Cream Pemutih Wajah Yashodara

Kandungan dan Manfaat Terung Untuk Kesehatan

Manfaat Buah TerungTerong dengan nama ilmiah Solanum melongena adalah salah satu sayuran yang bernutrisi tinggi. Tumbuhan ini buahnya berwarna ungu dan putih, bentuknya seperti telur dan lonjong dan dibudidayakan untuk pertama kalinya di India dan China.

Sangat banyak kandungan vitamin dan mineral serta zat-zat bermanfaat lainnya yang terdapat dalam sebuah terong, diantaranya adalah scopoletin. Zat ini dipercaya memiliki manfaat kesehatan seperti menurunkan tekanan darah, menjaga ketegangan otot, menghambat perkembangan sel-sel kanker.

Scopoletin juga berfungsi untuk menghambat hepatik lipid peroxidation dan aktivitas antioksidan, superoksida dismutase meningkat dan katalase. Beberapa penelitian menyarankan bahwa scopoletin mungkin menguntungkan orang-orang beresiko tinggi kolesterol, trigliserida dan kadar glucose.Scoparone, hasil ini menunjukkan bahwa scoparone melindungi terhadap beberapa perubahan plasma lipoprotein, vaskular morfologi dan diabetes hyperlipidaemic.

Asam clorogenat pada terong memiliki aktivitas untuk mencegah kanker, antivirus, dan antinarcotics, meningkatkan sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin yang mengatur gula darah.

Terong juga mengandung kalium yang tinggi (217 mg/100 gram) sehingga sangat baik dikonsumsi  untuk mengurangi mengurangi hipertensi. Selain itu, serat tinggi, beta karoten dan anti oksidan yang terkandung dalam buah terong sangat membantu mengurangi risiko stroke dan hipertensi sekaligus meningkatkan libido. Terung juga mengandung kadar solasodin tinggi yang efektif digunakan sebagai alat kontrasepsi dan meningkatkan libido.

Terong adalah sumber yang sangat baik dari protein dan diet serat. Nutrisi penting lainnya yang  ada dalam terong termasuk kalium, mangan, tembaga dan vitamin B1. Selain itu terung juga vitamin B6, folat, magnesium, dan niasin.

Terong juga mengandung fitonutrien seperti asam nasunin dan chlorogenic. Nasunin hadir dalam terong mempertahankan lemak dan lipid lainnya di dalam membran sel otak  teroksidasi. Asam chlorogenic dikenal memiliki kandungan antimutagenic, antimikroba, antiviral dan anti LDL.

Fakta yang lain juga menunjukkan bahwa pada buah terung banyak terkandung tembaga, mangan, fosfor, magnesium, niasin dan asam folat.

Disamping itu, solanin yang terkandung dalam makanan dapat menghilangkan tumor dalam sistem pencernaan seperti mencegah dan mengobati kanker lambung, penyakit jantung koroner dan arteriosklerosis.

Tingginya vitamin E pada buah terung dapat mengurangi tingkat kolesterol dan mencegah penuaan dini pada manusia. Selain itu, terung dapat mempercepat metabolisme, memperkuat kekebalan tubuh, meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan aktivitas sel-sel kulit bagi kita. Terong ini juga berguna dalam meningkatkan kesehatan kardiovaskular dalam jantung pasien.

Nah, dengan sekian banyak kandungan dan manfaat dari buah terung, masih maukah Anda membenci makan terung? :)

Salam sehat!