Kandungan dan Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Buah Pepaya MatangPepaya yang dikenal dengan Carica papaya adalah salah satu jenis buah yang kaya manfaat dan penuh nutrisi.

Pepaya membutuhkan suhu rendah untuk pertumbuhan dan sangat cocok di daerah tropis, karena itu populasi pohon pepaya sangat banyak di negara kita. Sehari-hari kita pasti dengan mudah mendapatkan buah pepaya.

Pepaya mengandung enzim papain yang berguna untuk mencegah penyakit saluran pencernaan dan mempertahankan pergerakan usus secara normal. Buah pepaya mengandung serat cukup tinggi yang dapat mencegah kanker usus besar.

Selain itu, buah pepaya juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan pada penglihatan dan permukaan kulit yang kasar.

Defisiensi vitamin A juga dapat menyebabkan xerophthalmia yaitu  terjadinya kekeringan pada selaput lendir mata (konjunctiva) dan selaput kering mata (kornea). Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk sering mengkonsumsi buah pepaya.

Selain vitamin A, pepaya juga kaya dengan vitamin C  dan beta-carotene yang memainkan peran penting sebagai antioksidan sehingga sangat baik untuk menghilangkan zat-zat beracun di dalam tubuh dan berkhasiat langsung terhadap kesehatan kulit seperti  mencegah peradangan dan menghilangkan sel-sel kulit yang mati.

Unsur-unsur antioksidan pepaya membantu mencegah oksidasi kolesterol yang ketika dalam batas-batas tertentu akan menyebabkan penyakit arteri yang disebut aterosklerosis.

Serat pepaya mengurangi kadar kolesterol dalam darah sehingga dapat mencegah penyakit jantung. Kandungan lannya dari pepaya adalah sumber  zat besi dan kalsium dimana kalsium ini sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi sementara zat besi untuk membentuk hemoglobin dalam sel-sel darah merah.

Penggunaan langsung buah pepaya dalam perawatan kulit pun sangat manjur untuk mengobati dan mencegah timbulnya jerawat, kulit keriput dan kulit kering. Getah pepaya juga dapat digunakan untuk mengurangi kapalan dan kulit kasar pada tangan dan kaki. Menerapkan ini sehari-hari akan memberikan hasil yang menakjubkan.

Di samping itu, buah pepaya juga merupakan sumber yang baik dalam program diet serat  untuk kesehatan pencernaan. Pil pepaya digunakan sebagai antacid alami yang dapat meredakan sembelit.

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh sangat banyak, karena itu kami menyarankan untuk mengkonsumsi pepaya secara rutin, atau menanam pohon pepaya di sekitar rumah anda dan menjadikannya sebagai salah satu dokter alami anda.

Selain dengan mengkonsumsi buah pepaya yang sudah matang, manfaat pepaya juga bisa anda peroleh dengan menggunakan produk-produk berbahan dasar pepaya yang banyak dijumpai di pasar, seperti sabun pepaya, kecap pepaya, pil pepaya dan sebagainya.

Salam sehat!