3 Jenis Penyakit Kulit yang Perlu Diwaspadai

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kulit merupakan lapisan paling luar dari tubuh manusia, sehingga ia sangat rentan dengan penyakit tertentu baik yang bersumber dari kotoran, bakteri, ataupun virus. Padahal, dalam dunia kecantikan, kulit termasuk elemen yang paling penting, bahkan menjadi salah satu penentu awet muda atau tidaknya seseorang. Kulit yang terserang penyakit biasanya tidak indah dan cantik lagi.

Bahkan, setelah penyakit kulit tersebut sembuh, ia masih meninggalkan bekas yang membuat kulit terlihat buruk. Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi bukan? Untuk itu, ada baiknya kamu mengenal beberapa penyakit yang seringkali menyerang kulit di bawah ini. Dengan begitu, kamu bisa mengambil tindakan antisipasi dan mencegah terjadinya penyakit kulit tersebut.

Nah, apa saja penyakit kulit yang perlu kamu waspadai tersebut?

Eksim

Mungkin kamu pernah atau bahkan sering mendengar penyakit ini karena dari sekian banyak penyakit kulit, eksim termasuk penyakit kulit yang sering dialami banyak orang. penyakit ini sering menyerang tangan, telinga, kaki, hingga lipatan paha. Penyebab utama eksim yaitu alergi terhadap rangsangan kimia tertentu, baik dalam bentuk produk kecantikan, bumbu kimia pada makanan, ataupun detergen dan obat-obatan.

Selain zat kimia, penyebab eksim lainnya yaitu alergi terhadap makanan tertentu, serbuk sari tanaman, debu, dan iklim. Gejala yang biasanya dirasakan penderita yaitu gatal-gatal pada area kulit tertentu, memerah, bersisik, dan pecah-pecah. Sering juga timbul bintik atau gelembung kecil mengandung air.

Untuk mencegahnya, tentu Anda harus menghindari hal-hal tertentu yang bisa mendatangkan alergi seperti yang disebutkan di atas. Jika Anda tidak begitu bersahabat dengan debu, maka gunakan masker wajah. Jika Anda alergi terhadap rangsangan produk kimia dalam parfume maka cobalah memakai parfume dengan bahan alami.

Bisul

Anda tentu tidak asing lagi dengan jenis penyakit yang berupa benjolan ini bukan? Penyakit ini sering sekali menyerang bokong sehingga orang yang menderita bisul di bokongnya akan kesulitan untuk duduk. Selain di bokong, area lain yang di sukai bisul yaitu ketiak, kepala, dan lipatan paha karena area ini termasuk area lembab.

Bisul terdengar sepele dan tidak berbahaya sama sekali, tapi taukah Anda, bisul ini bisa membuat Anda tidak bisa fokus beraktifitas sampai bisul tersebut benar-benar sembuh. Hal ini disebabkan karena benjolan bisul tersebut terasa panas, berdenyut, dan sakitnya minta ampun jika sampai terkena benda tertentu.

Keadaan ini akan semakin parah manakala benjolan bisul bertambah besar hingga mengeluarkan darah dan nanah. Dengan kata lain, bisul termasuk penyakit kulit yang perlu kamu waspadai.

Penyebab timbulnya penyakit ini yaitu adanya infeksi stafilokokus aureus pada kulit. Pangkal lain timbulnya bisul yaitu kulit yang lembab, kebersihan yang buruk, infeksi luka, kosmetika yang menumpuk di pori kulit, dan pemakaian bahan kimia tertentu.

Herpes

Dokter dan para ahli mengungkap bahwa penyakit kulit yang satu ini disebabkan karena virus yang masuk ke dalam tubuh. Jenis virus yang menyebabkan herpes yaitu virus varicella zoster yang menyebabkan herpes zoster dan virus herpes simpleks yang menjadi penyebab herpes simpleks.

Penyakit ini ditandai dengan rasa gatal, kulit memerah dan timbulnya gelembung kecil berisi air atau nanah. Biasanya penyakit ini terjadi pada bagian kulit tubuh tertentu secara bergerombol. Herpes bisa menular dengan cara kontak atau bersentuhan langsung. Hanya saja, jika kamu memiliki daya tahan tubuh yang kuat, maka virus tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Bagi kamu yang sangat menyayangi kulit indahmu ada baiknya berhati-hati dengan penyakit ini. Pasalnya, herpes yang sudah sembuh biasanya meninggalkan bekas hitam sehingga bagian terkena herpes tersebut menjadi belang atau berbeda dengan bagian kulit yang tidak terkena. Ini tentu akan membuatmu tidak percaya diri, apalagi bekas tersebut biasanya tidak hilang begitu saja dalam beberapa hari.

Selain 3 penyakit kulit di atas, ada beberapa jenis penyakit kulit lainnya yang juga patut diwaspadai yaitu rosacea, campak, seborrhea, kudis, dan psoriasis. Sebagai tindakan antisipasi khusus, Anda tentu harus menghindari faktor penyebab terjadinya penyakit kulit tersebut. Sebagai tindakan antisipasi secara umum, maka ubahlah gaya hidup kurang sehat Anda. Pasalnya gaya hidup yang kurang sehat juga mempengaruhi timbulnya penyakit kulit tersebut.

Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayur, karena beberapa kandungan dalam bahan makanan tersebut seperti vitamin C atau antioksidan dipercaya berkhasiat memperkuat kekebalan dan daya tahan tubuh. Sehingga ia mampu menjadi benteng dari segala virus dan bakteri yang masuk. Andapun tidak hanya tercegah dari penyakit kulit, tetapi juga berbsagai jenis penyakit lainnya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *