Aturan Memakai Softlense dan Make Up Mata Secara Bersamaan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Banyak wanita merasa khawatir saat mereka menggunakan softlense dan make up dalam waktu yang bersamaan. Mereka ingin tampak lebih cantik dengan softlense dan mereka juga ingin feminin dengan make up mata.

Pertanyaan seperti, “Apakah tidak masalah jika saya memakai make up tebal di bagian sekitar mata sementara saya pakai softlense?” atau, “Apakah tidak masalah jika saya menggunakan eye liner dan maskara tebal saat memakai softlense?” pertanyaan-pertanyaan ini memang sering muncul saat kamu ingin memakai softlens dan make up dalam waktu bersamaan.

Pada dasarnya, memakai lensa kontak di samping memakai make up pada bagian mata tidak membahayakan, baik bagi mata ataupun bagi softlense itu sendiri. Anda bisa menggunakan eye shadow, maskara, bulu mata palsu, ataupun eyeliner secara tebal. Hanya saja, tetap ada kemungkinan tertentu seperti misalnya masuknya serbuk make up atau cairan eyeliner/mascara ke mata.

Kondisi ini tentu bisa membawa dampak buruk bagi lensa kontak dan mata seperti iritasi penggunaan lensa kontak. Karena itu, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam pemakaian softlense dan make up pada saat yang bersamaan. Aturan ini mencakup tahapan pemakaian dan proses pemakaiannya itu sendiri.

Nah, apa saja aturan yang sebaiknya kamu turuti saat memakai softlense dan make up dalam waktu bersamaan? Simak ulasan berikut ini.

Dahulukan Softlense

Jika kamu hendak memakai make up sekaligus lensa kontak, maka sebaiknya dahulukan memakai softlense. Jika kamu menggunakan make up mata terlebih dahulu, maka serpihan atau riasan mata baik berupa eye liner, mascara ataupun aplikasi make up lainnya beresiko besar menempel pada lensa kontak karena tangan kamu sudah memegang make up sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, jika kamu menggunakan maskara, eye liner, dan bulu mata tebal sebelum memakai lensa kontak, maka pada saat memakai lensa kontak kamu akan merasa kesulitan memasangnya. Dan, saat proses pemasangan tersebut lensa kontak bisa tersentuh dengan bulu mata yang sudah dikasih maskara sebelumnya.

Selain itu, saat membersihkan make up, sebaiknya lepaskan lensa kontak terlebih dulu baru menghapus sisa make up sampai bersih. “Tujuan utamanya agar semua serpihan aplikasi kosmetik tidak masuk dan mengotori lensa kontak. Kebersihan sangat penting karena kesehatan mata adalah yang utama,” ungkap Cheny yang merupakan ali lensa kontak se-Asia Tenggara, seperti dikutip dari tabloidnova.com.

Jangan Gunakan Terlalu Lama

Ada baiknya tidak menggunakan lensa kontak dan make up mata dalam waktu yang lama. Semakin lama menggunakan make up dan lensa kontak dalam waktu yang bersamaan akan semakin beresiko masuknya serpihan kimia make up mata. Menurut Cheny, seperti dikutip dari tabloidnova.com, bahwa pada saat mengenakan lensa kontak sekaligus make up mata, maka jangan gunakan hingga melebihi 8 jam.

Meskipun kamu tidak memakai make up dan lensa kontak secara berbarengan, tapi tetap saja jangan gunakan dalam waktu lama. Make up misalnya, penggunaan make up dalam waktu yang lama bahkan secara terus-menerus akan menimbulkan berbagai masalah pada kulit wajah seperti berminyak ataupun berjerawat. Sementara penggunaan lensa kontak dalam waktu yang lama bisa menimbulkan iritasi pada mata, apalagi jika tetap digunakan saat tidur.

Hindari Make Up Tahan Air

Seorang ahli kecantikan Thau, mengungkapkan untuk tidak menggunakan make up tahan air pada saat memakai lensa kontak. Hal ini disebabkan karena jika make up mengenai lensa, maka lensa akan mengikat make up dan bercampur.

“Karena make up tahan air membutuhkan remover berbasis minyak, itu akan mempengaruhi mata dan lensa dan bisa saja membuat minyak masuk ke dalam mata,” ungkapnya seperti dikutip dari lensza.co.id.

Hindari juga memakai eyeliner ataupun maskara yang lama kering. Jika eyeliner dan maskara tersebut susah kering, maka cairannya akan mudah masuk ke mata saat mengedip.

**

Nah, itulah beberapa tips yang sebaiknya kamu perhatikan saat menggunakan softlense dan make up ya ladies. Jadi, dengan memperhatikan beberapa pon tersebut, kamu tidak perlu risau dan khawatir lagi saat menggunakan lensa kontak dan make up.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *