3 Tanda dan Gejala Alergi Kosmetik

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Peralatan kosmetik menjadi salah satu benda yang paling berharga bagi wanita. Pasalnya, dengan kosmetik mereka bisa tampil lebih anggun dan cantik, sehingga rasa percaya dirinyapun semakin tinggi. Sehingga tidak heran jika sering wanita selalu membawa kosmetik saat hendak berjalan jauh, baik traveling atau bahkan hanya ke kampus.

Hanya saja, tidak jarang juga kulit mengalami alergi dan gejala buruk tertentu karena kosmetik ini. Hal ini bisa disebabkan karena berbagai hal, terutama zat kimia yang ada dalam produk kosmetik tersebut. Penyebab lainnya bisa jadi karena kulit kamu memang tipe kulit yang sensitive dan mudah iritasi atau karena memang tidak cocok dengan jenis produk kecantikan tersebut.

Apapun itu, yang jelas, alergi dan ketidaksesuaian terhadap kosmetik perlu segera diatasi agar tidak menimbulkan dampak yang lebih serius pada kulit.

Sayangnya banyak wanita yang tidak begitu peka saat melihat timbulnya kemerahan pada kulit beberapa saat setelah menggunakan make up atau produk kosmetik lainnya. Mereka mengganggap mungkin saja kondisi tersebut disebabkan karena hal lain dan bukan dari kosmetik yang baru mereka pakai.

Untuk itu, ada baiknya kamu segera menghentikan pemakaian kosmetikmu saat tiga atau beberapa di antara gejala ini timbul:

Membengkak di Kelopak Mata

Kondisi ini terjadi karena alergi pada eye liner, mascara, ataupun jenis make up mata lainnya. Gejala awal yang akan kamu rasakan yaitu rasa gatal yang tidak tertahankan di kelopak mata, sehingga kamu akan berusaha menggosoknya terus-menerus. Setelah itu, maka akan mulai membengkak secara perlahan.

Jika kamu terus menggunakan produk tersebut, maka bengkak tersebut akan semakin besar, apalagi jika semakin aktif digosok. Bengkak pada kelopak mata ini biasanya lunak dan seperti ada banyak air di dalamnya. Pada akhirnya bengkak ini akan berkurang tapi efek lain akan muncul yaitu munculnya kerutan di bagian kelopak mata dan sekitarnya yang membuat kamu terlihat tua.

Merah dan Perih Terkena Cahaya Matahari

Produk pemutih wajah yang mengandung zat kimia berbahaya tertentu memang bisa membuat hasil instan dan cepat. Tapi kebanyakan dari produk ini justru tidak baik bagi kesehatan kulit.

Reaksi atau gejala pertama yang timbul karena ketidaksesuaian kulit dengan produk ini yaitu memerah dan perih begitu terkena cahaya matahari. Hal ini disebabkan karena bahan kimia dalam produk kosmetik sudah merusak lapisan kulit. Selain itu, yang lebih parahnya yaitu kulit mengelupas, tidak hanya bagian wajah tetapi juga telapak tangan.

Gatal dan panas

Ada baiknya kamu berhati-hati jika merasa gatal dan panas setelah menggunakan produk kosmetik tertentu. Kondisi ini bisa timbul karena efek dari ketidakcocokan kulit dengan kandungan produk kosmetik tersebut.

Biasanya gejala ini timbul bagi mereka yang memiliki kulit sensitif dan mereka yang menggunakan produk kosmetik yang tidak begitu berkualitas. Jika pemakaian terus dilanjutkan, maka gejala ini bisa iritasi dan menimbulkan kemerahan atau bintik-bintik merah.

***

Jika beberapa poin tersebut terjadi, maka sebaiknya segera hentikan penggunaan produk tersebut. Pasalnya, kandungan dalam produk tersebut jelas tidak cocok bagi kulit kamu.

Selain itu, hal ini juga menandakan bahwa produk tersebut juga membahayakan kesehatan kulit. Jika pemakaian produk kosmetik itu terus dilanjutkan, sementara kamu sudah jelas mengalami gejala tersebut, maka gejala tersebut akan menjadi penyakit berbahaya.

Untuk itulah, ada baiknya segera menghentikan pemakaian produk kosmetik tersebut sebelum terlambat. Selain itu, dalam rangka mencegah terjadinya gejala alergi kosmetik tersebut, maka sebaiknya kamu pintar-pintar dalam membeli sebuah produk kosmetik.

Jangan hanya tergiur karena harganya yang murah, tetapi lihat juga kualitasnya. Pilihlah produk kosmetik yang tidak mengandung zat kimia berbahaya atau zat tertentu yang selama ini bisa membuat kamu alergi.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *