5 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Suntik Vitamin C

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kondisi tubuh yang prima adalah syarat untuk melakukan aktivitas sehari-hari secara maksimal. Namun tak jarang, kesehatan anda terganggu karena daya tahan tubuh menurun. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah mendapatkan asupan vitamin C tambahan. Bagi kaum hawa, suntik vitamin C sering diperuntukkan untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah karena dipercaya kulit putih adalah syarat untuk cantik.

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Suntik Vitamin C

Walaupun diperbolehkan, ada beberapa syarat yang harus anda ketahui sebelum memutuskan untuk suntik vitamin C. Mari simak uraiannya.

  1. Dosis yang sesuai kebutuhan

Kebutuhan harian akan vitamin C berbeda berdasarkan usia dan jenis kelamin. Berikut detailnya berdasarkan data yang dilansir US National Institute of Health :

UsiaJumlahyang direkomendasikan
6 bulan40 mg
7–12 bulan50 mg
1-3 tahun15 mg
4-8 tahun25 mg
9-13 tahun45 mg
14-18 tahun (putra)75 mg
14-18 tahun (putri)65 mg
Dewasa (pria)90 mg
Dewasa (wanita)75 mg
Wanita hamil (remaja/dewasa muda)80 mg
Wanita hamil (dewasa)85 mg
Wanita Menyusui (remaja/dewasa muda)115 mg
Wanita Menyusui (dewasa)120 mg

Bagi mereka yang merokok disarankan pula tambahkan 35 mg dari jumlah yang telah direkomendasikan di atas.

  1. Lakukakan Saat Asupan Makanan Tidak Ideal

Jadikan terapi suntik vitamin C sebagai sumber tambahan pemenuhan kebutuhan vitamin C anda, artinya sumber utamanya sebaiknya berasal dari makanan yang anda konsumsi. dr. Sukamto Koesnoe, SpPD, spesialis dari  Divisi Alergi dan Imunologi Klinik RS Cipto Mangunkusumo, dalam femina, mengungkapkan bahwa tambahan vitamin c sebaiknya dilakukan ketika asupan makanan anda sedang tidak ideal (tidak seimbang). BIsa karena anda sedang sakit, hamil ataupun dalam masa penyembuhan jaringan tubuh.

  1. Berdasarkan resep dokter

Masih menurut dr. Soekamto, tambahan vitamin C haruslah berdasarkan resep dokter. Hal ini penting karena sebelum anda diberi suntikan vitamin C anda terlebih dahulu diperiksa keadaannya, sehingga dosis yang diberikan adalah jumlah yang tepat sesuai kebutuhan anda. Jumlah vitamin C berlebihan dalam tubuh justru hanya akan terbuang dan memperberat kerja ginjal.

Tak kalah penting, pastikan suntik vitamin C dilakukan oleh dokter. Pastikan anda ditangani oleh orang yang tepat. Suntik vitamin C sembarangan justru berisiko merusak jaringan tubuh anda.

  1. Dibarengi dengan minum air putih lebih banyak

dr Eddy P Karta, spesialis kulit dan kelamin  menyarankan agar orang yang menjalani suntik vitamin C untuk minum air putih lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak menjalaninya agar kadar asam dalam vitamin C tidak terlalu memperberat kinerja ginjal anda.

  1. Memperputih Kulit Secara Temporer

Lebih lanjut dr Eddy (viva.co.id, 2013) menjelaskan bahwa kecerahan kulit yang anda dapatkan setelah suntik vitamin C hanyalah bersifat sementara tidak permanen. Apalagi bagi mereka yang tetap terkena sinar matahari. Perlindungan dengan produk yang diperuntukkan bagi pemakaian luar seperti hand body, sunblock tetap tidak bisa ditinggalkan.

Semoga Bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *