Minyak Zaitun, Rahasia Kecantikan Wanita Sepanjang Masa

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Minyak zaitun tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita terutama pada kaum hawa dan telah dikenal sejak berabad-abad lalu karena manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Ratu Cleopatra adalah ratu mesir yang sangat tersohor karena kecantikannya ternyata memiliki rahasia kecantikan yakni minyak zaitun bahkan artis mancanegara maupun artis dalam negri banyak yang mengakui keampuhan minyak zaitun ini untuk kecantikan diri mereka.

Mengapa minyak zaitun ini begitu populer untuk kecantikan dari masa ke masa, kandungan apa saja yang terkandung dimilikinya dan bagaimana cara mengoptimalkan manfaat minyak zaitun? Yuk kita simak ulasan mengenai minyak zaitun atau yang dikenal juga dengan Olive oil ini.

Apa sih Minyak Zaitun itu?

Pada dasarnya Minyak zaitun merupakan jenis minyak yang sangat baik untuk tubuh kita, Minyak zaitun atau Olive oil berasal dari basin Mediterania, yang diperoleh dari buah zaitun atau Olea europaea pada pohon zaitun yang tumbuh lambat, pohonnya memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah.

Pohon zaitun bisa tumbuh hingga 50 meter di habitat alami dan dapat berusia hingga 500 tahun lebih, buahnya berbentuk bulat gemuk dengan warna hijau ketika mentah dan berubah menjadi kekuning-kuningan ketika sudah mulai masak.

Bagaimanakah Kandungan Minyak Zaitun itu?

Minyak zaitun memiliki senyawa kimia yakni triasilgliserol merupakan asam lemak tak jenuh tunggal dengan jenis asam oleat atau omega 9 yang mencakup 55 sampai dengan 83 persen dari total asam lemak sehingga menyebabkan lemak tersebut baik untuk tubuh. Karena merupakan lemak tak jenuh tunggal jika dibandingkan dengan omega-6 atau omega-3 memilik resiko yang lebih rendah teroksidasi pada tubuh.

Minyak zaitun mengandung kaya akan vitamin dan zat anti oksidan yang jumlahnya sangat tinggi, minyak zaitun juga mengandung Vitamin E sehingga kaya akan anti oksidan yang dapat menutrisi kulit maupun rambut.

Manfaat Minyak Zaitun untuk kecantikan wajah

Anti Radiasi Sinar Matahari

Kulit wajah adalah bagian yang paling sensitif pada tubuh karena merupakan kulit terluar yang rentan mengalami kerusakan akibat sengatan matahari langsung contohnya kulit,kering, kusam bahkan keriput dini. Cobalah untuk mengoleskan minyak zaitun sebelum beraktivitas dan menjelang tidur.

Minyak zaitun yang digunakan sebelum beraktivitas berfungsi untuk mengurangi dampak buruk dari interaksi langsung antara kulit wajah dengan sinar ultra violet atau sinar UV sedangkan apabila digunakan pada malam hari dapat membuat kulit menjadi lembut,kencang dan segar ketika kita bangun di pagi hari. Bahkan kulit yang terbakar karena berenang atau berjemur pada alam terbuka dapat dikurangi.

Anti Kulit Berjerawat

Adanya jerawat pada kulit wajah tentu saja sangat mempengaruh rasa percaya diri kita, apalagi untuk kaum hawa, mungkin kita dapat menjadi minder apabila kulit wajah kita tidak mulus yang diakibatkan oleh jerawat ini. Tak jarang banyak yang merogoh kocek yang dalambanyak hanya untuk menghilangkan jerawat atau sekadar untuk menghindari jerawat pada kulit wajah.

Setelah mencuci muka dengan bersih, cobalah oleskan minyak zaitun pada jerawat. Minyak zaitun dapat mempercepat pengeringan pada jerawat, mencegah peradangan kulit wajah akibat jerawat dan menghilangkan bekas dari jerawat tersebut. Tapi pastikan baik-baik kulit wajah dan tangan kita sebelum mengoleskan minyak zaitun itu tentunya sudah harus benar-benar bersih.

Anti Kulit berminyak

Jumlah minyak yang sangat berlebih pada kulit wajah tentu juga mempengaruhi penampilan kita, sama seperti kulit yang berjerawat, kulit berminyak pun akan mengurangi rasa percaya diri kita.

Buat masker wajah dari campuran minyak zaitun dengan bubuk cendana kemudian gunakan pada wajah yang telah dicuci bersih selama 15 menit selanjutnya basuh wajah dengan air dingin untuk mengangkat masker tersebut. Keringkan wajah dengan menepuk-nepuk telapak tangan atau dengan menggunkan tissu, jangan menggunakan kanduk atau kain yang berbahan kasar.

Melembabkan Kulit

Jika ingin memiliki kulit lembab alami tidak ada salahnya jika kita mencoba spa ringan pada wajah dengan menggunakan minyak zaitun. Lakukanlah pijatan ringan pada seluruh wajah terlebih dahulu dengan menggunakan minyak zaitun selama 5 menit, diamkan hingga kulit menjadi sangat lembut.

Setelah itu ambillah mangkok yang telah diisi dengan air mendidih sehingga mengeluarkan uap yang sangat panas. Tutup seluruh bagian kepala dengan handuk dan uapkan wajah dengan menghadapkannya ke mangkok yang mengeluarkan uap berjarak 15cm selama kurang lebih 15 menit, kemuadian usaplah wajah dengan menggunakan handuk.

**

Itulah beberapa manfaat dari minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah, tentunya perawatan ini harus secara rutin jika ingin mendapatkan faedah dari minyak zaitun dalam jangka panjang. Semoga bisa bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk perawatan wajah bagi yang ingin cantik alami.

Loading...

Komentar Pembaca untuk “Minyak Zaitun, Rahasia Kecantikan Wanita Sepanjang Masa

  1. Kulit saya sangat sensitif berjerawat berminyak kusam dan bekas jerawat saya belom hilang saya sudah memakai banyak produk tapi tetap saja masih belom hilang terus dimuka saya juga tumbuh seperti jerawat bernanah tpi tidak sakit apa yang harus saya pake tolong dokk

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *