Cara Menghilangkan Garis Hitam di Pinggir Bibir

garis-garis hitam pada bibirSetiap orang menginginkan bibir yang sehat dan menarik secara alami, terutama para wanita karena bibir adalah salah satu bagian penting agar kita terlihat cantik dan sempurna.

Bibir yang sehat biasanya berwarna merah segar tanpa sedikitpun noda hitam dan nampak lembab setiap saat tanpa polesan make up yang menyelimutinya. Untuk mendapatkan bibir yang merah merona ini, tentu diperlukan perawatan tersendiri.

Bibir adalah salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif terhadap pengaruh lingkungan dan cuaca, gaya hidup, paparan sinar ultra violet dan hal-hal lain yang dapat merusak kesegaran bibir. Beberapa masalah yang biasa timbul pada bibir seperti munculnya garis-garis hitam pada bibir, bibir tampak hitam dan kusam, serta hilangnya kelembaban yang menyebabkan bibir nampak kering.

Khusus untuk timbulnya garis-garis hitam di pinggir bibir, penyebabnya bisa karena faktor genetika, usia dan pengaruh nutrisi yang dibutuhkan oleh bibir. Penyebab lain muculnya garis hitam pada bibir karena kebiasaan merokok atau sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang masih panas atau terlalu dingin.

Semakin bertambahnya seseorang usia, terutama saat memasuki usia menopause, kadar estrogen dalam tubuh akan menurun drastis sehingga proses regenerasi kulit melemah dan bahkan terhenti sama sekali sehingga dapat menyebabkan bibir nampak mengerut, kering dan hitam.

Hal yang paling penting diketahui sebagai cara menghilangkan garis hitam pada pinggir bibir adalah apa saja yang menjadi penyebabnya; apakah karena kehilangan kelembaban, pengaruh cuaca, atau faktor eksternal lainnya. Dengan mengetahui penyebab timbulnya garis hitam pada pinggir bibir, kita bisa menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Tips dan Cara Menghilangkan Garis-Garis Hitam di Pinggir Bibir

Nah, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi munculnya garis-garis hitam di sekitar bibir, antara lain:

  • Mengkonsumsi banyak air minum. Dengan mengkonsumsi banyak air setiap harinya anda dapat mencegah bibir anda dari kekeringan. Jangan lupa perbanyak mengkonsumsi buah-buahan segar dan yang  mengandung banyak vitamin A, C dan vitamin E.
  • Selain itu, jagalah kelembaban bibir dari paparan angin dan sinar matahari agar bibir anda tidak terlihat kering dan hitam. Gunakan lip balm atau conditioner khusus untuk bibir bisa sangat membantu. Lembabkan bibir pada malam hari dengan minyak wijen, mentega atau minyak kelapa atau gunakan kondisioner bibir sebelum tidur.
  • Anda juga bisa menggunakan lip gloss dan hanya di tengah-tengah bibir saja. Lip gloss dapat mencerahkan dan melembabkan bibir sehingga terlihat lebih sensual.

Cara Lainnya Untuk Mengatasi Garis-Garis Hitam Pada Bibir

  1. Gosok dengan lembut kulit bibir setelah menyikat gigi anda dengan menggunakan sikat gigi agar sel kulit mati pada bibir dapat dihilangkan.
  2. Olesi bibir anda dengan menggunakan campuran  jus lemon dengan minyak almond atau gliserin setiap malam sebelum ke tempat tidur.
  3. Berhati-hati dalam memilih dan menggunakan pewarna bibir (lipstick), karena hal ini dapat memperparah warna hitam pada bibir anda. Jangan biarkan lipstick menempel di bibir lebih dari 6 jam setelah memakainya.
  4. Jika terpaksa menggunakan lipstick, pilihlah  lipstick yang berkualitas baik dan pastikan belum kadaluwarsa.
  5. Gunakan madu asli sebagai bahan oles pada bibir gelap setiap malam selama 30 menit sebelum anda membersihkannya
  6. Pakailah pasta gigi sebagai bahan oles pada bibir selama 5 menit sebelum anda mandi.

Untuk mendapatkan bibir yang merah dan ranum, memang dibutuhkan perawatan yang baik. Dengan perawatan yang baik bukan hal yang mustahil untuk mengembalikan warna asli bibir dan mengatasi munculnya garis-garis hitam di pinggir bibir anda.

Cobalah beberapa cara menghilangkan garis hitam di pinggir bibir yang kami jelaskan di atas untuk hasil yang lebih optimal. Semoga informasi ini dapat berguna bagi anda.

Salam cantik!





  • vitria

    Itu dicampur jus lemon juga gliserin nya? Atau hanya gliserin saja?