7 Langkah Mudah Mencegah Jerawat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Jerawat bisa menjadi hal yang mengganggu penampilan baik untuk pria maupun wanita. Ternyata jerawat dapat timbul dari kebiasaan sehari-hari yang kita anggap sepele. Simak terus artikel berikut ini yang akan menjelaskan megenai bagaimana cara mencegah timbulnya jerawat.

1. Jagalah kebersihan wajah

Ada atau tidaknya jerawat tetaplah jaga kebersihan wajah. Sangat penting membersihkan wajah 2 kali sehari untuk membersihkan kotoran yang menempel di kulit, mengangkat sel kulit mati dan kelebihan minyak dari wajah. Akan tetapi, membersihkan wajah lebih dari 2 kali sehari juga tidak dianjurkan.

Gunakan mild foam atau pembersih wajah yang bersifat lembut untuk kulit saat membersihkan wajah. Menggunakan sabun yang bukan untuk wajah dapat membuat kulit wajah iritasi.

Hindarilah menggosok kulit terlalu kasar dengan handuk. Bilas wajah dengan bersih dan keringkan dengan handuk yang bersih dengan cara ditepuk-tepuk. Bukan digosok.

2. Pelembab

Banyak produk acne atau untuk kulit berjerawat yang akan mengurangi minyak di wajah. Sebaiknya tetap gunakan pelembab agar wajah tidak menjadi kering dan tidak terjadi pengelupasan. Carilah produk “noncomedogenic” yang berarti produk tersebut tidak akan menutup pori-pori sehingga tidak akan menyebabkan jerawat.

3. Jangan Gunakan Make up Terlalu Tebal

Ketika jerawat dalam keadaan parah, hindarilah menggunakan foundation, bedak padat, atau blush. Jika terpaksa menggunakan make up, pastikanlah membersihkannya sebelum tidur. Jika memungkinkan, pilihlah oil free kosmetrik.

4. Perhatikan Rambut Anda

Hindarilah menggunakan parfum rambut, minyak rambut, pomade, atau gel pada rambut Anda. Karena jika mengenai wajah akan dapat menyumbat pori dan membuat kulit iritasi. Gunakanlah shampoo dan conditioner secara teratur. Rambut yang berminyak juga dapat member dampak pada wajah. Jika mempunyai rambut pajang, ada baiknya Anda mengikatnya.

5. Berikan Makanan pada Kulit

Makanan yang Anda konsumsi secara tidak langsung terserap oleh kulit Anda. Hindarilah makanan berminyak dan junk food. Dan konsumsilah buah dan sayur yang segar.

6. Olahraga Secara Teratur

Olahraga sangat baik untuk tubuh termasuk kulit. Ketika berolahraga, hindarilah memakai pakaian atau peralatan olahraga yang bisa mengiritasi kulit. Mandilah setelah olahraga.

7. Hindari Stress

Beberapa penelitian menghubungkan stress dengan munculnya jerawat. Tanyakan pada diri Anda yang membuat Anda stress dan carilah solusinya segera.

Jika jerawat sudah dalam tingkat yang parah, berkonsultasilah terhadap dokter atau ahli kulit yang Anda percayakan untuk mendapatkan pencegahan atau pengobatan jerawat lebih lanjut. Karena ada beberapa jerawat dengan tingkatan tertentu yang tidak bisa disembuhkan hanya dengan langkah-langkah di atas.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *