7 Dampak Negatif dan Bahaya Efek Mercury Pada Kosmetik

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kita tentunya seringkali mendengar bahaya dari merkuri, sejenis zat berbahaya yang biasanya digunakan untuk campuran pembuatan kosmetik. Tapi sayangnya tak banyak orang tahu dimana dan bagaimana merkuri itu dicampurkan, terutama pada bahan-bahan kosmetik.

Selain itu, sebagian besar kita memang kurang paham produk kecantikan apa saja yang mengandung merkuri sehingga sampai saat ini masih banyak beredar luas produk kecantikan yang mengandung bahan berbahaya tersebut.

Anggapan bahwa semua jenis kosmetik abal-abal atau kurang terkenal pasti memiliki kandungan merkuri bisa benar adanya, meskipun tidak seluruhnya terbukti.

Sebaliknya, tidak sedikit pula produk kosmetik yang sudah terkenal ternyata juga mengandung merkuri, atau bahan berbahaya lainnya.

Untuk itu kita perlu memperhatikan dengan benar dan memastikan kandungan dan kompisisi sebelum memilih produk kecantikan yang akan Anda gunakan. Jangan mudah tergiur dengan produk kecantikan yang memberikan hasil secara cepat dan instan, atau dengan iming-iming harga murah.

Efek Negatif dan Bahaya Mercury Pada Kosmetik

Efek merkuri pada kosmetik memang tidak akan langsung kelihatan dalam penggunaan satu atau dua kali. Tetapi akan terlihat dampaknya ketika seseorang menggunakan produk mengandung merkuri dalam jangka yang panjang.

Terkadang banyak pedagang kosmetik abal-abal yang memberikan penawaran menarik bagi kita dengan menggunakan nama bahwa produk tersebut asli dari dokter. Kita pun langsung tertarik dan membelinya. Tetapi apa yang kita dapatkan setelah memakai produk tersebut?

Bukannya wajah menjadi lebih cantik bersinar tapi malah menimbulkan banyak masalah baru seperti jerawat yang muncul dalam jumlah banyak, atau timbulnya flek-flek berwarna gelap yang sangat mengganggu penampilan.

Karena itu, jadilah konsumen cerdas dan jangan mau ditipu hanya dengan promosi hasil sempurna dalam jangka waktu pendek. Sebaiknya hanya gunakan produk kosmetik yang sudah jelas tidak menggunakan merkuri atau gunakan perawatan-perawatan secara alami saja sekalian.

Berikut ini adalah beberapa dampak negatif dan efek merkuri pada kosmetik yang sering terjadi:

1. Menimbulkan flek hitam pada kulit

Pemakaian produk kecantikan dengan campuran merkuri otomatis kurang baik untuk kesehatan. Dalam jangka panjang dapat menimbulkan flek hitam. Flek hitam memang pada awalnya bisa hilang tapi lama kelamaan akan membuat flek hitam semakin lebar dan permanen.

2. Memperlambat petumbuhan janin

Menurut penelitian medis, penggunaan merkuri pada tubuh beresiko menyebabkan keterlambatan pertumbuhan pada janin bahkan dapat berakibat pada keguguran. Selain itu, mereka yang terbiasa menggunakan kosmetik dengan kandungan merkuri juga beresiko besar mengalami kemandulan.

3. Memicu terjadinya kanker kulit

Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan kosmetik yang terlalu sering apalagi didalamnya terkandung merkuri akan menyebabkan kanker kulit. Ingat, penyakit ini sangat membahayakan dan bahkan bisa mematikan.

4. Terjadi respon berlawanan

Yang paling menakutkan ketika seseorang memakai produk kecantikan yang mengandung merkuri akan adanya efek berlawanan (rebound phenomenon). Dimana kulit yang kita inginkan menjadi lebih putih ternyata menjadi lebih gelap dan kusam ketika berhenti menggunakan kosmetik tersebut.

Padahal tujuan awal menggunakan produk tersebut adalah mendapatkan hasil yang jauh lebih baik dan cantik. Anda tentunya tidak menginginkan hal demikian terjadi, bukan?

5. Tidak ada jerawat sama sekali

Jangan anggap ini adalah hal yang menyenangkan. Ketika wajah sudah tidak lagi berjerawat berarti lapisan kulit epidermis kita telah rusak. Memang ketika kulit sudah terkena merkuri banyak bakteri yang tidak menyukai hal ini, namun lama kelamaan akan tumbuh benjolan-benjolan bernanah karena kulit telah rusak.

6. Timbul iritasi

Pada pemakaian awal, produk kecantikan yang mengandung merkuri akan membuat kulit tampak memerah bahkan iritasi apabila terkena sinar matahari. Jika terjadi hal demikian, Anda harus segera menghentikan pemakaian produk kecantikan tersebut.

7. Pori-pori tampak mengecil dan halus

Pori-pori yang tampak semakin kecil dan halus bukanlah tanda bahwa kosmetik yang Anda gunakan sudah cocok dengan kulit. Sebaliknya, itu merupakan tanda bahwa lapisan kulit Anda sudah menipis. Ketika kulit terkena sinar matahari secara langsung maka akan cepat terasa terbakar.

****

Masih banyak keluhan dan dampak negatif lainnya yang diakibatkan oleh pemakaian produk kosmetik bermerkuri yang belum bisa kami jelaskan di sini. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda sehingga selanjutnya bisa menghindari pemakaian produk kosmetik bermerkuri.

Salam cantik!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *