Mencegah dan Mengatasi Eksim Pada Kulit

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Eksim merupakan salah satu penyakit kulit yang sering kali dialami banyak orang. Penyakit ini terjadi karena adanya peradangan pada lapisan kulit, tepatnya pada lapisan epidermis dan terkadang juga pada dermis. Bagian tubuh yang sering terkena eksim yaitu tangan, kaki, dan wajah. Meski begitu, eksim juga bisa menyerang bagian tubuh lainnya seperti punggung, perut, dan beberapa area lain.

Eksim termasuk jenis penyakit atau peradangan menahun dimana gejala eksim biasanya sudah mulai muncul pada masa anak-anak. Hanya saja ada yang menghilang seiring bertambahnya usia dan ada pula yang justru terus merasakan penyakit kulit ini.

Penyebab terjadinya eksim sebenarnya belum ditetapkan dengan pasti, tetapi menurut ahli, eksim berhubungan dengan daya tahan tubuh yang berlebihan sehingga tubuh mengalami reaksi berlebihan terhadap bakteri ataupun pada iritan yang sebenarnya tidak begitu berbahaya pada kulit.

Ahli lainnya juga berpendapat bahwa penyakit ini juga terkait dengan faktor genetik. Terpapar atau terhidup bahan-bahan kimia tertentu seperti parfum, sabun, deterjen, juga bisa memicu terjadinya eksim. Penyebab lainnya yaitu perubahan cuaca, alergi terhadap sesuatu, banyak keringat, penyakit infeksi saluran nafas, flu, dan debu.

Gejala

Gatal merupakan gejala dan ciri utama penyakit eksim. Bagian yang terserang eksim akan terasa sangat gatal dan kemudian timbulnya kemerahan pada kulit. Setelah itu, kulit yang terserang eksim biasanya agak basah dan membengkak. Jika tahapan penyakit ini sudah lumayan kronis, maka kulit akan bersisik, kering, dan tebal.

Jika Anda memiliki kulit putih, eksim biasanya akan membuat bagian kulit yang diserangnya menjadi kemerahan, coklat, dan hitam. Sementara, jika Anda memiliki kulit coklat atau agak hitam, eksim biasanya membuat kulit tampak berwarna lebih terang dengan bintik-bintik merah atau menghitam sama sekali.

Pencegahan

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah eksim. Diantaranya yaitu menjauhi segala sesuatu yang bisa membuat Anda alergi seperti misalnya dari produk zat kimia tertentu, serbuk bunga, kondisi sangat dingin, bulu dan jenis makanan tertentu.

Selain itu, cara lainnya yaitu dengan menghindari keringat, terlalu kepanasan, dan menghindari stres karena pada dasarnya stresnya juga bisa memperparah kondisi eksim.

Pengobatan

Sebenarnya pengobatan eksim sangat sulit dilakukan, tetapi dengan pengobatan yang tepat, maka eksim bisa diatasi meski tidak sepenuhnya. Pengobatan yang biasanya dilakukan bertujuan untuk mengurangi rasa gatal, mencegah terjadinya infeksi akibat eksim itu sendiri, dan mengurangi terjadinya peradangan.

Kondisi kulit yang kering dan bersisik biasanya akan menambah rasa gatal, karena itu dianjurkan untuk mengoleskan lotion atau krim pelembab agar kelembaban kulit tetap terjaga dan gatal bisa dikurangi.

Biasanya dokter sendiri yang akan memberikan obat berupa salep atau lotion untuk mengurangi rasa gatal ini. Cara lain untuk mengurangi rasa gatal ini yaitu dengan mengkompres air dingin ke kulit yang diserang eksim tersebut.

Untuk mengurangi terjadinya peradangan, dokter biasanya memberikan salep yang mengandung kortikosteroid seperti hydrokortison ataupun krim anti inflamasi. Jika eksim sudah parah dan infeksi mulai terjadi, maka dokter biasanya memberikan antibiotika untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab infeksi.

***

Itulah sedikit perkenalan dengan penyakit eksim, bagaimana cara mencegah dan mengatasi atau pengobatannya. Jalan pertama yang harus dilakukan yaitu mencegah terjadinya eksim, karena seperti pepatah mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Jika eksim sudah terlanjur menyerang, maka segeralah ke dokter agar tindakan pengobatan segera dilakukan. Karena jika eksim dibiarkan begitu saja, kulit akan terinfeksi dan semakin sulit disembuhkan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *