Manfaat Asam Jawa untuk Kecantikan

Manfaat Asam Jawa untuk Kecantikan

DOKTERCANTIK.COM – Siapa sangka, ternyata asam jawa juga dapat dimanfaatkan dalam perawatan kecantikan wanita. Asam jawa memiliki kemampuan dalam meningkatkan warna kulit dan menghapus noda di wajah dalam waktu singkat. Asam jawa dapat digunakan sebagai salah satu bahan alami yang ampuh dalam memutihkan kulit wajah.

 

Jika anda memiliki tipe kulit sensitif, berhati-hatilah saat menggunakan asam jawa untuk merawat kulit wajah. Disarankan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu dengan mengoleskan asam jawa di belakang telinga anda. Ini penting untuk mendeteksi apakan bahan tersebut cocok dengan kulit anda atau tidak.’

Manfaat Asam Jawa untuk Kecantikan

Berikut adalah uraian tentang ragam manfaat asam jawa dalam perawatan kulit wajah. Mari disimak.

TERKAIT:  4 Bahaya Memakai Make Up Saat Olahraga

Pencuci wajah

Jika anda pertama kali memanfaatkan asam jawa untuk perawatan wajah, cobalah gunakan sebagai pencuci wajah. Cukup rendam asam jawa secukupnya di dalam air kemudian pakailah untuk membilas wajah.

Masker wajah

Asam jawa memiliki manfaat sebagai pemutih kulit wajah. Lumatkan sepotong asam jawa dan cairkan dengan sedikit susu kemudian aduk hingga rata. Terapkan pasta tersebut di wajah dan biarkan hingga kering. Bilas dengan air bersih. Lakukan dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Toner wajah

Selain sebagai pemutih kulit, anda juga menggunakan asam jawa sebagai toner kulit secara keseluruhan. Campur asam jawa dengan air mawar dan aplikasikan sebagai toner kulit saat musim panas.

TERKAIT:  Microdermabrasi Untuk Kecantikan Wajah

Exfoliator

Manfaatkan bubuk asam jawa dan air asam jawa sebagai exfoliator. Dengan demikian kulit akan tampak semakin sehat dan indah.

Mata panda

Terkadang, munculnya lingkaran hitam di sekitar mata akan membuat anda tampak kusam dan kuyu. Gunakan masker asam jawa untuk mengatasi hal ini. Oleskan masker asam jawa ke sekitar mata dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan susu dingin.

Pasta asam

Cara membuat pasta asam. Bersihkan dan cuci asam jawa secukupnya. Giling asam jawa tersebut dengan sedikit susu dan kunyit bubuk. Aduk hingga rata dan biarkan selama 10 menit. Pasta asam siap digunakan untuk memutihkan kulit.

Jus asam jawa

Anda dapat membuat jus asam jawa untuk memutihkan kulit. Cara adalah dengan mencuci dan membersihkan asam jawa yang akan digunakan. Buang semua bijinya. Rendam minimal 3 buah asam jawa dalam sedikit air hangat. Jika jus terlalu pekat, tambahkan sedikit air.

TERKAIT:  9 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Perawatan setelah memakai asam jawa

  • Essentail Oil. Setelah menerapkan asam jawa pada kulit, pastikan untuk memijat kulit wajah dengan minyak esensial alami. Anda bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa. Ini berguna untuk menjaga kelembaban kulit anda.
  • Susu. Selain pemijatan minyak esensial, anda juga dapat membilas wajah dengan susu dingin murni. Hal ini akan membantu kulit wajah tampak fresh dan sehat setekah pemakaian asam jawa pada kulit.