3 Aksesoris Khas Wanita India

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Seiring maraknya film atau drama India yang tayang di pertelevisian Indonesia, maka minat dan perhatian akan segala sesuatu yang berhubungan dengan Indiapun semakin meningkat. Tidak hanya mengenai artis atau aktornya, tapi pakaian, gaya rambut, hingga aksesorisnya pun tidak luput dari perhatian banyak orang.

Kali ini kita akan melihat jenis-jenis aksesoris yang sering dipakai wanita India. Pasalnya, beberapa aksesoris tersebut tergolong unik dan digunakan oleh semua wanita India dalam kesempatan tertentu.

Jika Anda sering menonton drama atau film India, maka setidaknya Anda pernah melihat beberapa aksesoris  khas wanita India berikut ini:

Bangles

Ini merupakan aksesoris yang paling dominan jika berbicara tentang penampilan wanita India. Bangles adalah sejenis gelang, tapi pemakaiannya agak berbeda dengan cara pemakaian biasanya. Jika kita biasanya hanya memakai 1-4 gelang saja, namun tidak begitu dengan wanita India. Mereka memakai gelang atau bangles ini dalam jumlah yang banyak, bahkan bisa sampai satu lusin.

Gelang ini digunakan oleh sebagian besar wanita India, terlebih saat acara tertentu seperti pernikahan atau acara adat/tradisional tertentu. Bahan yang digunakan untuk membuat bangles bisa berupa emas, plastik, kayu, kaca, dan perak.

Hiasan kepala

Sebaiknya Anda tau tiga aksesoris kepala yang sering digunakan oleh wanita India. Ketiga aksesoris kepala tersebut yaitu matha patti, maang tikka, dan jhumar. Matha patti merupakan perhiasan kepala yang menutupi bagian perbatasan antara kening dan rambut.

Ada banyak sekali variasi matha patti, tapi fungsinya tetap sama, yaitu memberikan penampilan yang lebih menarik pada bagian atas kepala. Pada saat, ini matha patti sudah divariasikan sedemikian rupa agar cocok digunakan oleh wanita yang memakai hijab.

Maang tikka merupakan perhiasan yang terletak tepat di belahan tengah rambut wanita. Perhiasan ini berbentuk vertikal sejajar dengan belahan tengah rambut dan menjulur hingga tengah kening. Pada bagian ujung yang terletak di tengah kening inilah yang menjadi desain utamanya.

Sementara Jhumar merupakan perhiasan yang dipasang pada bagian kiri rambut berbentuk layang-layang atau hampir mirip segitiga. Ketiga hiasan kepala ini biasanya digunakan pada acara atau perayaan tertentu. Ia bisa digunakan untuk rambut yang disanggul ataupun digerai begitu saja.

Perhiasan Hidung

Bagi Anda penggemar film India tentu sudah tidak asing lagi dengan perhiasan yang biasa digunakan di hidung wanita India. Perhiasan hidung di India bisa berupa cincin hidung berukuran kecil ataupun besar.

Perhiasan cincin hidung selalu digunakan pada saat acara tertentu seperti pernikahan atau pada acara biasa. Hanya saja, untuk acara pernikahan biasanya ukuran cincinnya lebih besar. Selain berbentuk cincin, perhiasan di hidung wanita India juga bisa berbentuk anting kecil atau berlian kecil.

Menurut pengobatan tradisional India, tindik yang dibuat di hidung bisa mengurangi nyeri haid dan bisa membuat persalinan lebih mudah. Penggunakan tindik ini juga berbeda-beda di India, wanita yang bertempat tinggal di India bagian utara biasanya menindik hidung sebelah kiri. Sementara wanita yang berada di India Selatan menindik hidung sebelah kanan mereka. Bahkan, beberapa wanita India juga menindik ke dua hidung mereka.

***

Pada dasarnya, aksesoris di atas termasuk aksesoris tradisional wanita India. Meskipun gaya hidup modern dan kecanggihan merambah di masyarakat India, tapi aksesoris tradisional ini masih dipakai dan tidak dilupakan sama sekali. Bahkan, perhiasan ini dianggap trendy dan tidak kalah menarik dibandingkan perhiasan modern lain.

Nah, bagaimana ladies? Apakah Anda tertarik mencoba salah satu aksesoris khas India tersebut?

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *