3 Makanan Terbaik Untuk Keindahan Rambut

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Rambut merupakan salah satu elemen penting dalam penampilan dan kecantikan wanita. Sehingga tidak heran jika sebagian besar wanita selalu memperhatikan keindahan rambut mereka. Cara yang biasanya dilakukan wanita untuk merawat dan memperindah rambut adalah dengan ke salon rambut. Banyak jenis perawatan rambut yang bisa dilakukan di sana.

Hanya saja, bagi kamu yang tidak sempat ke salon karena sibuk dengan pekerjaan atau keluarga, sebenarnya kamu bisa memperindah dan merawat rambutmu sendiri di rumah. Selain rajin membersihkannya, kamu bisa mengandalkan beberapa makanan tertentu yang dipercaya bisa merawat keindahan rambutmu secara alami.

Lalu, apa saja makanan yang baik untuk rambut tersebut? Yuk, intip 3 makanan terbaik untuk keindahan rambut berikut ini:

Telur

Kandungan protein, biotin, dan vitamin B 12 yang tinggi dalam telur sangat bermanfaat bagi pertumbuhan rambut. Beberapa nutrisi ini, terlebih vitamin B12 memperlama tumbuhnya uban pada rambut. Selain dimakan, memanfaatkan telur untuk rambut juga bisa dilakukan dengan menjadikannya masker rambut bersama bahan lainnya, baik itu alpukat, madu, minyak zaitun, minyak almond, dan bahan lain yang biasanya dijadikan sebagai masker rambut.

Caranya cukup mudah, yaitu campurkan kuning telur dengan alpukat yang sudah halus (bisa juga menggunakan bahan lain seperti di atas). Setelah bahan tercampur, barulah oleskan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan lebih kurang 15 menit. Kemudian cuci dengan air dingin sampai bersih. Cara ini dipercaya bisa menghilangkan ketombe, mencegah rambut kusam, memanjangkan dan melembutkan rambut.

Ikan

Tidak begitu berbeda dengan telur, ikan juga mengandung protein dan vitamin B12 yang tinggi. Sehingga sangat baik bagi pertumbuhan rambut. Kandungan lain yang tidak kalah penting dari ikan untuk keindahan rambut yaitu omega-3.

Nutrisi ini tidak hanya membuat rambut hitam dan lebat, tetapi juga membantu mencegah kekeringan kulit kepala, gatal-gatal, dan membuat rambut menjadi lebih kuat. Beberapa jenis ikan yang paling baik untuk rambut ini yaitu salmon, heering, sarden dan mackarel. Selain ikan, omega-3 ini juga banyak terkandung dalam makanan lainnya seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

Sayuran Hijau

Ternyata sayuran hijau tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh pada umumnya, tetapi juga bermanfaat besar bagi kesehatan dan keindahan rambutmu. Hal ini disebabkan karena sayuran hijau mengandung vitamin yang baik bagi kulit rambut, yaitu vitamin A dan C.

Dua vitamin ini mengontrol produksi minyak di kulit kepala, sehingga kelembaban rambut tetap terjaga. Dengan kulit rambut yang sehat, maka secara otomatis rambutpun akan ikut terkena dampak positifnya.

***

Selain tiga jenis makanan di atas, beberapa makanan lain yang juga bisa kamu andalkan yaitu kacang-kacangan. Makanan yang baik bagi mereka yang ingin langsing ini mengandung biotin, zinc, dan zat besi yang membantu menyehatkan, memperkilau, dan memperkuat rambut.

Dengan rutin mengkonsumsi makanan tersebut, maka kamu akan mendapatkan rambut yang kamu dambakan. Hanya saja, hasilnya tentu tidak akan langsung terlihat. Tetapi, jika kamu rutin mengkonsumsinya dalam beberapa minggu saja dan meski hanya satu porsi saja, maka rambutmu yang dulunya kusam, gampang rontok, ataupun tidak berkilau akan mulai berubah menjadi yang kamu inginkan.

Nah, apakah kamu tertarik mencobanya ladies?

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *