Manfaat Urinotheraphy untuk Kesehatan Kulit

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Urinotherapy adalah terapi menggunakan air seni.  Mungkin anda langsung merasa jijik, tak mengapa. Banyak orang merasa seperti itu, namun biasanya lambat laun berubah setelah mengetahui manfaatnya. Penelitian tentang khasiat air seni sebenarnya sudah amat banyak, tapi tetap saja kurang sampai ke masyarakat.

Kali ini Martha M.Christy (konsultan kesehatan dan nutrisi, peneliti di bidang medis) datang dengan buku barunya : Your Own Perfect Medicine menguraikan secara lengkap tentang terapi urin dan salah satu manfaat terapi urin adalah untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Berikut uraiannya.

1. Melembabkan kulit

Salah satu zat yang terdapat dalam urin adalah urea. Penggunaan urea dalam produk ecantikan dan perawatan kulit sudah lazim untuk saat ini. Walaupun yang kini banyak dikembangkan adalah sintetisnya. Bisa jadi produk kecantikan yang anda gunakan saat ini terdapat kandungan urea. Kalau sudah begitu, berarti tanpa anda sadari anda melakukan urinotherapy.

Tidak seperti produk pelembab (oil-based moisturizers) yang hanya bekerja di permukaan kulit dan kurang maksimal untuk meningkatkan kadar air dalam sel-sel kulit, urea justru bekerja mengikat air dengan membuka lapisan kulit untuk mengikat hidrogen. Proses ini kemudian yang memicu pelembab bekerja di kulit anda. Langkah ini lebih efektif untuk mencegah munculnya kerutan pada kulit anda. Contoh produk yang menggunakan urea diantaranya adalah pureaSkin dan Panafil.

dr. Moh. Ifnudin, SpKK dalam artikelnya menyarankan untuk menggunakan pelembab yang mengandung urea sehabis mandi, karena saat itu kulit anda sedang dalam keadaan lembab sehingga iritasi bisa dihindarkan.

2. Mengatasi Penyakit Kulit

Urea sejak lama dan sampai saat ini digunakan untuk mengobati eksim, gangguan kulit kering dan jamur-jamur yang mengganggu kulit. Madonna dalam sebuah talkshow bercerita bahwa ia mengencingi kakinya sendiri setiap hari untuk menghindarkan masalah-masalah jamur pada kulit kakinya.

3. Mengobati Jerawat

Martha menguraikan bahwa urin memilika sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Enzim, vitamin dan kandungan mineral yang terdapat di dalam urin bisa anda gunakan sebagai obat jerawat. Caranya cukup mudah, cukup oleskan langsung pada jerawat anda. Gunakanlah bantuan cotton-bud.

Dalam dailymail.co.uk diungkapkan bahwa urinotherapy adalah trend kecantikan baru di Inggris. Sejalan dengan kecenderungan untuk kembali pada obat-obat alami.

Ada yang mencampurkannya pada pelembab yang digunakan, merek apapun itu bisa dipadukan. Ada pula yang menjadikannya home-treatment dengan mengaplikasikannya langsung pada jerawat di wajah. Hasilnya menggembirakan. Jangan lupa semuanya ini adalah Clinically Tested, Medically Proven!

Nah, bagi anda yang ingin mencobanya, ada beberapa saran mendasar untuk anda :

  • Gunakan urin yang dikeluarkan pada proses awal anda buang air kecil (the first flow).
  • Urin yang paling baik adalah yang dikeluarkan antara pukul 3 dan 4 di pagi hari
  • Jangan gunakan urin yang dikeluarkan di malam hari sebelum pukul 3 pagi
  • Jika muncul keberanian untuk meminumnya maka minumlah sedikit demi sedikit, jangan langsung dalam jumlah yang banyak.
  • Disertai dengan minum air putih sekurang-kurangnya satu liter/hari
  • Hindari makanan yang terlalu pedas dan asin.

Semoga Bermanfaat

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *