7 Tips dan Cara Merawat Kulit Tubuh

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kulit tubuh merona sehat adalah impian setiap wanita. Kulit tubuh seperti halnya organ tubuh yang lain pada manusia adalah satu karunia Tuhan yang perlu kita jaga. Walaupun tampak sederhana dan seringkali disepelekan namun perannya sangatlah penting.

Kulit adalah pembungkus tubuh dan merupakan pertahanan pertama yang melindungi organ dalam tubuh dari udara dan apa pun yang berada di lingkungan sekitar. Dan sebagai seorang wanita, menjaga kesehatan dan keindahan kulit adalah hal yang utama.

Berikut ini adalah bentuk-bentuk perawatan kulit tubuh yang patutnya dilakukan oleh tiap wanita :

Mandi

Sesibuk apa pun diri kita, tetap jangan sampai melewatkan kebiasaan mandi teratur ya. Jangan sampai porsi mandi sebanyak 2 kali sehari itu sampai berkurang. Pada saat mandi, akan lebih baik lagi jika kita mengosok tubuh secara optimal dengan sikat halus khusus badan, spons atau batu pualam.

Air Putih

Perbanyaklah minum air putih. Kita dianjurkan untuk meminum kurang lebih 8 gelas air sehari. Banyak minum air putih akan membuat kulit tubuh kita lembut dan tercukupi kadar air dan oksigen nya dari dalam.

Scrubbing

Scrubbing tubuh anda dengan sabun scrub. Scrub hanya boleh dilakukan setiap 2 minggu sekali. Karena jika dilakukan lebih dari itu, maka hanya akan membuat kulit iritasi.

Luluran

Luluran adalah produk yang dapat mengeluarkan sel-sel kulit mati (peeling). Dan pengaplikasiannya yaitu pada kulit kering dengan cara menggosok-gosok sampai kulit mati mengelupas. Berbeda dengan scrub yang diaplikasikan pada kulit basah. Oleh karena produk lulur ini satu tingkat lebih keras dari sabun scrub, maka penggunaannya hanya diperbolehkan sebanyak satu bulan sekali.

Lotion

Gunakanlah lotion atau body butter dimana pun kita berada, baik itu di tempat tertutup, yang ber AC maupun saat berada di jalan. Lotion adalah produk yang dapat menutrisi kulit kita dari luar dan menghindarkan kulit menjadi kering dan kasar.

Tabir Surya

Ingatlah untuk memakai lotion tabir surya saat akan bepergian dan terlebih lagi pada saat cuaca panas terik. Hal ini untuk menangkal penyakit kulit yang disebabkan oleh sinar UV matahari, seperti kulit memerah karena terbakar matahari, iritasi sampai kanker kulit.

Sauna

Sauna adalah tradisi turun temurun yang dilakukan oleh para wanita Jepang dalam membersihkan kulit mereka. Mengapa sauna? Karena uap panas dari sauna akan membuka pori-pori kulit tubuh kita dan mengeluarkan toksin-toksin racun dari tubuh kita melalui keringat sehingga kulit pun akan bersinar sehat. Sebagai catatan, sauna sebaiknya dilakukan tidak lebih dari 15 menit ya.

Olahraga

Dengan berolahraga, sirkulasi darah akan lebih lancar sehingga mengirimkan zat-zat baik ke area kulit kita. Hal inilah yang menyebabkan mengapa ada efek berkilau tampak pada kulit tubuh kita sehabis berolahraga. Karena dalam tubuh yang sehat selalu memancarkan kulit tubuh yang sehat pula. Oleh sebab itu jangan lupa untuk terus berolahraga ya! 🙂

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *