Nutrisi dan Khasiat Genjer Bagi Kesehatan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Genjer atau yang biasa disebut sebagai tanaman Paku Rawan ini adalah tipe tanaman rawa yang banyak di jumpai di persawahan atau perairan dangkal. Biasanya juga dapat ditemukan bersamaan dengan tanaman Eceng Gondok. Genjer ini sering menjadi makanan sehari-hari para penduduk desa apabila sedang tidak ada tanaman lain yang lagi panen.

Maka dari itu kadang tanaman ini sering disebut sebagai “sayuran orang miskin”. Apalagi pada zaman dahulu kala, sayuran itu harganya cukup mahal sehingga masyarakat Indonesia kesulitan untuk membelinya.

Nah ketika harga sayuran sedang melonjak, hanya tanaman genjer inilah yang dapat diraih dengan cuma-cuma. Masyarakat dengan mudah dapat memetiknya sendiri. Namun ternyata seiring dengan perkembangan zaman, makin lama tanaman ini pun sudah merambat ke segala golongan masyarakat. Hal ini terbukti dengan ditemukannya hidangan genjer di restoran kaki lima bahkan hingga ke restoran mewah sekalipun.

Kandungan Nutrisi Tanaman Genjer

Ditambah dengan bertambahnya kesadaran masyarakat akan kesehatan, tingkat masyarakat dalam mengkonsumsi tanaman ini pun semakin bertambah. Tidak jauh berbeda dengan tanaman hijau lainnya yang sering dikonsumsi oleh masyarakat, ternyata genjer ini juga memiliki begitu banyak nutrisi lho, yaitu:

  • Energi: 33 Kkal
  • Protein: 1,7 gr
  • Lemak: 0,2 gr
  • Karbohidrat: 7,7 gr
  • Fosfor: 33 mg
  • Kalsium: 63 mg
  • Zat Besi: 2 mg
  • Vitamin B1: 0,07 mg

Jika sebuah tanaman memiliki nutrisi yang begitu banyak, maka tentu saja tanaman tersebut tidak luput dengan memiliki begitu banyak manfaat bagi siapa saja yang mengkonsumsi. Begitu pula dengan tanaman genjer ini.

Manfaat Tanaman Genjer

Jadi, apa saja sih manfaat yang terkandung di dalam tanaman genjer ini?

  1. Meremajakan sel-sel tubuh

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa genjer ini memiliki begitu banyak kandungan protein. Dan protein itu sendiri dapat berfungsi sebagai alat bantu dalam memproduksi sel-sel yang terdapat di dalam tubuh kita. Tubuh kita ini selalu memproduksi begitu banyak sel setiap harinya agar dapat mengganti sel-sel yang sudah tidak berfungsi lagi. Dan protein inilah yang dapat membantu dalam memproduksi sel-sel baru tersebut di dalam tubuh kita.

  1. Cadangan energi di dalam tubuh

Genjer memiliki kandungan lemak yang dapat berperan sebagai cadangan energi di dalam tubuh kita.

  1. Mampu memperkuat tulang

Berdasarkan data yang telah tertera di atas, kita dapat melihat bahwa genjer memiliki kandungan kalsium yang dapat berperan penting dalam pertumbuhan tulang bagi anak-anak dan dapat memperkuat tulang dan mengurangi resiko terkena penyakit osteoporosis bagi orang dewasa khususnya yang sudah lanjut usia.

  1. Dapat mencegah kanker kolon dan sembelit

Kanker kolon biasanya akan terjadi dikarenakan pola makan yang kurang baik dan dapat pula berdampak pada ketidaklancaran dalam pencernaan. Nah, genjer mengandung serat yang tinggi sehingga dapat berfungsi dalam melancarkan pencernaan. Sudah terbukti pula bahwa seseorang yang rutin mengkonsumsi genjer dapat terbebas dari resiko terkena kanker kolon dan sembelit (sulit buang air besar).

  1. Mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan kanker

Genjer memiliki kandungan polifonel yang berperan sebagai antioksidan sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker.

Ini adalah beberapa manfaat yang dihasilkan dari tanaman genjer bagi kesehatan tubuh kita. Jadi ternyata ada lagi kan tanaman hijau yang dapat kita manfaatkan bagi kesehatan. Memang melakukan pengobatan herbal itu jauh lebih aman dan tentu saja tidak memerlukan biaya yang besar.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *