7 Tips dan Cara Merawat Kulit Berminyak

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kulit wajah berminyak sangatlah mengganggu penampilan. Jika kulit wajah berminyak dibiarkan dan tidak diberi perawatan dengan baik, maka akan mengundang begitu banyak masalah kulit lainnya seperti iritasi kulit, munculnya jerawat, rias wajah yang cepat luntur dan kotoran serta debu yang mudah menempel.

Ditambah lagi kondisi kita, para wanita, yang secara alamiah akan memproduksi minyak wajah lebih banyak pada saat menstruasi setiap bulannya. Hal ini disebabkan oleh faktor hormonal dalam tubuh wanita.

Oleh karena permasalahan-permasalahan kulit berminyak di atas maka bagi mereka yang memiliki kulit wajah berminyak sudah barang tentu merasa sangat direpotkan dalam beraktifitas.

Berikut ini beberapa tips mudah untuk merawat kulit berminyak :

1. Sering Mencuci Muka

Biasakan untuk sering mencuci wajah di sela-sela aktivitas anda atau waktu istirahat anda. Rutinlah mencuci wajah dua kali sehari yaitu pada pagi hari dan malam hari. Gunakan sabun khusus untuk kulit wajah berminyak, karena biasanya banyak debu yang menempel walaupun anda bekerja di dalam ruangan ber-AC.

2. Hindari sering menyentuh wajah

Hindari kebiasaan untuk sering menyentuh wajah. Kebiasaan ini sangat buruk karena dapat membantu pindahnya kotoran dari jari tangan anda ke kulit wajah. Kondisi kulit wajah yang berminyak dan ditambah dengan kotoran akan membuat kulit mudah mengalami iritasi.

3. Pakailah produk kosmetik yang bebas minyak

Pilihlah produk-produk kosmetik yang bebas dari minyak dan yang tidak mengandung parfum (fragrance free). Oleh karena jenis produk tersebut hanya akan memancing produksi minyak berlebih di kulit wajah.

4. Gunakan masker wajah

Luangkan waktu setiap satu atau dua kali seminggu untuk memakai masker khusus untuk wajah. Adapun jenis masker yang cocok untuk kulit wajah berminyak adalah : masker ketimun, masker madu dan masker stroberi. Masker ini dapat kita buat sendiri di rumah dengan mudah.

Hancurkan ketimun atau stroberi dengan menggunakan garpu dan jangan menggunakan blender, kemudian tambahkan madu satu sendok kecil. Olesi wajah dengan masker kemudian diamkan selama 15 menit. Masker wajah ini kaya akan vitamin C dan akan membuat kulit wajah anda tetap halus, lembut dan menstabilkan kadar minyak di kulit.

5. Makan makanan yang tidak mengandung minyak

Perhatikan makanan anda. Hindari makan makanan yang banyak mengandung minyak seperti junk-food atau goreng-gorengan. Dan perbanyaklah mengasumsi sayur dan buah.

6. Gunakan krim malam

Rajin lah menggunakan krim malam sebelum tidur. Kulit berminyak juga memerlukan nutrisi. Karena pada malam hari adalah waktu dimana kulit juga bekerja untuk meregulasi dan memperbaiki kandungan air dan minyak pada wajah.

7. Sedia selalu tisu minyak

Sediakanlah selalu tisu minyak khusus wajah di tas anda. Jadi setiap saat cuaca panas dan sedang berada di jalan, anda akan selalu ingat untuk memakainya untuk menyerap minyak di wajah.

Sekian tips dan trik kali ini. Semoga bermanfaat 🙂

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *