Kiat Jitu Mengatasi Leher Belakang yang Hitam

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Salah satu masalah kecantikan yang sering dialami banyak orang yaitu bagian leher yang menghitam. Hitam di bagian leher ini bisa disebabkan karena berbagai hal seperti daki yang menumpuk dan terpapar matahari terus-menerus.

Kegiatan yang super padat terlebih di luar ruangan akan membuat kotoran dan debu menumpuk di bagian leher. Sementara saat mandi, bagian leher inilah yang sering lupa untuk dibersihkan. Lama-kelamaan, debu, kotoran, ditambah dengan sel kulit mati tersebut menebal membentuk daki dan membuat kulit leher berubah menjadi hitam.

Selain itu, aktivitas di luar ruangan juga membuat leher rentan tersengat cahaya matahari langsung. Jika leher terpapar cahaya matahari dalam waktu yang lama, maka kulit akan terbakar sehingga warnanya berubah menjadi hitam dan kusam.

Kondisi ini tentu membuat Anda tidak percaya diri tampil di depan banyak orang. Anda khawatir dan cemas kalau-kalau orang di sekitar Anda tengah memperhatikan leher Anda yang hitam. Agar perasaan was-was dan tidak percaya ini terus berlanjut, maka ada baiknya Anda mengintip dan mengaplikasikan beberapa poin mengatasi leher belakang yang hitam, berikut ini:

Kebersihan Leher Saat Mandi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bagian leher apalagi bagian belakang merupakan bagian yang sering dilupakan saat mandi. Dengan kurang dibersihkannya bagian tersebut, maka lama-kelamaan, kotoran dan daki akan semakin menebal.

Untuk mengatasi ini, maka mulailah membiasakan diri untuk membersihkan bagian leher, terutama bagian belakangnya agar daki yang menumpuk mulai menipis. Jika kebiasaan ini dilakukan secara rutin, maka dalam kurun waktu 1 minggu saja, kulit leher hitam akan hilang begitu saja.

Manfaatkan Masker Alami

Ada beberapa jenis tanaman, buah, atau bahan tertentu yang dipercaya bisa mengatasi leher hitam Anda. Diantaranya yaitu lidah buaya, lemon, serta kentang. Lidah buaya bisa mengatasi leher hitam karena ia kaya akan antioksidan yang tidak hanya melembabkan tetapi juga mencerahkan kulit leher.

Cara mengaplikasikannya yaitu dengan membelah dua lidah buaya, ambil gelnya dan dijadikan masker ke leher. Untuk hasil maksimal, Anda juga bisa menambahkan sedikit madu atau minyak zaitun. Setelah beberapa menit, bersihkan masker menggunakan air hangat.

Hampir sama dengan khasiat lidah buaya, Anda juga bisa memanfaatkan lemon sebagai masker leher. Cara mengaplikasikannya hampir sama dengan lidah buaya, yaitu mengoleskan air jaruk lemon pada bagian leher menggunakan kapas. Setelah kering, cuci bersih menggunakan air hangat. Lemon bisa mengatasi kulit kusam dan hitam karena mengandung antioksidan, asam sitrat dan vitamin C yang bisa membuat kulit cerah dan lembab.

Masker lainnya yaitu kentang, karena ia mengandung enzim catecholase dan vitamin C yang bisa mencerahkan dan melembabkan leher. Parut kentang atau blender hingga halus. Setelah itu bisa langsung dioleskan ke leher. Anda juga bisa menambahkan pasta kentang tersebut dengan minyak zaitun ataupun madu. Jika sudah mengering, cucilah leher dengan air hingga bersih.

Lakukan pemakaian masker alami ini setidaknya dua kali dalam sehari ya. Hasilnya mungkin tidak langsung terlihat, tetapi jika Anda rutin melakukannya, maka dalam beberapa minggu tidak hanya bagian gelap pada leher yang hilang, tapi Anda juga bisa mendapatkan kulit leher yang lembut dan tidak kering.

***

Beberapa poin di atas merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi leher yang hitam dengan cara alami. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan krim untuk mengatasi leher yang hitam. Hanya saja, dibandingkan produk krim pencerah, cara alami di atas tergolong lebih aman dan tidak menimbulkan resiko.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *