Ragam Jenis Makanan untuk Mencegah Jerawat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Jerawat merupakan salah satu jenis penyakit pada kulit wajah yang sangat populer dan tentu saja berpengaruh pada kecantikan kulit wajah, munculnya jerawat pada wajah terkadang sangat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Pola hidup, pikiran stress, tingginya kadar gula darah, hormon yang tidak seimbang, faktor genetis, polusi udara, hingga diet yang buruk, serta metabolisme yang jelek merupakan berbagai penyebab timbulnya jerawat pada kulit wajah kamu.

Banyak orang yang tidak segan-segan menggunakan budget yang cukup besar guna memilih perawatan terbaik pada salon maupun dokter kecantikan untuk mencegah dan mengobati jerawat ini.

Tapi jangan salah, selain perawatan luar kamu tentunya juga harus memperhatikan dan memelihara kesehatan kulit wajah dari dalam sehingga kamu dapat menghindari jerawati. Konsumsi makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi sangat penting untuk mendapatkan kulit cantik, mulus dan bebas jerawat.

Ragam Jenis Makanan untuk Mencegah Jerawat

Berikut ini kami akan berbagi info menarik untuk kamu yakni jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi dan dapat mencegah timbulnya jerawat pada wajah.

1. Air putih

Air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita dan kecantikan kulit wajah, dengan meminum minimal 8 gelas perhari atau 2 liter maka dapat member manfaat pada tubuh yakni mengatur keasaman, matabolisme pencernaan dan memberikan menyehatkan dan mencerahkan kulit tubuh dan kulit wajah.

2. Air kelapa

Air kelapa muda dapat menetralisir racun dalam darah dan merupakan antioksidan, antijamur, dan antibakteri sehingga dengan rajin meminum air kelapa sangat baik untuk mencegah dan mengusir jerawat di wajah.

3. Beras merah

Serat yang tinggi pada beras merah dapat berfungsi untuk mengganggu penyerapan gula dalam karbohidrat, serta mengganggu penyerapan lemak yang masuk bersama makanan sehingga dapat menghambat munculnya jerawat yang terus-terusan.

4. Bawang putih

Bawang putih lebih sering kita jumpai di dapur, tentunya karena merupakan salah satu jenis bumbu masak yang sering digunakan, mungkin banyak dari kita yang kurang suka untuk mengkonsumsi bawang putih karena aroma yang menyengat. Akan tetapi bawang putih memiliki kandungan anti bakteri sehingga mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

5. Bayam

Bayam adalah salah satu jenis sayuran hijau yang cukup populer, sayuran yang sangat disukai Popeye ini kaya akan zat besi dan klorofil yang berfungsi untuk membersihkan bakteri dan racun dari saluran pencernaan dan aliran darah yang nantinya menjadi limbah dalam tubuh dam memicu terjadinya jerawat.

Bayam juga banyak mengandung Vitamin E serta protein yang membancu mencegah peradangan oleh jerawat dan meningkatkan kolagen dalam tubuh yang membuat kulit kamu menjadi bersih, segar dan kencang. Bayam memiliki rasa yang gurih dan sedikit manis, bisa dibuat sebagai sayuran maupun campuran salad.

6. Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang banyak mengandung beta karoten yang berfungsi untuk menyehatkan kulit secara alami, sehingga dengan rajin mengkonsumsi brokoli dapat mencegah tumbuhnya jerawat pada kulit wajah.

7. Beri-berian

Beri merupakan jenis buah-buahan yang banyak mengandung antioksidan yang sangat bagus untuk kulit yang berjerawat. Zat antioksidannya akan menjaga kulit dari peradangan dan kerusakan. Strawberry ataupun blueberry merupakan jenis dari buah beri yang sering kita jumpai dan sangat baik di konsumsi langsung atau nikmat di jadikan jus buah.

8. Cocoa

Buah cocoa atau kakao sangat baik untuk kulit karena tidak mengandung gula, dapat melawan timbulnya jerawat pada wajah dengan cara melawan asam. Selain itu, zat yang terkandung pada buah kokoa dapat mencegah peradangan akibat jerawat maupun timbulnya bekas jerawat yang tentunya sangat mengganggu penampilan wajah kamu. Buah kakao juga dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga membuat wajah cerah, bersinar dan tampak lebih muda.

9. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan terbaik karena kandungannnya yang tinggi asam Omega-3 sehingga sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Rajinlah mengkonsumsi ikan salmon karna berfungsi untuk membersihkan kulit dari jerawat serta menstabilkan mood dan hormon di dalam tubuh yang sangat berpengaruh memunculkan jerawat.

Pada saat kamu sedang stress, gelisah, dan sulit tidur, maka jerawat muda tumbuh pada kulit wajahmu. Omega-3 yang terkandung pada ikan salmon dapat mencegah kulit kering dan penyumbatan pori-pori kulit, ikan salmon juga kaya akan protein yang di butuhkan untuk membentuk kolagen yang dapat memperlambat proses penuaaan pada kulit.

10. Jus Lemon

Rutinlah mengkonsumsi jus lemon, selain menyehatkan bagi tubuh juga sangat baik untuk kecantikan kulit wajah karena dapat membantu membersihkan lubang pori-pori kulit dan menjaga kulit agar tetap segar dan terlihat cerah serta terlindungi dari jerawat.

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, baca lanjutan tentang makanan yang baik untuk mencegah jerawat ya!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *