Tips dan Cara Memakai Jilbab Berdasarkan Bentuk Wajah

model jilbabMemakai jilbab modern kini tengah menjadi trend fashion dikalangan umat Islam baik anak-anak, remaja maupun ibu-ibu dengan gaya dan tampilan yang anggun.

Hanya saja, pemakaian model dan gaya jilbab seharusnya disesuaikan dengan bentuk wajah supaya kelihatan lebih serasi dan cantik.

Di bawah ini adalah tips dan rahasia memakai jilbab untuk setiap bentuk wajah yang anda punyai, mulai dari wajah berbentuk persegi, bulat, oval, segitiga dan wajah yang panjang.

Setiap model jilbab kami sertakan juga nama artis yang dianggap bisa mewakili, sehingga anda bisa lebih mengingat bagaimana model berjilbab mereka yang disesuaikan dengan bentuk wajahnya.

Cara Memakai Jilbab Untuk Wajah Persegi

Rahasia memakai jilbab untuk wanita dengan wajah persegi (seperti wajah Tamara Bleszynski) sebaiknya dagu, kedua sisi rahang dan bagian dahi tertutup dengan jilbab agar menghasilkan penampilan lebih bulat atau oval. Jangan memakai gaya jilbab yang berbentuk segitiga menjorok ke dalam atas dahi apalagi memperlihatkan dagu bagian bawah karena akan memperlihatkan wajah anda agak maskulin.

Cara Memakai Jilbab Untuk Wajah Bulat

Rahasia memakai jilbab untuk wanita dengan bentuk wajah bulat (seperti wajah Rossa) tidak boleh memakai undercaps atau underscarves (topi) yang menepi pada dahi karena akan membuat wajah bulat anda kelihatan semakin bulat.

Wajah bulat memerlukan samaran sehingga tampak berbentuk wajah panjang. Jika ingin menyamarkan wajah bulat agar berbentuk oval sebaiknya letakkan jilbab dimulai dari garis rambut bagian atas dahi kemudian menutup daerah tulang pipi wajah dan berakhir pada dagu. Dengan demikian anda dapat menciptakan ilusi dari sebuah bentuk wajah yang  oval.

Wajah bulat juga harus menghindari jilbab gaya Mesir atau Spanyol yang mengekspos bagian leher, terutama jika anda memiliki dagu dan wajah yang gemuk. Kedua gaya berjilbab ini hanya benar-benar terlihat baik pada orang-orang yang memiliki leher ramping. Orang-orang yang bentuk lehernya pendek sebaiknya jangan menggunakan gaya tersebut.

Cara Memakai Jilbab Untuk Wajah yang Panjang

Jika Anda memiliki wajah panjang (seperti wajah Cathy Sharon) sebaiknya tidak memilih gaya jilbab yang melekatkan sisi jilbab atau hijab di sekitar tulang pipi anda karena akan memperlihatkan bentuk muka anda semakin panjang.

Sebaliknya anda dapat mencoba memperpendek panjang bentuk wajah dengan menarik undercap turun ke dahi anda sehingga memotong setidaknya seperempat dari panjang waja. Pilihlah hijab dengan kerutan di sisi kepala karena akan menciptakan ilusi lebar. Jangan menambahkan ukuran  di atas kepala atau mengekspos leher, karena  hal ini hanya akan memperpanjang bentuk wajah anda.

Cara Memakai Jilbab Untuk Wajah Oval

Untuk bentuk wajah yang oval (seperti wajah Dian Sastrowardoyo ), semua bentuk dan gaya jilbab atau hijab akan kelihatan serasi dikenakan. Jika anda salah satu pemilik wajah berbentuk oval, maka tak perlu ragu lagi tampil berjilbab.

Cara Memakai Jilbab Untuk Wajah Segitiga

Wanita dengan bentuk wajah segitiga (seperti wajah Bunga Citra Lestari ) sangat cocok jika menggunakan jilbab yang longgar. Jilbab erat khusus difokuskan pada separuh atas kepala, hanya penekanan daerah dahi  yang lebih lebar, jadi cobalah untuk tetap terbungkus dengan efek yang longgar dengan membuat lipatan lembut di daerah ini. Tutup sebagian sisi dahi  untuk meminimalkan  lebar  dahi dan membuat wajah berbentuk berlian.

Demikianlah beberapa tips dan cara memakai jilbab berdasarkan bentuk wajah yang bisa kami sharing di sini. Nah, model jilbab yang manakah yang cocok untuk anda?

Selamat memilih!