7 Langkah Untuk Peningkatan Produksi Kolagen

Loading...

DOKTERCANTIK.COM –  Kolagen adalah salah satu jenis protein yang amat penting bagi tubuh anda. Salah satu peran yang amat esensial adalah dalam menjaga kesehatan kulit anda. Selain itu berperan pula untuk kesehatan tulang, jaringan dalam tubuh dan bahkan kesehatan rambut.

Lalu bagaimana caranya untuk mempertahankan (dan meningkatkan) jumlah kolagen dalam tubuh? Dikutip dari mirror.co.uk, berikut uraiannya untuk anda :

1. Konsumsi Vitamin C

Jo Travers, nutrionis dari thelondonnutritionist.co.uk menyarakan anda untuk konsumsi brokoli, tomat, sprout dan buah kiwi yang akan merangsang pembentukan kolagen melalui kandungan vitamin C nya. Untuk diketahui vitamin c amat berperan dalam menjaga struktur kolagen.

Lengkapi pula dengan produk perawatan kecantikan yang mengandung L-Ascorbic Acid, ascorbyl palmitate atau ascorbyl phosphate. Informasi mengenai kandungan ini dapat anda baca pada kolom keterangan produk. Luangkan sedikit waktu untuk membacanya.

2. Berhenti Merokok

Dr Nick Lowe, ahli dermatologi menjelaskan bahwa rokok memicu munculnya enzim  matrix metalloproteinases (MMPs) yang merusak kolagen yang terdapat dalam kulit anda.

3. Perlindungan dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari secara langsung adalah salah satu faktor utama yang mempercepat berkurangnya kolagen, karena sinar UV menembus lapisan kulit dan merusak jaringan kolagen yang ada di dalamnya. Oleh karena itu janga lupa untuk memakai krim pelindung wajah dan kulit yang mengandung SPF 15 setiap hari. Terutama saat anda akan berkegiatan di bawah sinar matahari.

Ingat selalu, pemakain krim tersebut disarankan anda ulangi jika terkena keringat atau air (aktivitas yang berinteraksi dengan air).

4. Kurangi Konsumsi Makanan Manis

Dr Patricia Farris penulis buku The Sugar Detox: Lose Weight, Feel Great and Look Years Younger mengatakan bahwa makanan manis bukanlah teman yang baik untuk kecantikan kulit anda.

Kadar gula berlebih dalam darah berpadu dengan lipid, nucleic acids dan protein membentuk  advanced glycation end ­products atau AGEs, yang mempercepat proses penuaan dan memicu munculnya kerutan pada kulit.

5. Konsumsi Protein Nabati

Seiring bertambahnya usia kadar estrogen akan menurun sementera estrogen amat penting untuk mengubah fibroblas (sel-sel di bawah kulit) menjadi kolagen. Jika proses perubahan itu tidak terjadi maka dimulailah kemunculan kerutan dan lipatan pada kulut anda.

Nah, Kandungan phytoestrogens dalam protein nabati dapat berperan untuk menggantikan estrogen yang hilang tadi. Mulailah konsumsi kacang-kacangan, kedelai, kacang pinto atau bagi penyuka kuliner mediterania bisa mencoba hummus.

6. Pijat Wajah

Memberikan pijatan-pijatan pada wajah akan membantu peningkatan produksi kolagen sehingga kulit anda bisa tampil lebih cerah dan kenyal. Pijatan yang anda berikan akan memicu pembentukan sel kulit yang membantu membuat kulit anda tampak bersih.

7. Gunakan Retinoid Cream

Retinoids berperan dalam mengurangi jumlah kolagen yang rusak akibat paparan sinar matahari dan dengan segera membantu peningkatan produksi kolagen. Gunakan krim ini disertai dengan konsultasi ke dokter kulit. Di beberapa negara krim ini hanya bisa anda dapatkan berdasarkan resep dokter.

Semoga Bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *