Penyebab Dan Cara Mengatasi Rambut Kering dan Kusam

DOKTERCANTIK.COM – Rambut kering, kusam dan kasar tentunya sangat mengganggu penampilan terutama bagi anda yang sering tampil di depan umum. Rambut kering bisa mempengaruhi rasa percaya diri. Tidak hanya untuk penampilan saja, jika dibiarkan rambut akan semakin rusak dan mempengaruhi kesehatan anda.

Mungkin anda pernah bertanya-tanya kenapa rambut saya bisa kering dan kusam seperti ini? Apa masalahnya? Penyebab masalah rambut kering anda sebenarnya berawal dari kebiasaan sehari-hari yang bahkan terkadang tidak disadari. Kebiasaan ini, jika dilakukan secara terus menerus akan mengakibatkan rambut jadi kering, kusam, rontok ataupun mudah patah.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Rambut Kering dan Kusam

Penyebab Rambut kering dan Kusam

  • Kebiasaan menggunakan hairspray
  • Kebiasaan menggunakan catok atau pengering rambut untuk hairstyling
  • Kebiasaan menyemir rambut, terlebih yang suka berganti ganti warna rambut
  • Rambut sering terkena sinar matahari
  • Pemilihan shampo yang tidak cocok dengan jenis rambut
  • Terlalu sering keramas
  • Jarang mengoleskan pelembab rambut
  • Dan lain sebagainya

Cara Mengatasi Rambut Kering dan Kusam

Untuk mengatasi rambut kering dan kusam sebenarnya cukup mudah. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang banyak ditemukan, harganya murah, gampang cara pemakaiannya dan aman dari efek samping. Berikut cara alami merawat rambut kering dan kusam yang bisa Anda lakukan.

6 Khasiat Madu untuk Kulit Wajah

Menggunakan madu

Sudah sejak jaman dahulu, madu populer sebagai bahan alami untuk kesehatan tubuh sekaligus perawatan kecantikan dan rambut. Dari sekian banyak khasiat madu, salah satunya bisa anda manfaatkan untuk mengatasi rambut kering dan kusam agar jadi sehat dan lebat kembali. Disarankan untuk menggunakan madu murni tanpa bahan tambahan lainnya agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Selain merawat rambut agar menjadi lembab dan sehat, penggunaan madu secara rutin pada rambut juga akan menguatkan akar rambut sehingga rambut tidak mudah patah ataupun rontok lagi.

Cara menggunakannya sangatlah mudah, anda cukup mengoleskan madu secara merata mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Biarkan beberapa saat agar nutrisi madu meresap, barulah keramas seperti biasa. Pakailah shampo yang cocok untuk jenis rambut anda. Ingat ya, sebaiknya rambut dibiarkan kering alami seusai keramas. Jangan menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut.

alpukat untuk ibu hamil

Menggunakan alpukat

Buah alpukat tidak hanya enak untuk dikonsumsi, tapi juga bermanfaat untuk merawat rambut kering dan kusam menjadi kembali sehat dan indah berkilau. Buah alpukat ini mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk menjadi sumber nutrisi dalam perawatan rambut. Selain, alpukat juga kaya akan kandungan vitamin E yang mampu menjaga kelembaban dan kelembutan rambut sehingga tidak lagi kasar dan kusam.

Cara menggunakannya cukup mudah. Pilih buah alpukat yang sudah matang, kerok dan haluskan sampai membentuk pasta. Anda bisa menghaluskannya secara manual atau[un menggunakan blender. Oleskan pasta alpukat perlahan-lahan ke rambut anda, mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Biarkan beberapa saat agar nutrisinya meresap sempurna. Keramas dengan shampo yang cocok untuk menghilangkan sisa buah alpukat di rambut.

Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Tanda Lahir

Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki manfaat yang luar biasa dalam mengatasi rambut kering dan kusam. Bahan alami ini kaya akan vitamin E yang sangat baik untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut. Penggunaan minyak zaitun secara rutin akan membuat rambut jadi lembab dan berkilau alami.

Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada helai rambut dan kulit kepala hingga merata. Biarkan nutrisi minyak zaitun meresap sempurna. Keramaslah menggunakan shampo yang lembut agar tidak merusak rambut anda. Jangan menggosok-gosokkan handuk atau menggunakan hair dryer saat mengeringkan rambut, biarkan rambut kering secara alami.

7 Manfaat Hebat Lidah Buaya

Menggunakan lidah  buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman herbal yang ampuh dalam merawat rambut kering dan kusam karena memiliki kandungan pelembab alami. Lidah buaya juga akan merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut jadi makin lebat dan hitam.

Cara penggunaannya adalah dengan mematahkan 1 batang lidah buaya kemudian dipencet hingga mengeluarkan gel. Gel inilah yang akan digunakan dalam perawatan rambut. Usapkan gel lidah buaya tersebut mulai dari akar rambut hingga ujungnya secara merata. Diamkan selama beberapa menit saja, lalu bilas menggunakan air bersih.

**

Ragam cara alami merawat rambut kering dan kusam seperti yang dibahas di atas akan memberikan hasil yang memuaskan jika dilakukan secara rutin tiga kali seminggu. Carilah bahan yang paling mudah anda dapatkan agar bisa segera memulai perawatan rambut kering dan kusam.

Selain itu, hindari kebiasaan yang menjadi penyebabnya ya, agar rambut anda tetap terawat, lembab dan sehat berkilau. Selamat mencoba, Cantikers!

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *