3 Efek Buruk Begadang Terhadap Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Meskipun bukan satu-satunya musuh utama kecantikan, tetapi begadang tampaknya efektif dalam membuat banyak masalah kecantikan. Ada banyak sekali masalah kecantikan yang bisa disebabkan karena kebiasaan begadang. Hal ini dikarenakan begadang tidak menyempatkan tubuh dan pikiran untuk beristirahat.

Selain itu, seperti yang kita tau, tidur merupakan saat bagi kulit untuk beregenerasi. Anggapan ini diperkuat dengan hasil riset yang dilakukan oleh Nivea dan UCSF Medical School, dimana saat tidurlah hormon kosrtisol dan melatonin dilepaskan. Hormon inilah yang bermanfaat dalam regenerasi mengencangkan, dan memperbaiki kulit yang rusak.

Anda bisa memperhatikan sendiri bagaimana perbedaan penampilan orang yang sering begadang dengan orang yang tidur cukup dan teratur. Orang yang sering bahkan selalu begadang memiliki penampilan yang lebih tua, tidak fresh dan energik dibandingkan orang yang tidur tepat waktu dan teratur.

Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut 3 efek buruk begadang terhadap kecantikan:

Pada Kulit

Begadang tampaknya membawa banyak sekali masalah pada kulit, diantaranya yaitu jerawat. Begadang dan kurang tidur bisa menimbulkan stress dan rasa tertekan. Hal inilah yang akhirnya bisa menimbulkan jerawat.

Stres menstimulasi kelenjar adrenal yang memproduksi hormon androgen. Saat hormon androgen berlebih, maka inilah yang akan memicu terjadinya jerawat. Kurang tidur juga menyebabkan produksi insulin meningkat. Produksi insulin yang berlebih merangsang peningkatan sebum sehingga jerawat semakin mudah terbentuk. Hal ini tidak hanya menimbulkan jerawat, tetapi secara otomatis juga membuat kulit berminyak.

Begadang dan kurang tidur juga menyebabkan kulit menjadi kusam dan timbulnya garis-garis kerutan. Hal ini disebabkan karena saat tidur di malam harilah sel kulit beregenerasi dan memperbaiki kulit rusak. Akibatnya, begadang beberapa hari saja sudah akan memperlihat perbedaan signifikan terhadap kulit. Kulit yang tadinya kencang akan mulai kusam dan mulai timbul garis-garis kerutan.

Menurut Dr. Neil Shultz yang mengungkap bahwa ketika tidur, cairan akan mengisi bagian bawah kulit kendor. Hal inilah yang membuat kulit terlihat segar dan kenyal di pagi hari. Sehingga, dengan begadang, maka kulit akan berkerut dan tidak segar.

Selain itu, sebaiknya Anda juga tidak lupa kalau begadang juga bisa menyebabkan timbulnya kantung mata atau menghitamkan kulit pada bagian bawah mata.

Kegemukan

Selain menyebabkan permasalahan pada kulit, begadang ternyata juga memicu terjadinya kegemukan. Hal ini disebabkan karena begadang membuat kita lebih banyak mengkonsumsi makanan. Tidak hanya saat proses begadang tersebut, tetapi keesokan harinya kita juga memiliki hasrat makan yang lebih tinggi karena level ghrelin yang berfungsi memberitahu untuk makan ini meningkat.

Menurut hasil penelitian American Heart Association pada 2011 lalu, terjaga pada malam hari akan membuat kita cendrung mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Penampilan Lesu dan Kusut

Penampilan lesu, kusut, tidak fresh, dan tidak energik bisa didapatkan oleh mereka yang sering begadang hingga larut malam. Hal ini disebabkan karena mereka kekurangan tidur, sehingga pada pagi harinya mereka masih mengantuk. Semangat dan motivasi merekapun kurang jika terus begadang.

Kantung mata dan kulit keriput juga memberikan konstribusi penampilan lesu dan kusut ini. Selain itu, seperti yang kita ketahui, begadang juga bisa menyebabkan stres dan sakit kepala. Ini juga membuat Anda terlihat lesu, kusut, dan tidak fresh di pagi atau siang harinya.

***

Nah, melihat banyaknya efek buruk begadang terhadap kecantikan ini, maka tentunya Anda akan tidur tepat waktu dan cukup mulai sekarang. Jika tugaslah yang menjadi alasan kenapa Anda begadang, maka Anda bisa mensiasatinya dengan membuat tugas pada siang hari.

Karena kebanyakan orang memang sengaja mengerjakan tugas pada malam hari, padahal sebenarnya jika mau, mereka memiliki banyak waktu luang di siang hari. Atau, jika memang Anda tipe orang yang terlalu sibuk dan terpaksa begadang, maka siasatilah dengan menyempatkan diri setidaknya 30 menit untuk perawatan tubuh, baik di rumah ataupun di salon.

Loading...

Komentar Pembaca untuk “3 Efek Buruk Begadang Terhadap Kecantikan

  1. Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang Dampak negatif begadang berikut artikel yang terkait tersebut di BAHAYA EFEK BEGADANG TERLAMPAU SERING BAGI KESEHATAN

    NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya ini bukan spam saya ketik sendiri komentarnya, kita saling membantu saja…kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *