit adalah mengupas kulit tomat tersebut kemudian gosokkan pada bagian kulit, biarkan hingga 10 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Pencegahan Kanker

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa lycopene dalam tomat membantu mengurangi kemungkinan kanker prostat pada pria, dan juga mengurangi kemungkinan kanker rahim dan kanker kolorektal. Lycopene berfungsi sebagai anti-oksidan dan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Penguat Tulang

Tomat kaya akan vitamin K dan kalsium sehingga sangat  baik untuk memperkuat tulang dan memperbaiki jaringan tulang.

**************

Kandungan dan manfaat buah tomat yang sangat beragam sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh.  Maka, disarankan untuk mengkonsumsi buah tomat secukupnya setiap hari.

Salam sehat!





  • arif budiman

    mantavvv